Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.071 views

Turki Kritik Vonis Pengadilan Saudi Terhadap Para Pembunuh Jamal Khashoggi

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki mengkritik putusan pengadilan Saudi pada hari Senin atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018, dengan mengatakan negara itu berhenti memberikan keadilan dan menjelaskan pembunuhan itu.

Keputusan yang diumumkan oleh pengadilan Saudi "jauh dari memenuhi harapan negara kami dan komunitas internasional untuk menjelaskan pembunuhan dengan semua dimensinya dan memberikan keadilan," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

Ankara juga mengatakan aspek-aspek utama dari pembunuhan itu termasuk keberadaan mayat Khashoggi "ditinggalkan dalam kegelapan", yang menurut kementerian itu adalah "kekurangan mendasar" dalam hal akuntabilitas.

Kontributor Washington Post yang berusia 59 tahun itu dibunuh di konsulat Saudi di kerajaan di Istanbul pada 2 Oktober 2018, oleh 15 anggota pasukan Saudi yang mencekiknya dan memotong tubuhnya menjadi potongan-potongan.

Jasadnya tidak pernah ditemukan.

Pengadilan Saudi pada hari Senin menjatuhkan hukuman mati lima orang atas pembunuhan itu, menjatuhkan tiga hukuman penjara panjang dan membebaskan tiga orang lainnya yang dituntut dalam kasus ini, sementara dua tokoh penting dibebaskan.

"Bukan hanya tanggung jawab hukum tetapi juga tanggung jawab untuk menjelaskan pembunuhan yang dilakukan di wilayah kami dan untuk menghukum semua yang bertanggung jawab," kata kementerian luar negeri Turki.

Ini mengulangi harapan Turki akan kerja sama peradilan dari pemerintah Saudi.

Hubungan Turki dengan Arab Saudi menjadi tegang setelah pembunuhan brutal tersebut, yang mencoreng reputasi internasional Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Tak lama setelah putusan, pengawas hak media yang berbasis di Paris Reporters Without Borders mengatakan keadilan "diinjak-injak" dengan hukuman mati dijatuhkan kepada lima warga Saudi atas pembunuhan itu.

Sekretaris jenderal kelompok itu, Christophe Deloire, mentweet bahwa kalimat "dapat diartikan sebagai sarana untuk secara permanen membungkam para tersangka, cara untuk mencegah mereka berbicara agar lebih baik menutupi kebenaran."

Pengadilan itu, yang berlangsung secara tertutup, "tidak menghormati standar keadilan internasional," katanya, seraya menambahkan, "Keadilan telah diinjak-injak."

"Keburaman prosedur dan penyembunyian bukti tidak memungkinkan kami untuk mendapatkan ide" mengapa beberapa orang lainnya dihukum atau dibebaskan, kata Deloire, bersikeras: "Kami masih mengharapkan laporan penuh."

"Pengadilan mengeluarkan hukuman mati pada lima pria yang secara langsung mengambil bagian dalam pembunuhan itu," kata jaksa penuntut dalam sebuah pernyataan.

"Kami menemukan bahwa pembunuhan Khashoggi tidak direncanakan," kata wakil jaksa agung Saudi Shalaan al-Shalaan pada konferensi pers.

Dibebaskan

Dua pembantu senior untuk Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman telah dibebaskan dari kejahatan, pengadilan memutuskan.

Menurut laporan Shalaan Shalaan, wakil jaksa agung, tidak ada bukti yang ditemukan mengenai Saud al-Qahtani, yang dicabut dari perannya sebagai penasihat utama putra mahkota setelah pembunuhan itu.

Dijuluki "Steve Bannon Saudi", Qahtani adalah penegak media brutal bagi Mohammed bin Salman, yang mendalangi penangkapan ratusan elit negara itu dan mengatur penahanan Perdana Menteri Libanon Saad Hariri.

Dia adalah penasihat kerajaan untuk Mohamed bin Salman sampai dia dipecat pada bulan Oktober, suatu langkah yang secara luas dilihat sebagai upaya untuk mengkambinghitamkan pejabat Saudi dan menutupi kemungkinan peran Pangeran Mohammed dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Menurut sumber-sumber intelijen, Qahtani menjalankan pembunuhan brutal terhadap Khashoggi di konsulat Saudi melalui Skype.

Sebuah sumber intelijen Turki mengatakan pada Oktober bahwa Qahtani mengatakan kepada anak buahnya untuk membuang Khashoggi. "Bawakan aku kepala anjing itu", sumber intelijen Turki mengatakan Qahtani menginstruksikan.

Sekitar 11 pesan dikirim antara Qahtani dan putra mahkota kira-kira pada saat pembunuhan brutal wartawan itu, menurut CIA.

Awal tahun ini, seorang jaksa penuntut Turki menuntut agar surat perintah penangkapan dikeluarkan untuk Qahtani dan Ahmad al-Assiri, yang mereka gambarkan sebagai "di antara perencana" pembunuhan Khashoggi.

Tetapi pengadilan pada hari Senin mendapati Alassiri, seorang pejabat tinggi intelijen yang juga dipindahkan dari posisinya, tidak bersalah.

Khashoggi adalah orang dalam dan editor pengadilan kerajaan di surat kabar yang berhubungan dengan negara di Arab Saudi yang menggambarkan dirinya khawatir dengan kebangkitan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman. Dia telah mengkritik sang pangeran dalam pekerjaan terakhirnya sebagai kolumnis Washington Post.

Jenazahnya yang terpotong-potong belum ditemukan.

Arab Saudi awalnya menawarkan beberapa laporan bergeser tentang hilangnya Khashoggi. Ketika tekanan internasional meningkat, kerajaan akhirnya memutuskan pada penjelasan bahwa ia dibunuh oleh para pejabat jahat dalam perkelahian di dalam konsulat. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X