Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.350 views

Serangan Drone Picu Kebakaran di 2 Fasilitas Minyak Aramco di Timur Saudi

ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Kebakaran di dua fasilitas minyak Saudi Aramco pada Sabtu (14/9/2019) dini hari disebabkan oleh serangan pesawat tak berawak, kata kementerian dalam negeri, dalam serangan terbaru terhadap raksasa energi milik negara itu ketika sedang mempersiapkan daftar penjualan saham yang sangat dinanti-nantikan.

Tidak ada klaim pertanggungjawaban langsung atas serangan terhadap Abqaiq dan Khurais, dua fasilitas Aramco utama di Arab Saudi bagian timur, tetapi itu mengikuti peningkatan serangan drone lintas-perbatasan oleh pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman dan lonjakan ketegangan regional dengan Iran.

"Pada pukul 4:00 pagi, tim keamanan industri Aramco mulai menangani kebakaran di dua fasilitasnya di Abqaiq dan Khura sebagai akibat dari ... drone," kata kementerian dalam negeri dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh pejabat tersebut. Agen Pers Saudi.

"Kedua kebakaran telah dikendalikan."

Pernyataan itu menambahkan bahwa penyelidikan telah diluncurkan setelah serangan di Provinsi Timur kerajaan tetapi tidak menentukan sumber drone.

Ia juga tidak mengatakan apakah ada korban atau apakah operasi di kedua fasilitas telah terpengaruh.

Tingkat kerusakan penuh tidak segera jelas karena wartawan tidak diizinkan di dekat pabrik di mana pemerintah Saudi tampaknya telah meningkatkan keamanan.

Dalam beberapa bulan terakhir, pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman telah melakukan serentetan serangan rudal dan drone lintas-perbatasan yang menargetkan pangkalan udara Saudi dan fasilitas sipil lainnya dalam apa yang mereka klaim sebagai pembalasan atas kampanye pemboman yang dipimpin Saudi yang telah berlangsung lama di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak kaki tangan Iran tersebut.

Pemberontak Syi'ah Houtsi tidak segera menyatakan bertanggung jawab atas serangan hari Sabtu, tetapi televisi pemberontak Syi'ah Houtsi, Al-Masirah, mentweet bahwa itu akan merilis "pernyataan penting" tentang operasi drone besar di kerajaan.

Bulan lalu, serangan yang diklaim oleh pemberontak Syi'ah Houtsi memicu kebakaran di fasilitas pencairan gas alam Shaybah di Aramco - dekat perbatasan Uni Emirat Arab - tetapi tidak ada korban yang dilaporkan oleh perusahaan.

Drone pemberontak Syi'ah Houtsi juga menargetkan dua stasiun pompa minyak di pipa utama timur-barat Arab Saudi pada Mei, menutupnya selama beberapa hari.

Koalisi yang dipimpin Saudi melakukan intervensi untuk mendukung pemerintah Yaman pada 2015 ketika Presiden Abdu Rabbo Mansour Hadi melarikan diri ke pengasingan Saudi ketika pemberontak Syi'ah kaki tangan Iran itu mendekati wilayah terakhirnya yang tersisa di dan sekitar Aden.

Sejak itu, konflik telah menewaskan sedikitnya 91.600 orang, menurut Proyek Data Lokasi & Peristiwa Konflik Bersenjata, atau ACLED, yang melacak kekerasan.

Daerah-daerah yang dikuasai pemberontak Syi'ah Houtsi telah menghadapi pemboman terus-menerus oleh koalisi yang dipimpin Saudi sejak Maret 2015, yang memperburuk setelah serangan drone Syi'ah Houtsi terhadap kerajaan.

Perang di Yaman telah menimbulkan banyak korban jiwa warga sipil dan mendapat kecaman dari masyarakat internasional karena memicu apa yang digambarkan PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan jutaan pengungsi dan membutuhkan bantuan.

Tumbuh ancaman pemberontak

Serangan-serangan yang berkembang menyoroti bagaimana persenjataan yang semakin maju dari pemberontak Syi'ah Yaman yang dipasok Iran - dari rudal balistik hingga pesawat tak berawak - menimbulkan ancaman serius bagi tetangga Arab Saudi yang perkasa, terutama instalasi minyaknya.

Fasilitas Abqaiq, 60 kilometer barat daya dari markas Dhahran Aramco, adalah rumah bagi pabrik pemrosesan minyak terbesar perusahaan tersebut Itu telah ditargetkan oleh para militan di masa lalu.

Dalam serangan yang diklaim oleh Al-Qaidah pada Februari 2006, pelaku bom jibaku dengan kendaraan bermuatan bahan peledak berusaha menembus pabrik pengolahan, menewaskan dua penjaga keamanan.

Kedua pembom itu juga tewas dalam serangan itu, yang gagal menembus kompleks itu, lapor pihak berwenang pada saat itu.

Pada 2014, sebuah pengadilan Saudi menjatuhkan hukuman mati pada seorang pria karena terkait dengan serangan tahun 2006. Dua orang Saudi lainnya dipenjara selama 33 dan 27 tahun masing-masing, media pemerintah melaporkan.

Khurais, 250 kilometer dari Dhahran, menampung ladang minyak utama Aramco.

Serangan-serangan terbaru datang ketika Arab Saudi, pengekspor minyak mentah utama dunia, mempercepat persiapan untuk penawaran umum perdana Aramco.

IPO raksasa membentuk landasan program reformasi yang diperkirakan oleh penguasa kerajaan secara de facto Putra Mahkota Mohammed bin Salman, putra Raja Salman, untuk menyapih ekonomi Saudi dari ketergantungan pada minyak. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X