Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.203 views

Gerakan Bersenjata di Sudan: Deklarasi Politik Tidak Akan Mencapai Perdamaian

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Gerakan bersenjata di Sudan hari Rabu (17/7/2019) mengumumkan keberatan mereka tentang deklarasi politik yang ditandatangani antara Dewan Militer dan Kekuatan Kebebasan dan Perubahan. Dinyatakan bahwa deklarasi tersebut tidak memenuhi aspirasi untuk mencapai perdamaian komprehensif di negara itu.

“Kami sangat menghargai motif mereka yang menandatangani perjanjian. Namun, partai-partai ini tidak mewakili semua Kekuatan Kebebasan dan Perubahan. Perjanjian tersebut mengabaikan masalah-masalah penting yang sedang dibahas di Addis Ababa yang menjadi dasar kemajuan,” kata pemimpin Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan-Utara, Malek Akar.

"Ada dialog mendalam antara para pemimpin aktif di Kekuatan Kebebasan dan Perubahan dan Front Revolusioner Sudan," kata Akar dalam sebuah pernyataan yang dilihat oleh Anadolu Agency.

Dia melanjutkan: "Perjanjian itu telah memengaruhi dialog ini secara negatif dan apa yang dicakupnya tentang perdamaian tidak melampaui hubungan masyarakat."

"Kami adalah Kakuatan untuk Kebebasan dan Perubahan, dan perjanjian ini akan mengarah pada posisi yang berbeda ... Kami sedang belajar dengan kawan-kawan kami di Front Revolusioner posisi yang akan kami umumkan hari ini," tambah Akar.

Gibril Ibrahim, kepala Gerakan Keadilan dan Persamaan, mengatakan di Twitter: "penandatanganan perjanjian politik antara Dewan Militer Transisi dan pihak-pihak dari Kekuatan Kebebasan dan Perubahan mengabaikan konsultasi yang berlangsung di Addis Ababa."

"Front Revolusioner Sudan bukan merupakan pihak dalam perjanjian ini," tambah Ibrahim.

Ada konsultasi di ibukota Ethiopia Addis Ababa antara Front Revolusi Sudan dan Kekuatan Kebebasan dan Perubahan untuk mencapai pemahaman tentang mencapai perdamaian di daerah konflik.

Sejak 2003, wilayah Darfur telah mengalami konflik antara pemerintah Sudan dan gerakan pemberontak, menewaskan lebih dari 300.000 orang dan menggusur sekitar 2,5 juta orang dari total 7 juta orang, menurut PBB.

Sejak Juni 2011, Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan - utara - telah mengobarkan pemberontakan bersenjata di provinsi Kordofan Selatan (selatan) dan Nil Biru (tenggara), yang memengaruhi satu juta dua ratus orang, menurut statistik PBB.

Pada hari Rabu pagi, pihak-pihak Sudan menandatangani dengan inisial dokumen Perjanjian Fase Transisi antara Dewan Militer dan Kekuatan Kebebasan dan Perubahan di Khartoum setelah penundaan dan negosiasi selama tiga hari sejak Selasa malam.

Perjanjian tersebut mengatur pembentukan dewan yang terdiri dari 11 anggota, dengan lima perwira militer yang akan dipilih oleh Dewan Militer, lima warga sipil akan dipilih oleh Kekuatan Perubahan, di samping seorang tokoh sipil yang akan ditentukan dengan konsensus antara kedua sisi.

Seorang anggota militer akan memimpin Dewan Kedaulatan selama 21 bulan sejak tanggal penandatanganan Perjanjian, diikuti oleh Presidensi anggota sipil selama 18 bulan tersisa dari masa transisi (39 bulan).

Dewan Militer telah berkuasa sejak kepemimpinan militer menggulingkan Omar Al-Bashir pada 11 April dari kepresidenan (1989-2019), di bawah tekanan dari protes luas yang telah dimulai sejak akhir 2018, mengecam kondisi ekonomi yang memburuk. (st/MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X