Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.721 views

Pilot India yang Ditawan dan Kemudian Dibebaskan Pakistan Kembali ke Skuadronnya

NEW DEHLI, INDIA (voa-islam.com) - Komandan Wing Abhinandan Varthaman dari Angkatan Udara India (IAF) telah kembali ke skuadronnya di Kashmir hampir sebulan setelah ditawan setelah MiG-21 Bisonnya ditembak jatuh di tanah Pakistan pada 27 Februari saat bentrokan udara pertama antara kedua negara yang memiliki senjata nuklir dalam lima dekade terakhir. Dia kemudian dibebaskan dan kembali ke India dua hari setelah penangkapannya.

Sumber resmi mengatakan kepada kantor berita India PTI bahwa Abhinandan lebih suka tinggal dengan skuadronnya di Srinagar daripada pergi ke rumah keluarganya di Chennai, India selatan meskipun ia secara resmi cuti.

Pilot IAF itu diminta untuk pergi cuti sekitar 12 hari yang lalu ketika agen-agen keamanan menyelesaikan dua minggu wawancara setelah kembali dari Pakistan.

“Abhinandan Varthaman bisa saja pergi ke rumah keluarganya di Chennai untuk menghabiskan waktu bersama orang tuanya. Tetapi dia memilih untuk pergi ke Srinagar di mana skuadronnya berada, ”kata sumber itu.

Dia disarankan untuk beristirahat dan tinggal bersama keluarga setelah tes kesehatannya.

Pejabat yang dikutip dalam laporan media mengatakan bahwa dewan medis akan sekali lagi meninjau kebugarannya sebelum membuat panggilan terakhir pada apakah ia dapat kembali ke kokpit.

Awal bulan ini, Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman mengklaim bahwa Komandan Wing Abhinandan telah disiksa ketika ia ditawan, tetapi menambahkan bahwa pilot IAF telah menunjukkan "keberanian dan kesabaran yang mengagumkan".

“F-16 memang pesawat yang lebih modern dan cakap. Jadi apa yang datang sebagai pengganti yang baik adalah pelatihan pilot, nyali dan niat dan tindakan agresif. Seorang pilot juga membutuhkan dukungan dari enabler tempur seperti AWACS. Komandan Wing Abhinandan Varthaman telah membuat kami bangga atas kinerja tempur yang gagah berani dan atas kerelaan dan ketegasannya bahkan setelah pelemparan kokpit ”, Marsekal Udara Anil Chopra (pensiunan) mengatakan kepada Sputnik.

India dan Pakistan dilanda eskalasi serius mulai 26 Februari ketika Angkatan Udara India melakukan serangan udara pre-emptive non-militer di Balakot di Pakistan terhadap dugaan infrastruktur yang dioperasikan oleh kelompok jihadis Jaish-e-Mohammed.

Hari berikutnya kedua negara bersenjata nuklir terlibat dalam bentrokan udara dan menembak jatuh satu jet tempur milik kamp masing-masing. Kedua jet termasuk MiG-21 Bison India jatuh di tanah Pakistan. Pasukan Pakistan menangkap pilot India dari pesawat yang jatuh. Dia akhirnya dibebaskan.

Latar belakang konflik adalah insiden teror 14 Februari ketika konvoi paramiliter India dihantam oleh kendaraan bermuatan bahan peledak, serangan yang menewaskan 40 pasukan terjun payung India. Kelompok jihad yang berbasis di Pakistan, Jaish-e-Mohammad menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu.

India menuduh Pakistan menyembunyikan jihadis di negaranya, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Pakistan. Serangan udara pre-emptive dilakukan oleh India pada 26 Februari untuk membongkar kamp-kamp jihadis yang dilaporkan di Balakot di Pakistan telah meleset dan mengenai hutan pinus kosong dan tidak menimbulkan korban. (st/sputnik)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X