Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.021 views

Bangladesh Bantah Keras Tuduhan Myanmar, Sebut AA dan ARSA Tidak Miliki Pangkalan di Wilayahnya

DHAKA, BANGLADESH (voa-islam.com) - Pemerintah Bangladesh pada hari Rabu (9/1/2019) dengan keras membantah tuduhan oleh tetangganya Myanmar bahwa pejuang Muslim Rohingya dan Arakan mengoperasikan pangkalan di wilayah Bangladesh, setelah para pejabat di Naypyidaw bersumpah untuk "menghancurkan" pemberontak Tentara Arakan (AA) di negara bagian Rakhine.

Tidak satu pun dari kelompok-kelompok ini berada di Bangladesh, juga tidak ada negara yang "menyembunyikan organisasi teroris di dalam wilayahnya," kata Kementerian Luar Negeri Bangladesh dalam sebuah pernyataan tegas.

"Tuduhan itu sepenuhnya palsu dan tidak berdasar," kata kementerian itu.

"Tidak mungkin mengoperasikan pangkalan-pangkalan teroris di Bangladesh karena kewaspadaan yang tinggi dan langkah-langkah pencegahan yang efektif oleh pasukan keamanan" yang sejalan, tambahnya, dengan kebijakan nol toleransi pemerintah terhadap kelompok-kelompok semacam itu.

Tentara Arakan (AA) pekan lalu melancarkan serangan terhadap pos-pos polisi di kota Buthidaung yang menewaskan 13 polisi dan sembilan lainnya cedera, kata para pejabat. AA mengatakan mereka kehilangan tiga pasukannya dalam pertempuran tersebut. Kelompok ini berperang melawan militer Myanmar untuk mendapatkan otonomi yang lebih besar di Rakhine dan mengklaim mewakili kelompok etnis Budha Rakhine di kawasan itu.

Tuduhan Myanmar

Kementerian mengecam Myanmar berdasarkan komentar yang dibuat oleh Zaw Htay, juru bicara Kantor Presiden Myanmar, selama konferensi pers di Naypyidaw pada hari Senin.

“Di pihak Bangladesh, Tentara Arakan memiliki dua pangkalan dan ARSA memiliki tiga pangkalan. Oleh karena itu, tentara Myanmar telah mengajukan keluhan dengan atase militer Bangladesh atas masalah ini, ”kata Zaw Htay kepada wartawan saat itu. Juru bicara kepresidenan tidak menyebutkan sumber untuk informasi ini.

"Pemerintah Myanmar mengecam AA sebagai organisasi teroris dan memerintahkan militer untuk menerapkan langkah-langkah kontra-pemberontakan yang efektif terhadapnya," katanya.

Dia juga menuduh Tentara Arakan dan ARSA terkait, tuduhan yang ditolak mentah-mentah oleh AA pada hari Selasa, menurut Radio Free Asia.

"Kami telah memiliki informasi tentang ARSA, dan kami mengetahui sebelumnya bahwa AA akan menyerang pos polisi," kata Zaw Htay. "Kami meninjau mengapa pos-pos polisi kami diserang dan telah membahas beberapa rencana untuk dikerjakan di wilayah tersebut, tetapi kami tidak dapat memberikan detailnya sekarang."

Zaw Htay mengatakan dia yakin serangan itu adalah hasil pertemuan antara AA dan ARSA pada Juli, tetapi dia tidak memberikan bukti kontak semacam itu antara dua kelompok yang saling bermusuhan tersebut.

Sudut barat laut Rakhine berbatasan dengan Bangladesh tenggara, tempat lebih dari 700.000 pengungsi Muslim Rohingya melarikan diri dan mencari perlindungan di tengah serangan brutal oleh pasukan pemerintah Myanmar pada Agustus 2017.

Tindakan keras tahun itu terjadi setelah serangan mematikan terhadap pos-pos polisi dan tentara oleh pejuang yang tergabung dalam Tentara Keselamatan Arakan Rohingya (ARSA), sebuah kelompok bersenjata terpisah yang bertujuan untuk memperjuangkan minoritas Muslim Rohingya yang tidak berkewarganegaraan dan dianiaya.

"Bangladesh juga berkomitmen kuat untuk tidak membiarkan tanahnya digunakan oleh kelompok pembangkang dari negara tetangga mana pun," kata pernyataan Bangladesh itu, mencatat bahwa Dhaka telah menawarkan untuk melakukan patroli bersama dengan Myanmar untuk menghentikan dugaan kegiatan militan di sepanjang perbatasan bersama.

Myanmar tidak menyambut tawaran itu dengan antusias, juga tidak memberi Bangladesh "perincian spesifik dan bukti konkret tentang dugaan unsur dan tindakan teroris," tambah kementerian itu.

Mengacu pada pertempuran baru-baru ini dengan Tentara Arakan, kementerian Bangladesh menggambarkan bentrokan saat ini sebagai "hasil dari dilema politik dan sosial Myanmar sendiri."

Pemerintah Bangladesh akan "sangat menghargai" jika pemerintah Myanmar "tidak berusaha untuk mengasosiasikan Bangladesh dengan teka-teki politik internalnya," pernyataan itu melanjutkan mengatakan. (st/rfa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?