Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.179 views

Pejabat Pakistan Klaim Mohammed Bin Salman Kemungkinan Akan Bertemu Taliban di Islamabad

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Putra mahkota kontroversial Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), kemungkinan akan bertemu dengan perwakilan Taliban selama kunjungan kenegaraan yang direncanakan ke Pakistan, menurut laporan media pada hari Sabtu (16/2/2019).

Para pejabat Pakistan mengatakan kepada Reuters bahwa putra mahkota akan bertemu dengan anggota Taliban di Islamabad, meskipun kunjungan kenegaraan ditunda satu hari.

"Meskipun sejauh ini rahasia besar, ada indikasi kuat bahwa perwakilan Taliban Afghanistan akan bertemu Pangeran Salman selama kunjungan mereka di Pakistan pada 18 Februari," klaim seorang pejabat Pakistan kepada kantor berita itu.

Seorang anggota Taliban mengatakan bahwa pertemuan dengan putra mahkota tidak ada dalam agenda untuk beberapa hari mendatang, meskipun pejuang Afghanistan itu mengatakan perwakilannya akan tiba di ibukota Pakistan.

"Sebenarnya bertemu Pangeran Salman tidak ada dalam rencana sejauh ini tetapi kita dapat membahasnya ketika kita berada di Islamabad," kata perwakilan itu.

Pengumuman itu muncul setelah terobosan dalam pembicaraan AS dengan Taliban, yang sebagian besar telah diadakan di Qatar - saingan teluk Arab Saudi.

Riyadh telah tertarik untuk merusak jangkauan diplomatik Qatar dan hubungannya dengan AS, yang mengikuti blokade yang dipimpin Saudi di Doha yang dimulai pada Juni 2017.

Perjalanan putra mahkota ke Islamabad menyusul kunjungan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan ke Qatar bulan lalu, di mana ia bekerja untuk menegosiasikan kembali kesepakatan gas dengan Doha.

Khan juga baru-baru ini melakukan kunjungan ke sekutu Arab Saudi dan UEA, di mana ia mencari dukungan keuangan dan investasi dari negara-negara Teluk yang kaya energi.

Arab Saudi mengatakan pada hari Sabtu bahwa kunjungan putra mahkota ke Islamabad akan ditunda satu hari, dengan Mohammed bin Salman sekarang akan mendarat di Pakistan pada hari Ahad.

Tidak ada alasan yang diberikan atas keterlambatan kantor Pakistan, yang menambahkan bahwa persiapan telah dilakukan untuk kunjungan tersebut.

"Program kunjungan (rencana perjalanan) tetap tidak berubah," kata kantor kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

Pakistan yang kekurangan uang merencanakan sambutan luar biasa untuk putra mahkota Saudi, dalam salah satu kunjungan kenegaraan terbesarnya dalam beberapa tahun terakhir.

Ribuan merpati telah dikumpulkan dari kota-kota di seluruh Pakistan, yang akan dirilis pada upacara penyambutan bersama dengan ribuan balon.

Putra mahkota juga akan terbang dengan kendaraan mewah dan peralatan olahraganya sendiri dibawa di dua pesawat kargo militer C130, menurut media Pakistan dan Teluk.

Pangeran Mohammed akan menandatangani pengilangan besar-besaran $ 10 miliar dan investasi minyak di pelabuhan Gwadar, Pakistan - salah satu injeksi uang tunai terbesar dalam sejarah Islamabad.

Arab Saudi dilaporkan "berbelok ke timur" dan merayu negara-negara seperti Pakistan dan Cina.

Langkah ini dilakukan setelah reputasi putra mahkota ternoda di Eropa dan Amerika Utara setelah pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi tahun lalu, pelanggaran hak asasi manusia, dan kampanye militer Riyadh di Yaman.

Khashoggi dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober, oleh tim intelijen dan perwira militer yang dianggap dekat dengan putra mahkota.

Meskipun Riyadh telah membantah kaitan resmi dalam pembunuhan Khashoggi - seorang kritikus Pangeran Mohammed - intelijen AS dan Turki telah mengaitkan pembunuhan itu dengan putra mahkota.

Arab Saudi adalah salah satu sekutu militer dan politik Pakistan yang terkuat, terutama karena upaya kedua negara untuk melemahkan Uni Soviet di Afghanistan pada 1980-an.

Riyadh dan Islamabad juga di antara sedikit negara di dunia yang mengakui pemerintah Taliban pada pertengahan 1990-an, sampai pemerintahan sah Taliban digulingkan menyusul invasi 2001 yang dipimpin AS ke Afghanistan. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa