Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.436 views

Raja Salman Rombak Kabinet, Turunkan Adel Al-Jubeir dari Jabatan Menteri Luar Negeri Saudi

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Raja Arab Saudi telah mengeluarkan dekrit kerajaan untuk menunjuk menteri luar negeri baru dalam perombakan besar pemerintah, kantor berita resmi SPA melaporkan pada hari Kamis (27/12/2018).

Raja Salman menunjuk Ibrahim al-Assaf untuk mengambil alih posisi dari Adel al-Jubeir dan menurunkan mantan diplomat tingkat atas itu dari jabatan menteri negara untuk urusan luar negeri.

Jubeir yang bersuara lembut telah bertugas di posisi menteri luar negeri sejak April 2015, sebelum itu ia adalah duta besar Riyadh di Washington.

Pergantian hari Kamis adalah yang pertama sejak pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul pada Oktober oleh pasukan pembunuh Saudi.

Kematian itu memicu kemarahan internasional dan membahayakan hubungan Riyadh dengan sekutu baratnya.

Turki dan badan-badan intelijen Barat telah mengisyaratkan atau secara langsung menyebut putra Raja Salman, Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), sebagai dalang di balik pembunuhan itu, tetapi raja tidak merubah pewarisnya dalam perombakan terbarunya.

Marwan Kabalan, kepala analisis kebijakan di Pusat Penelitian Arab, mengatakan langkah itu tidak mengejutkan mengingat bahwa Jubeir dipandang sebagai "sisa dari era Raja Abdullah".

"Kami sudah memperkirakan al-Jubeir akan keluar untuk beberapa waktu. Bahkan sebelum affair Khashoggi," kata Kabalan merujuk pada pembunuhan Khashoggi pada 2 Oktober.

"Tapi saya sekarang berpikir dia telah digunakan sebagai kambing hitam lain dalam masalah ini."

Pihak berwenang di Riyadh mengakui pembunuhan kritikus pemerintah itu dalam sebuah operasi yang mereka gambarkan dilakukan oleh "elemen jahat."

"Saya pikir dia sedang keluar sekarang - mungkin pada waktu yang tepat untuk Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Seperti yang saya katakan, putra mahkota ingin menggunakan seseorang sebagai kambing hitam dan juga meminta pertanggungjawabannya," tambah Kabalan.

"Karena konsul jenderal Saudi di Istanbul sangat terlibat dalam pembunuhan Khashoggi dan itu akan jatuh di bawah al-Jubeir."

assaf, seorang mantan menteri keuangan, adalah di antara belasan anggota keluarga kerajaan, pejabat pemerintah, dan pengusaha terkenal yang ditahan selama "pembersihan anti-korupsi" pada November 2017.

Perubahan penting lainnya termasuk penunjukan Pangeran Abdullah bin Bandar bin Abdulaziz sebagai kepala Garda Nasional, menggantikan Pangeran Miteb bin Abdullah.

Jenderal Kalid bin Qirar al-Harbi juga ditunjuk sebagai kepala keamanan umum, sementara Musaed al-Aiban diangkat sebagai penasihat keamanan nasional. (st/TNA, AJE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam