Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.155 views

Penduduk Khartoum Trauma dengan Pembubaran Demonstran Secara Biadab oleh Militer Sudan

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Pasukan paramiliter bersenjata berat berkeliaran di ibukota Sudan Kamis, memaksa penduduk yang ketakutan untuk bersembunyi di dalam ruangan setelah penumpasan berdarah terhadap para pengunjuk rasa yang diakui pemerintah telah menyebabkan puluhan orang tewas dan mendorong Uni Afrika untuk menangguhkan keanggotaan Khartoum.

Anggota Pasukan Dukungan Cepat, yang kelompok hak asasi mengatakan memiliki asal-usul mereka di milisi Janjaweed di Darfur, dikerahkan di jalan-jalan dengan truk pick-up yang dipasang dengan senapan mesin dan peluncur roket, kata saksi mata.

"Kami hidup dalam keadaan teror karena tembakan sporadis," kata seorang warga Khartoum selatan.

Dia mengatakan dia "takut anak-anaknya pergi ke jalan".

Ketika kecaman internasional meningkat, seorang pejabat kementerian kesehatan mengatakan "jumlah kematian di seluruh negara itu telah meningkat menjadi 61," termasuk 52 yang terbunuh oleh "amunisi tajam" di Khartoum.

Tapi dia membantah klaim dokter bahwa lebih dari 100 orang telah tewas dalam pembantaian tentara terhadap para pengunjuk rasa yang dimulai dengan serangan terhadap aksi duduk lama di luar markas tentara pada hari Senin.

Komite Sentral untuk Dokter Sudan mengatakan pada hari Rabu bahwa 40 mayat telah ditarik dari Sungai Nil, mengirimkan korban tewas melonjak ke setidaknya 108.

Komite itu, yang merupakan bagian dari gerakan protes dan bergantung pada petugas medis di lapangan untuk informasinya, memperingatkan angka itu bisa meningkat.

Militer menggulingkan presiden lama Omar al-Bashir pada bulan April setelah berbulan-bulan protes terhadap pemerintahannya yang otoriter, tetapi ribuan demonstran tetap berkemah di depan markas tentara yang meminta para jenderal untuk menyerahkan kekuasaan kepada warga sipil.

Meskipun beberapa terobosan awal, pembicaraan antara dewan militer yang berkuasa yang mengambil alih kekuasaan setelah pemecatan Bashir dan para pemimpin protes runtuh tentang siapa yang harus memimpin badan pemerintahan baru.

'Merasa takut'

Beberapa kehidupan telah kembali ke jalan-jalan ibukota pada hari Kamis, dengan angkutan umum terbatas yang beroperasi dan hanya beberapa mobil di jalan.

Sejumlah kecil toko dan restoran buka pada hari kedua liburan Idul Fitri.

Namun di Omdurman, tepat di seberang Sungai Nil dari Khartoum, seorang penduduk mengatakan ada "perasaan takut" tentang "banyaknya kendaraan militer dengan semua senjata ini".

"Kami berharap situasi ini akan berakhir dengan cepat sehingga kehidupan normal kembali," katanya.

Di bandara Khartoum, kerabat pelancong tetap larut malam menunggu untuk melihat apakah penerbangan mereka akan tiba, menyusul serangkaian pembatalan selama beberapa hari terakhir.

Pemadaman internet terus melanda kota.

Uni Afrika menangguhkan Sudan, "sampai pembentukan efektif Otoritas Transisi yang dipimpin sipil, sebagai satu-satunya cara untuk memungkinkan Sudan keluar dari krisis saat ini", katanya di Twitter.

AU telah mendesak para jenderal yang berkuasa untuk memastikan transisi kekuasaan yang lancar, tetapi tindakan brutal untuk membubarkan para pemrotes melihat tekanan meningkat pada mereka untuk membawa mereka yang bertanggung jawab atas kekerasan ke pengadilan.

Uni Eropa mengatakan bergabung dengan AU untuk menyerukan "segera mengakhiri kekerasan dan penyelidikan yang kredibel terhadap peristiwa kriminal di hari-hari terakhir".

Prancis menyerukan "dimulainya kembali dialog" antara komite militer dan oposisi sehingga "kesepakatan inklusif segera ditemukan".

'Perhatian ekstrem'

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kedutaan Inggris mengumumkan bahwa mereka menarik staf yang tidak penting dan keluarga mereka dari Sudan, dan Amerika Serikat memperingatkan warganya untuk melakukan "kehati-hatian yang ekstrem" di tengah ketidakpastian yang berkelanjutan.

Meskipun kehadiran pasukan keamanan sangat banyak di jalan-jalan utama Khartoum, kelompok-kelompok yang mempelopori demonstrasi melawan Bashir membuat seruan baru pada hari Kamis untuk pembangkangan sipil.

"Revolusi terus berlanjut dan rakyat kita menang meski ada terorisme dan kekerasan milisi," Asosiasi Profesional Sudan, kelompok yang awalnya meluncurkan kampanye anti-Bashir, memposting di Twitter.

Ini mendesak "pemogokan tak terbatas dan pembangkangan sipil," peringatan terhadap seruan untuk melakukan kekerasan.

Di pinggiran utara Bahri, jalan-jalan yang lebih kecil diblokir oleh pengunjuk rasa yang memasang barikade darurat yang terbuat dari batu, batu bata dan batang pohon.

Para pemrotes menyalahkan tindakan keras berdarah terhadap "milisi" dewan militer.

Pasukan Dukungan Cepat telah ditetapkan oleh pengunjuk rasa sebagai pihak yan bertanggung jawab.

Beberapa warga tampak waspada terhadap penyebaran paramiliter di jalan-jalan ibukota.

Komandan RSF Mohamed Hamdan Dagalo, yang secara luas dikenal sebagai "Himediti," mengatakan dia berada di pihak "revolusioner", tetapi memperingatkan dia tidak akan "membiarkan kekacauan," merujuk khusus pada barikade yang dipasang di beberapa lingkungan.

Dewan Militer yang berkuasa mengeluarkan pernyataan yang menyatakan "kampanye yang diselenggarakan di media sosial yang bertujuan menyebarkan kebohongan dan mengarang tuduhan".

Dikatakan RSF "menolak untuk melaksanakan perintah rezim sebelumnya untuk mengusir demonstran dari aksi duduk dengan paksa" (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X