Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.518 views

Presiden Prancis Macron Bersumpah Lakukan 'Perlawanan Tanpa Henti' Terhadap Jihadis

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Presiden Prancis Emmanuel Macron hari Selasa (8/10/2019) bersumpah akan melakukan "perlawanan tanpa henti" terhadap para jihadis ketika ia memberikan penghormatan kepada empat anggota staf polisi Paris yang ditikam sampai mati pekan lalu oleh seorang rekan mereka yang teradikalisasi.

Mickael Harpon, seorang ahli komputer berusia 45 tahun di departemen pengumpulan-intelijen kepolisian, menggunakan pisau dapur dan alat pengiris tiram untuk membunuh tiga pria dan seorang rekan wanita dalam amukan 30 menit yang berakhir ketika seorang petugas menembaknya di kepala.

Serangan di dalam markas kepolisian itu menyebabkan goncangan di Prancis, di mana pemerintah ditekan untuk menjawab bagaimana radikalisasi Harpon tidak diperhatikan, meskipun dia memiliki izin keamanan tingkat tinggi.

"Kami akan melakukan perlawanan tanpa henti dalam menghadapi terorisme Islam," Macron bersumpah pada sebuah upacara di markas polisi dekat katedral Notre-Dame di mana serangan itu terjadi.

Macron mengatakan "tidak dapat dipahami dan tidak dapat diterima" bahwa Harpon, yang telah bekerja untuk polisi sejak 2003, telah berhasil melakukan serangan "di tempat kami memburu teroris dan penjahat".

Dia menyalahkan serangan itu pada "Islam mematikan yang menyimpang" yang dia bersumpah untuk memberantas dan bersumpah untuk membangun di Prancis sebuah "masyarakat dalam keadaan kewaspadaan".

Pada saat yang sama ia memperingatkan agar tidak terjerumus ke dalam iklim kecurigaan permanen, dengan memastikan: "Ini bukan pertarungan melawan agama tetapi melawan distorsi yang mengarah pada terorisme."

Serangan hari Kamis menambah jumlah orang yang tewas dalam serangan yang dipersalahkan, atau diklaim oleh kelompok jihadis sejak tahun 2015.

Harpon, ayah dua anak, telah masuk Islam sekitar 10 tahun yang lalu dan mengadopsi kepercayaan yang semakin radikal.

Dia telah melakukan kontak dekat dengan seorang imam Salafi garis keras pada bulan-bulan sebelum mengamuk pekan lalu, menurut para penyelidik.

VIDEO PROPAGANDA

Surat kabar Le Parisien Selasa melaporkan bahwa kunci USB yang berisi perincian puluhan rekan kepolisiannya telah ditemukan di antara harta miliknya.

Koran itu, yang mengutip sumber tanpa nama yang dekat dengan penyelidikan, mengatakan tidak jelas apakah Harpon telah mengumpulkan data itu sebagai bagian dari pekerjaannya atau secara diam-diam mengekstraksinya, serta apakah ia telah membaginya dengan orang lain.

USBnya juga berisi beberapa video propaganda dari kelompok Islamic State, tambahnya.

Keempat korban serangan - Damien Ernest, Anthony Lancelot, Aurelia Trifiro dan Brice Le Mescam - secara anumerta dianugerahi Legion of Honor, penghargaan sipil tertinggi Prancis, pada upacara peringatan hari Selasa.

Peti mati mereka, yang dibungkus dengan bendera Prancis, dibawa ke halaman gedung oleh sesama petugas.

Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner telah menghadapi seruan oposisi untuk pengunduran dirinya setelah awalnya mengklaim bahwa Harpon tidak pernah memberikan "alasan sekecil apa pun untuk khawatir" sebelum mengamuk.

Pada hari Selasa, sang menteri menjadi sasaran "interogasi" tertutup oleh delegasi intelijen parlemen sebelum ditanyai kemudian oleh komisi parlemen.

Dia kemudian akan ditanyai oleh panel Senat pada hari Kamis tentang mengapa bendera merah, termasuk persetujuan publik Harpon atas pembantaian 12 orang pada tahun 2015 di surat kabar Charlie Hebdo, tidak dimasukkan dalam arsip Harpon.

Castaner telah berusaha untuk menangkis kritik, dengan mengatakan bahwa kekhawatiran yang diungkapkan oleh rekan Harpon tentang perilakunya tidak pernah ditambahkan ke dalam arsipnya.

Setelah serangan itu, kementerian dalam negeri membentuk sel khusus untuk melacak potensi radikal Islam di dalam barisan pasukan keamanan. (CNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X