Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.435 views

UNICEF Sebut Serangan Terhadap Sekolah di Afghanistan Meningkat 3 Lipat pada 2018

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Serangan terhadap sekolah-sekolah di Afghanistan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2018 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kata badan anak-anak PBB, Selasa (28/5/2019).

Menurut UNICEF, jumlah serangan terhadap sekolah meningkat dari 68 pada 2017 menjadi 192 pada 2018 - serangan pertama terhadap sekolah meningkat sejak 2015. Badan tersebut mengatakan salah satu alasan lonjakan itu adalah bahwa sekolah digunakan sebagai tempat pendaftaran pemilih dan pusat pemungutan suara dalam pemilihan umum.

UNICEF juga mengatakan bahwa konflik Afghanistan dan memburuknya situasi keamanan membuat lebih dari 1.000 sekolah tutup tahun lalu dan bahwa setengah juta anak-anak ditolak haknya atas pendidikan.

"Pendidikan sedang diserang di Afghanistan," kata Henrietta Fore, direktur eksekutif UNICEF. "Serangan tak masuk akal terhadap sekolah; pembunuhan, cedera, dan penculikan guru; dan ancaman terhadap pendidikan menghancurkan harapan dan impian seluruh generasi anak-anak."

Diperkirakan 3,7 juta anak berusia antara 7 dan 17 tahun - hampir setengah dari semua anak usia sekolah - tidak bersekolah di Afghanistan, kata UNICEF.

Baik Taliban dan kelompok Islamic State (IS) telah menargetkan sekolah dan fasilitas pendidikan di seluruh Afghanistan di masa lalu.

Pemilihan parlemen Oktober tahun lalu dirusak oleh kekerasan dan kekacauan, dengan 56 warga sipil tewas, serta sedikitnya 11 pasukan keamanan Afghanistan.

Lebih dari 339 orang terluka dalam hampir 200 serangan pada hari pemilihan di seluruh negeri - termasuk banyak di pusat pemungutan suara.

Pemungutan suara berlangsung dengan latar belakang serangan hampir setiap hari oleh Taliban, yang telah merebut sekitar setengah negara dan berulang kali menolak tawaran untuk bernegosiasi dengan pemerintah Kabul, yang mereka sebut sebagai boneka, bahkan ketika mereka mengadakan pembicaraan dengan AS.

Dan hanya dua bulan sebelum pemilihan, seorang pembom jibaku kelompok Islamic State membunuh 35 lulusan sekolah menengah di lingkungan Syiah di Kabul ketika mereka mengikuti ujian masuk universitas.

Dalam siaran pers hari Selasa, UNICEF menambahkan bahwa memburuknya ketidakamanan, tingginya tingkat kemiskinan dan diskriminasi yang terus-menerus terhadap anak perempuan menyebabkan tingkat anak-anak putus sekolah meningkat tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 2002.

"Anak perempuan merupakan 60% anak-anak yang tidak bersekolah," tambahnya.

Badan PBB mengatakan sedang bekerja dengan pemerintah dan mitra lainnya untuk menyediakan pendidikan berbasis masyarakat informal dan dipercepat, termasuk menjalankan kelas di bangunan masyarakat dan rumah untuk membantu mengurangi risiko rasa tidak aman dalam perjalanan ke sekolah.

UNICEF juga menyerukan diakhirinya semua serangan terhadap sekolah dan mendesak semua pihak yang bertikai di Afghanistan untuk melindungi pendidikan selama konflik bersenjata. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X