Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.672 views

Jihad Islam Hentikan Serangan Roket dari Gaza Setelah Israel Setujui Syarat Gencatan Senjata

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Gerakan Jihad Islam Palestina yang bermarkas di Gaza mengatakan pihaknya menahan tembakan setelah rezim di Israel menerima tuntutan utamanya, termasuk menghentikan pembunuhan yang ditargetkan, sebagai bagian dari gencatan senjata yang dimediasi Mesir yang bertujuan mengakhiri konfrontasi militer antara kedua pihak.

Berbicara pada hari Kamis (14/11/2019) pagi, juru bicara Jihad Islam, Musab al-Braim, mengkonfirmasi laporan gencatan senjata sebelumnya, mengatakan gencatan senjata mulai berlaku pada pukul 5.30 pagi waktu setempat, lapor Reuters.

Braim mengatakan Tel Aviv telah sepakat untuk mengakhiri target pembunuhan para pejuang Palestina dan tembakan mematikan pada demonstrasi mingguan Palestina terhadap pendudukan di dekat pagar yang memisahkan Jalur Gaza dari wilayah yang diduduki Israel.

"Gencatan senjata dimulai di bawah sponsor Mesir setelah Pendudukan (Israel) tunduk pada ketentuan yang ditetapkan oleh Jihad Islam atas nama faksi-faksi perlawanan Palestina," kata Braim kepada Reuters.

Sebelumnya, sumber-sumber Mesir mengatakan "perjanjian gencatan senjata datang sebagai hasil dari upaya Mesir" dan telah disahkan oleh "faksi-faksi Palestina termasuk Jihad Islam."

Rezim Tel Aviv telah menyetujui tuntutan utama Jihad Islam sebagai imbalan bagi kelompok perlawanan untuk menghentikan penembakan roket ke wilayah-wilayah pendudukan dan memastikan aksi unjuk rasa damai di Gaza.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak Israel.

Meskipun demikian, tak lama setelah gencatan senjata, sirene peringatan roket dilaporkan terdengar di selatan tanah yang diduduki.

Pada Rabu malam, Ziad al-Nakhala, sekretaris jenderal jihad Islam, mengatakan kelompok perlawanan tersebur telah menyusun daftar tuntutan untuk gencatan senjata dengan Israel kepada moderator Mesir.

"Kami memberikan persyaratan khusus untuk gencatan senjata," katanya kepada saluran TV Al Mayadeen yang berkantor pusat di Beirut. "Jika Israel menerima mereka, kami akan menerima gencatan senjata."

"Jika Israel tidak menerima tuntutan tersebut, kami akan terus berjuang untuk periode waktu yang terbuka," ia memperingatkan.

Tuntutan "sederhana dan rendah hati" Jihad Islam mencakup penghentian pembunuhan di Jalur Gaza dan Tepi Barat, pasukan Israel tidak menembaki warga sipil yang tidak bersalah selama protes Gaza, dan Tel Aviv mematuhi pemahaman tentang Gaza yang dicapai di Kairo selama negosiasi gencatan senjata sebelumnya, Nakhala menjelaskan.

Eskalasi meletus awal Selasa, ketika Israel membunuh komandan senior Jihad Islam Baha Abu al-Ata, bersama istrinya, dalam serangan yang ditargetkan di rumah mereka di Gaza.

Serangan serupa juga menghantam rumah komandan Jihad Islam lainnya di Suriah pada hari Selasa, tetapi gagal membunuh target.

Israel melanjutkan serangan udara mematikannya ke pantai yang terkepung itu, menewaskan 30 warga Palestina lainnya dan melukai 97 lainnya selama dua hari terakhir.

Pembunuhan Ata memicu serangan pembalasan Palestina ke wilayah-wilayah pendudukan.

Sebanyak 300 roket diperkirakan telah diluncurkan dari Gaza, mencapai sejauh Tel Aviv dan menutup sekolah-sekolah di wilayah tengah dan selatan wilayah yang diduduki.

Dalam sebuah tweet pada hari Rabu, juru bicara Jihad Islam Abu Hamza mengatakan Israel menyembunyikan tingkat kehancuran sebenarnya yang disebabkan oleh serangan roket balasan.

"Kami menantang sensor militer Zionis untuk mengungkapkan gambar dan video yang menunjukkan tingkat kehancuran pabrik, markas besar dan rumah-rumah pemukim di kota-kota yang diduduki," tulisnya. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya