Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.704 views

Teroris Pembantai Muslim di Christchurch Brenton Tarrant Didakwa 50 Tuduhan Pembunuhan

CHRISTCHURCH, SELANDIA BARU (voa-islam.com) - Brenton Tarrant, teroris supremasi kulit putih yang membunuh 50 orang di dua masjid Christchurch bulan lalu, telah didakwa dengan 50 tuduhan pembunuhan dan 39 tuduhan percobaan pembunuhan sebelum penampilan pengadilan pada hari Jum'at.

Warga Australia berusia 28 tahun itu hanya didakwa dengan satu pembunuhan ketika ia pertama kali muncul di Pengadilan Distrik Christchurch sehari setelah penembakan, yang terjadi pada 15 Maret.

Namun, polisi kemudian mengakui bahwa orang yang terdaftar sebagai korban dengan tuduhan pembunuhan tunggal masih hidup.

Tuduhan tambahan hari Kamis (4/4/2019) oleh polisi bisa berarti bahwa, jika terbukti bersalah, Tarrant bisa menjadi orang pertama yang dihukum di pengadilan Selandia Baru seumur hidup di penjara tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Teroris berusia 28 tahun, yang akan mewakili dirinya sendiri, akan muncul di Pengadilan Tinggi di Christchurch pada Jum'at pagi melalui video dari sebuah penjara di Auckland. Dia akan memiliki kesempatan untuk memasukkan pembelaan. Kalau tidak, sidang prosedural singkat akan digunakan untuk menetapkan tanggal untuk penampilan pengadilannya di masa depan, termasuk kemungkinan tanggal persidangan.

Manifesto Tarrant yang bercampur aduk dipublikasikan secara online sebelum pembunuhan dan siaran langsung serangan di Facebook keduanya telah dilarang oleh Kepala Sensor Selandia Baru, pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas penyensoran di negara tersebut.

Penampilan pengadilan kedua Tarrant dilakukan tiga pekan setelah serangan itu, ketika pemerintah Selandia Baru bergegas untuk membuat perubahan pada undang-undang senjata dan menyelidiki bagaimana ia dapat melakukan serangan.

Pada hari Kamis, pemerintah mengadakan satu hari audiensi publik ketika mereka bergegas untuk menerapkan undang-undang kontrol senjata baru, yang akan disahkan pada 11 April.

Perubahan hukum - yang mendapat dukungan luas di parlemen - akan melarang sebagian besar jenis senjata semi-otomatis, termasuk yang digunakan dalam serangan Maret.

Pada saat yang sama, pemerintah, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Jacinda Ardern, juga menetapkan kerangka acuan untuk penyelidikan besar dan independen yang akan dilakukan terhadap serangan itu. Penyelidikan itu akan meneliti badan-badan keamanan Selandia Baru, polisi serta jaringan media sosial.

Hukum yang berkaitan dengan kebencian juga diperiksa.

Tarrant tidak ada dalam daftar pantauan pemerintah di Selandia Baru atau Australia.

Beberapa di komunitas Muslim mengatakan mereka telah menjadi fokus pemantauan dari layanan keamanan Selandia Baru sementara kaum nasionalis kulit putih terhindar dari pengawasan.

Dewan Wanita Islam Selandia Baru mengungkapkan kekhawatiran kepada lembaga pemerintah dan politisi tentang pelecehan, diskriminasi, dan penyiksaan online pada umat Muslim selama bertahun-tahun sebelum serangan, menurut juru bicara organisasi itu Anjum Rahman.

"Saya tidak percaya mereka mengambil tindakan yang tepat dan efektif," kata Rahman kepada Al Jazeera.

"Saya tidak percaya mereka menyediakan sumber daya dan program yang dibutuhkan. Ada sesuatu yang dilakukan, tetapi tidak cukup."

Ada juga panggilan untuk Selandia Baru untuk mulai merekam kejahatan rasial, sesuatu yang tidak pernah dilakukan polisi.

"Saat ini, jika seseorang melakukan kejahatan terhadap seseorang yang gay, atau karena agama mereka, itu dicatat sebagai serangan atau pembunuhan," kata Janet Anderson-Bidois, manajer hukum untuk Komisi Hak Asasi Manusia, menambahkan bahwa organisasi telah meminta pemerintah untuk merekam kejahatan rasial selama bertahun-tahun.

"Tindakan fisik dicatat. Tapi kami tidak memiliki kategori terpisah untuk kejahatan rasial.

"Kami tidak tahu skala masalahnya, dan itu membuatnya lebih sulit untuk mengatasinya karena Anda mengandalkan anekdot." (st/Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X