Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.981 views

Kelompok Bersenjata Muslim di Selatan Thailand Akui Bertemu dengan Pemerintah

THAILAND SELATAN (voa-islam.com) - Sebuah kelompok utama dalam perjuangan bersenjata di Thailand selatan yang sebagian besar Muslim mengatakan mereka telah mengadakan pertemuan pertama dengan para pejabat dari pemerintah Thailand yang baru dan telah menetapkan tuntutan sebagai syarat untuk setiap perundingan perdamaian formal.

Perjuangan bersenjata di wilayah berbahasa Melayu di negara yang mayoritas beragama Budha itu telah menewaskan sekitar 7.000 orang selama 15 tahun terakhir dan telah berkobar selama beberapa dekade.

Pejabat Barisan Revolusi Nasional (BRN) mengatakan mereka bertemu dengan delegasi Thailand di sebuah lokasi di Asia Tenggara pada hari Jum'at (17/8/2019) dan menuntut pembebasan semua orang yang ditahan terkait dengan dugaan pemberontakan bersenjata dan penyelidikan transparan terhadap kekejaman oleh pasukan keamanan.

Itu bisa menjadi langkah menuju pembicaraan formal, kata para pejabat, sambil menekankan bahwa itu sangat awal dalam proses.

"Jika pembicaraan damai resmi adalah pesta maka pertemuan rahasia ini seperti membawa sapi ke dapur, tetapi sapi itu bahkan belum disembelih," Pak Fakir, 70, seorang anggota senior BRN mengatakan kepada kantor berita Reuters dalam wawancara yang jarang dilakukan.

"Negara Thailand seperti belut berminyak, licin," katanya.

Jenderal Udomchai Thamsarorat, kepala dialog damai dengan kelompok-kelompok bersenjata selatan untuk pemerintah Thailand, menolak mengomentari apakah sebuah pertemuan telah terjadi.

BRN belum berpartisipasi dalam perundingan resmi dengan pemerintah meskipun kontak memang terjadi setidaknya dua kali dengan mantan pemerintah militer Prayuth Chan-ocha, yang tetap sebagai perdana menteri setelah pemilihan awal tahun ini yang menurut lawan-lawannya cacat.

Perang yang sedang berlangsung

Kontak-kontak masa lalu dengan BRN tidak pernah mengarah pada pembicaraan dan telah melanjutkan perang partisan untuk menuntut kemerdekaan bagi provinsi-provinsi Yala, Patani dan Narathiwat, yang merupakan bagian dari kesultanan Melayu merdeka sebelum Kerajaan Budha Siam mencaploknya pada tahun 1909.

Sejumlah faksi selatan yang kurang aktif secara militer telah melakukan pembicaraan dengan pemerintah.

"Akar penyebab masalah kami adalah penjajahan, dan ini tidak pernah disentuh dalam pembicaraan sebelumnya," kata Fakir.

Meskipun BRN biasanya tidak mengkonfirmasi atau membantah bertanggung jawab atas serangan spesifik, Fakir mengatakan bahwa kelompok itu tidak berada di belakang serangkaian pemboman kecil yang mengguncang Bangkok pada 2 Agustus.

Bom tersebut melukai empat orang dan mempermalukan pemerintah selama pertemuan puncak keamanan regional. Dua tersangka dari selatan telah ditangkap sehubungan dengan serangan itu.

"Kami tidak akan menyerang di luar tiga provinsi paling selatan karena kami tidak ingin dianggap sebagai teroris," kata Fakir.

"Kami memiliki wilayah kami. Mengapa kami harus keluar dari itu? ... Orang lain pasti ada di belakangnya."

Terlepas dari penangkapan orang-orang selatan, pemerintah juga telah menyatakan bahwa itu bisa jadi lawan politiknya yang berada di balik serangan tersebut - meskipun partai politik telah mengutuknya dan tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab.

Ketegangan meningkat di selatan atas tuduhan bahwa seorang pria Muslim selatan, Abdullah Isamusa yang berusia 32 tahun, dipukuli dengan sangat biadab selama interogasi militer bulan lalu sehingga ia mengalami koma. Tentara mengatakan tidak ada bukti penyiksaan.

Mara Patani, sebuah kelompok payung yang mewakili beberapa faksi yang tidak seperti BRN telah melakukan pembicaraan resmi dengan militer Thailand, telah menyerukan intervensi internasional setelah kasus Abdullah - permintaan yang ditolak oleh tentara Thailand. (st/AJE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X