Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.670 views

Pakistan Kecam Langkah India Cabut Status Otonomi Khusus Kashmir

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Pakistan, hari Senin (5/8/2019), mengecam langkah India karena menghapus status khusus Kashmir, menyebutnya sebagai "ilegal", bersikeras itu adalah wilayah sengketa yang diakui secara internasional.

Keputusan oleh New Delhi untuk menghapus Kashmir dari otonomi khusus yang telah dinikmati selama tujuh dekade juga memicu protes di seluruh Pakistan, yang mengelola bagian dari wilayah Himalaya tersebut.

"Tidak ada langkah sepihak oleh Pemerintah India yang dapat mengubah status yang disengketakan ini ... Sebagai pihak dalam perselisihan internasional ini, Pakistan akan menggunakan semua opsi yang mungkin untuk melawan langkah-langkah ilegal itu," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

Kashmir telah dibagi antara India dan Pakistan sejak kemerdekaan mereka pada tahun 1947.

Selama tiga dekade, bagian yang dikelola India - satu-satunya negara mayoritas Muslim di negara itu - telah berada dalam cengkeraman perjuangan bersenjata yang telah menewaskan puluhan ribu orang.

Kementerian luar negeri Pakistan menambahkan bahwa langkah itu, yang "sangat ditolak dan dikutuk Islamabad", tidak akan "pernah diterima oleh rakyat Jammu & Kashmir dan Pakistan".

"Pakistan menegaskan kembali komitmennya yang tetap pada masalah Kashmir dan dukungan politik, diplomatik, dan moralnya kepada rakyat Jammu dan Kashmir yang diduduki untuk merealisasikan hak mereka yang tidak dapat dicabut untuk menentukan nasib sendiri," kata pernyataan itu.

Kantor luar negeri Pakistan telah memanggil komisaris tinggi India untuk memprotes langkah itu, komisi tinggi Pakistan ke New Delhi mengatakan Senin malam

Baik Perdana Menteri Imran Khan maupun militer Pakistan yang kuat tidak mengeluarkan pernyataan apa pun yang secara langsung mengutuk tindakan tersebut.

Tetapi kantor perdana menteri mengatakan Khan telah memanggil Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk memperingatkan bahwa keputusan itu dapat memiliki "implikasi serius" bagi keamanan regional dan "jelas-jelas melanggar" resolusi Dewan Keamanan PBB.

Erdogan "berbagi keprihatinan" dan meyakinkan Khan tentang dukungan Turki, kata pernyataan itu, sementara Mahathir Mohamad, salah satu negarawan Muslim tertua di dunia, mengatakan Malaysia "memantau dengan cermat" situasi tersebut.

Namun, sumber senior pemerintah di Delhi mengatakan kepada AFP bahwa keputusan itu "tidak memiliki implikasi eksternal", dan menambahkan bahwa itu "adalah urusan kami".

Ratusan orang di kota Pakistan Lahore juga berkumpul untuk memprotes keputusan tersebut, dengan protes kecil lainnya terjadi di Islamabad dan di beberapa kampus universitas.

Demonstrasi yang lebih besar diperkirakan terjadi Selasa, ketika Pakistan akan mengadakan sesi parlemen bersama dan para komandan militernya akan bertemu untuk membahas langkah tersebut.

Keputusan India juga memicu kecaman di Twitter Pakistan, di mana pada satu titik enam hashtag yang sedang tren semuanya terkait dengan langkah tersebut.

Menteri HAM Pakistan Shireen Mazari mencap langkah "aneksasi ilegal" dalam sebuah tweet. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X