Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.271 views

Saudi Akan Tawarkan Kewarganegaraan Kepada Para Ahli, Kreatif, dan Ulama, Anda Berminat?

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi akan menawarkan kewarganegaraan kepada para ahli dan kreatif berbakat sebagai bagian dari upaya untuk memodernisasi dan mendiversifikasi ekonomi kerajaan ultrakonservatif, situs berita Saudi Sabq melaporkan.

Raja Saudi, Salman dilaporkan telah mengeluarkan perintah kerajaan yang memungkinkan naturalisasi para pakar yang berkualifikasi di berbagai bidang mulai dari teknologi dan kedokteran hingga olahraga dan seni, situs Saudi mengatakan, Rabu (4/12/2019).

Para ulama Islam juga akan diundang untuk mengambil kewarganegaraan Saudi, tambahnya.

Jika terwujud, langkah itu akan melihat terobosan besar dari hukum kewarganegaraan Saudi saat ini yang hanya memungkinkan naturalisasi warga negara asing yang telah memegang waktu tinggal di kerajaan selama setidaknya lima tahun.

Biaya tinggi, peraturan ketat dan persyaratan sponsor Saudi telah lama membatasi orang asing yang tinggal di kerajaan itu untuk mendapatkan waktu tinggal permanen.

Awal tahun ini, Riyadh melonggarkan persyaratan ketat itu, tetapi hanya untuk yang super kaya - membuka jalan menuju apa yang disebut "visa emas" yang mengharuskan calon penduduk untuk mengeluarkan 800.000 riyal ($ 213.000) untuk hak tinggal permanen. Pembukaan diarahkan untuk para investor kaya, dokter, insinyur dan pemodal.

Tidak jelas apakah peraturan baru yang dilaporkan oleh Sabq akan mensyaratkan calon warga negara telah tinggal di Arab Saudi untuk jangka waktu minimum.

Langkah untuk menarik para ahli di bidang termasuk ilmu komputer, energi nuklir dan energi terbarukan dan intelijen buatan datang bersamaan dengan Visi Pangeran Mahkota Mohammad bin Salman 2030 yang kontroversial.

Rencana ambisius itu berupaya untuk mendiversifikasi dan memodernisasi ekonomi kerajaan untuk era pasca minyak dengan memperluas beberapa sektor utama, termasuk pariwisata, budaya, dan industri teknologi.

Pembukaan naturalisasi juga berharap untuk menargetkan para ilmuwan yang bekerja di bidang robot, nanoteknologi dan ilmu lingkungan, insinyur dirgantara, dokter dan kreatif. Arab Saudi juga berusaha menarik perhatian para pakar desalinisasi air.

Namun, langkah itu tidak akan mewakili perubahan 180 derajat untuk kerajaan ultrakonservatif, yang juga dilaporkan akan menawarkan kewarganegaraan kepada ulama Islam dan insinyur minyak dan gas.

Sementara banyak dari rencana berani yang dipatok untuk Visi 2030 - seperti NEOM kota mega futuristik - belum direalisasikan, reformasi hak-hak perempuan yang dipicu selama dua tahun terakhir juga merupakan bagian dari rencana tersebut.

Reformasi termasuk memberikan hak kepada perempuan untuk mengemudi dan melonggarkan pembatasan perjalanan telah dikecam oleh organisasi hak asasi manusia yang mengatakan langkah-langkah itu kosong dan telah datang dengan mengorbankan tindakan keras yang meluas terhadap perbedaan pendapat di seluruh kerajaan.

Mohammed Bin Salman sendiri telah berada di bawah pengawasan internasional yang meningkat sejak pembunuhan brutal terhadap jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul tahun lalu. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X