Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.556 views

Serangan Drone AS Tewaskan Komandan Quds Qassem Soleimani dan Wakil Pimpinan PMF Al-Muhandis

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Serangan drone AS di dekat Bandara Internasional Baghdad telah membunuh komandan Pasukan Quds - Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) - Jenderal Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al Muhandis, pemimpin Brigade Syi'ah Hizbalah (baca; Hizbulata) Irak dan wakil pemimpin milisi Syi'ah brutal Pasukan Mobilisasi Populer Irak (PMF).

Soleimani dan Muhandis adalah dalang teror dan pemberontakan yang dipuja oleh Syi'ah garis Keras di Iran, Irak, Suriah, dan seterusnya atas dukungan mereka terhadap milisi Syi'ah yang didukung Iran dan kelompok-kelompok teroris yang telah membuat beberapa negara di Timur Tengah menjadi tidak stabil.

Dampak pembunuhan Soleimani dan Muhandis belum sepenuhnya dipahami. Kedua pria itu sangat populer di kalangan milisi Syi'ah dan memiliki hubungan luas dengan politisi Irak serta para pemimpin dan unit militer. AS saat ini memiliki lebih dari 5.000 tentara di sejumlah pangkalan di seluruh negeri dan kedutaan besarnya di Baghdad diserang beberapa hari yang lalu karena pelanggaran yang lebih ringan.

Departemen Pertahanan AS telah mengkonfirmasi serangan drone tersebut, menambahkan bahwa Soleimani memang target. Pernyataan Pentagon juga menyatakan bahwa Soleimani "menyetujui serangan terhadap Kedutaan Besar AS di Baghdad."

Gerai-gerai berita lain, termasuk media pemerintah Iran dan PMF itu sendiri, dan banyak lainnya milik "Sumbu Perlawanan" Iran, telah melaporkan kedua tokoh militer Syi'ah itu tewas.

Fars News, gerai semi-resmi Iran yang berafiliasi dengan IRGC, mengkonfirmasi kabar yang mengatakan bahwa "Soleimani dan Muhandis mati oleh serangan Amerika hari ini setelah hari berkabung yang lama." Keduanya dilaporkan menghadiri pemakaman untuk petempur Brigade Hizbulata Irak yang tewas.

Pada halaman Twitter resminya, PMF telah mengkonfirmasi kematian Muhandis dan Soleimani, menambahkan bahwa mereka "dibunuh oleh serangan udara AS di jalan dari bandara Baghdad."

Saluran televisi pemerintah Irak juga telah mengkonfirmasi kematian kedua komandan itu, yang telah diterbitkan ulang dari gerai mulai dari Al Jazeera dan Al Arabiya hingga gerai pro-Hezbolata Al Mayadeen.

Al Manar, stasiun TV resmi Hizbulata Libanon, mempublikasikan ulang di saluran Telegramnya bahwa "Sumber media Irak: Martir dari wakil kepala Hashd Shaabi [PMF] Abu Mahdi al Muhandis dan komandan Pasukan Quds, Qassem Soleimani."

Laporan-laporan ini muncul setelah serangan udara AS terhadap Brigade Hizbulata Irak, salah satu kelompok proxy utama Iran di negara itu. Serangan udara itu sebagai tanggapan atas kematian satu kontraktor AS dalam serangan roket di pangkalan Amerika di wilayah Kirkuk.

Menanggapi serangan udara tersebut, Brigade Hizbulata mengancam pembalasan yang datang dalam bentuk orang-orangnya, dan anggota milisi yang didukung sekutu Iran lainnya, menyerang kedutaan AS di Baghdad.

Aktor teror utama Iran dan dalang pemberontakan

Soleimani dan Muhandis memiliki hubungan dekat yang telah membentang lebih dari satu dekade.

Soleimani dan Muhandis mengorganisir Pasukan Mobilisasi Populer, kelompok-kelompok milisi Syi'ah yang didominasi oleh kelompok-kelompok teror yang didukung Iran, dan mengarahkan serangan mereka di Irak tengah, utara, dan barat tidak hanya kepada pasukan AS tetapi juga Muslim Sunni di negara itu. Muhadis menjabat sebagai wakil komandan PMF. Keduanya telah difoto beberapa kali saat mengunjungi milisi.

Sebelum bekerja sama untuk memerangi Islamic State, keduanya bekerja sama erat dengan para perwira IRGC dan Quds lainnya untuk mengorganisir milisi Sy'iah untuk menyerang pasukan AS selama pendudukan Irak dari tahun 2003 hingga 2011. Lebih dari 600 tentara AS diperkirakan telah tewas oleh kelompok-kelompok teror Syiah yang didukung oleh dua orang tersebut sebelum Amerika menarik diri dari Irak pada akhir 2011.

Sebagai kepala Pasukan Quds, Soleimani berada di belakang beberapa serangan dan plot paling mengerikan terhadap AS, Israel, Irak, dan sejumlah negara Barat dan Timur Tengah lainnya selama tiga dekade terakhir. Cap Soleimani terlihat di pemberontakan di Irak, Libanon, dan Yaman, dan bahkan di Afghanistan.

Muhandis telah masuk radar dinas militer dan intelijen AS selama lebih dari satu dekade. Departemen Keuangan menunjuk Muhandis dan Brigade Hizbulata di bawah Perintah Eksekutif 13438 (Menghalangi Properti Orang-Orang Tertentu yang Mengancam Upaya Stabilisasi di Irak) pada 2 Juli 2009. Pada hari yang sama, Departemen Luar Negeri juga menunjuk Brigade Hizbulta sebagai entitas teroris di bawah Perintah Eksekutif 13224. Muhandis mengkomandani Brigade Hizbulata.

Muhandis adalah penasihat Soleimani dan anggota Pasukan Quds. Sebagai agen Pasukan Quds senior, Muhandis menciptakan sekelompok pelatih untuk mendukung milisi Syi'ah pro-Iran, seperti Asaib al Haq dan Brigade Hizbulata. "Kelompok-kelompok tersebut menerima pelatihan dalam perang gerilya, menangani bom dan bahan peledak, dan menggunakan senjata - untuk memasukkan rudal, mortir, dan senapan sniper," kata Departemen Keuangan pada Juli 2009.

Muhandis membangun jaringan penyelundupan untuk menyalurkan senjata ke apa yang kemudian dikenal sebagai Kelompok Khusus milisi Syi'ah brutal Tentara Mahdi. Kelompok-kelompok khusus ini kemudian membentuk inti PMF yang terkenal kebrutalannya tidak hanya kepada jihadis tapi juga warga sipil Sunni di Irak dan Suriah.

Dia telah memasok proyektil yang mematikan yang menembus rompi anti peluru, senjata khas Iran, serta roket, mortir, dan senapan sniper dan senapan serbu untuk kelompok-kelompok ini. Dia dikatakan telah secara langsung membantu Tentara Mahdi selama pemberontakan Musim Semi 2008 melawan pasukan Irak dan AS di Kota Sadr di Baghdad, serta di provinsi Maysan dan di Basrah. (TLWJ)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X