Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.052 views

India Kunci Wilayah Kashmir di Tengah Pengiriman Puluhan Ribu Pasukan Tambahan

SRINAGAR, KASHMIR (voa-islam.com) - Pihak berwenang di Kashmir yang dikuasai India mengunci sebagian besar wilayah yang disengketakan itu pada Senin (5/8/2019) pagi, sementara India mengirim puluhan ribu pasukan tambahan dan saling melemparkan tuduhan perang dengan Pakistan di perbatasan mereka secara de facto.

Komunikasi terputus, dengan jaringan seluler pribadi, layanan internet, dan sambungan telepon rumah dipuutus, kata seorang wartawan AFP.

Sebelum gangguan jaringan, mantan pemimpin senior dan politisi Kashmir saat ini mentweet bahwa mereka telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah.

Wilayah Himalaya itu telah kembali menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir, beberapa bulan setelah serangan jihadis terhadap konvoi paramiliter India yang diklaim oleh kelompok yang bermarkas di Pakistan memicu serangan udara lintas batas oleh musuh-musuh bersenjata nuklir.

Mereka telah menguasai bagian-bagian wilayah itu sejak berakhirnya pemerintahan kolonial Inggris di anak benua itu pada tahun 1947.

Namun keduanya mengklaim sepenuhnya dan telah berperang dua dari tiga perang di wilayah itu, tempat pemberontakan selama puluhan tahun terhadap pihak India telah menewaskan puluhan ribu.

"Sesuai perintah, tidak akan ada gerakan publik dan semua lembaga pendidikan juga akan tetap ditutup," pemerintah negara bagian memerintahkan untuk Srinagar, ibukota Kashmir yang dikuasai India, dan daerah sekitarnya dalam sebuah pernyataan yang diperoleh AFP.

"Akan ada larangan penuh tentang mengadakan segala jenis pertemuan publik atau demonstrasi selama periode operasi perintah ini."

Universitas, sekolah, dan perguruan tinggi di Jammu yang didominasi Hindu diperintahkan ditutup, dan satu distrik di wilayah itu dikunci.

Beberapa distrik besar lain di negara bagian mayoritas Muslim juga ditempatkan di bawah pembatasan, media lokal melaporkan.

Ketegangan terakhir dimulai dalam 10 hari terakhir setelah New Delhi mengerahkan setidaknya 10.000 tentara. Sebuah sumber keamanan mengatakan kepada AFP bahwa lebih dari 70.000 telah dikerahkan, yang diyakini merupakan tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pemerintah telah memperkenalkan langkah-langkah keamanan lainnya atas klaim ancaman teror - termasuk seruan untuk menyimpan makanan dan bahan bakar.

Langkah-langkah itu memicu kepanikan yang tumbuh di kalangan warga, yang membentuk antrian panjang di luar pom bensin, toko makanan, dan mesin uang.

Kehadiran pasukan yang banyak terlihat di beberapa bagian Srinagar ketika suara tembakan terdengar, meskipun jalanan tetap kosong, kata penduduk setempat kepada AFP.

Di pusat kota Srinagar, pasukan pemerintah melemparkan "bom cabai" yang mempengaruhi sistem pernafasan, ke jalan-jalan sepi, kata seorang penduduk setempat, sementara seorang pejabat senior mengatakan kepada AFP bahwa hampir 300 pejabat administrasi dan pejabat tinggi keamanan telah dikeluarkan dengan telepon satelit.

Turis dan mahasiswa telah bergegas meninggalkan kawasan yang indah itu sejak pemerintah mengatakan mereka harus pergi "segera", di tengah informasi intelijen baru tentang "ancaman teror" bagi peziarah utama Hindu di wilayah itu.

Sementara militer India dan pemerintah negara bagian telah menyoroti risiko keamanan, warga Kashmir dan politisi oposisi di New Delhi khawatir pasukan tambahan dikerahkan karena alasan lain.

Sejak pertengahan 2018, Kashmir India berada di bawah pemerintahan langsung Delhi setelah Partai Bharatiya Janata Perdana Menteri Narendra Modi menarik dukungan untuk mitra lokalnya dan membubarkan pemerintah lokal.

Ada kekhawatiran pemerintah nasionalis Hindu Modi dapat melakukan ancaman untuk membatalkan status khusus daerah itu di bawah konstitusi. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X