Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.395 views

Pengungsi Muslim Rohingya Menolak untuk Kembali ke Myanmar Jika Tidak Diakui

COX'S BAZAR, BANGLADESH (voa-islam.com) - Pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh telah menolak untuk kembali ke Myanmar kecuali mereka diakui sebagai kelompok etnis dengan hak dan keamanan penuh di negara asal mereka, di mana mereka telah menghadapi beberapa dekade penganiayaan.

Para pemimpin Rohingya mengatakan kepada para pejabat Myanmar yang berkunjung pada hari Ahad (28/7/2019) bahwa mereka ingin Myanmar mengakui mereka sebagai kelompok etnis dengan hak kewarganegaraan sebelum mereka kembali ke negara asal mereka, Rakhine.

"Kami memberi tahu mereka bahwa kami tidak akan kembali kecuali kami diakui sebagai Rohingya di Myanmar," kata Dil Mohammed, seorang pemimpin Rohingya yang bertemu dengan para pejabat Myanmar.

Myanmar menolak untuk mengakui Rohingya sebagai warga negara, dan para pejabat bahkan menahan diri untuk tidak menggunakan kata Rohingya, yang berarti penduduk asli Rakhine, tempat mereka tinggal selama berabad-abad sebelum kekerasan genosidal yang disponsori negara dimulai pada tahun 2017.

Mohammed juga mengatakan para pengungsi tidak akan kembali ke Myanmar kecuali tuntutan keadilan, perlindungan internasional, dan kemampuan untuk kembali ke desa dan tanah asli mereka dipenuhi.

“Kami menginginkan kewarganegaraan, kami menginginkan semua hak kami. Kami tidak mempercayai mereka. Kami akan kembali hanya jika ada perlindungan internasional, ”katanya.

Tetapi dia menekankan bahwa cita-cita utama mereka adalah kembali. "Kami akan kembali ke tanah kami sendiri ... (kami) tidak ingin berakhir di kamp."

Delegasi Myanmar, yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Tetap Myint Thu, mengadakan pembicaraan dengan 35 pemimpin Rohingya di distrik perbatasan tenggara Bangladesh Cox's Bazar pada hari Sabtu dan Ahad.

Badan-badan pengungsi dan kelompok-kelompok bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga ragu tentang pengembalian apa pun karena mereka khawatir akan keselamatan Rohingya di Myanmar.

Abul Kalam, komisioner bantuan dan repatriasi pengungsi Bangladesh, juga menyuarakan keprihatinan tentang kesiapan Myanmar untuk repatriasi Rohingya.

“Kami siap untuk memulai repatriasi kapan saja. Terserah Myanmar untuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk memungkinkan Rohingya kembali ke tanah air mereka, ”kata Kalam.

Sebuah lembaga pemikir Australia baru-baru ini mengatakan Myanmar telah membuat persiapan "minimal" untuk kembalinya perlindungan Rohingya di Bangladesh.

Ini adalah kedua kalinya pejabat Myanmar mengunjungi kamp-kamp itu dalam upaya meyakinkan para pengungsi Rohingya untuk memulai proses pemulangan. Pada Oktober tahun lalu, Rohingya menolak tawaran untuk kembali ke tanah air mereka ketika delegasi Myanmar mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin kelompok itu.

Pada bulan November, langkah formal untuk memulai proses pemulangan terhenti karena tidak ada Rohingya yang setuju untuk kembali ke Myanmar.

Negara Bagian Rakhine barat Myanmar menjadi perhatian global pada tahun 2017 ketika gerombolan militer dan Budha Myanmar mulai membunuh, memperkosa, dan menyiksa kelompok minoritas tersebut. Ribuan orang terbunuh dalam penumpasan itu dan ratusan ribu lainnya melarikan diri ke seberang perbatasan menuju Bangladesh.

Tahun lalu, sebuah misi pencarian fakta PBB mengatakan kampanye melawan Rohingya dirancang dengan "niat genosida."

Rohingya sendiri telah menghuni Rakhine selama berabad-abad. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X