Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.631 views

Jaksa Penuntut Terorisme Jerman Sebut 'Motif Sayap Kanan' di Balik Penembakan Mematikan di Hanau

BERLIN, JERMAN (voa-islam.com) - Penyelidik Jerman mengatakan pada hari Kamis (20/2/2020) mereka mencurigai "motif sayap kanan" di balik penembakan kembar di sebuah bar shisha dan sebuah kafe yang menewaskan sepuluh orang semalam di kota Hanau, dekat Frankfurt.

Beberapa jam setelah polisi menemukan tersangka pria bersenjata itu tewas di rumahnya pada dini hari Kamis setelah perburuan besar-besaran, jaksa penuntut terorisme federal mengambil alih kasus itu.

Seorang juru bicara jaksa penuntut mengatakan ada "indikasi motif sayap kanan", dan bahwa jaksa federal mengambil kendali atas penyelidikan karena beratnya kasus ini, media Jerman melaporkan.

Polisi menemukan surat pengakuan dan video di rumah tersangka, yang menurut media lokal menyatakan motif sayap kanan. Tersangka telah disebut di pers sebagai pria berusia 43 tahun bernama Tobias R.

Ahli anti-terorisme King's College London Peter Neumann, yang melihat teks itu, mentweet bahwa itu berisi "berbagai, tetapi sebagian besar pandangan ekstrim kanan, dengan ideologi do-it-yourself yang dirakit dari bagian-bagian yang ditemukan di internet ".

"Dia membenci orang asing dan non-kulit putih. Meskipun dia tidak menekankan Islam, dia menyerukan pemusnahan berbagai negara di Afrika Utara, Timur Tengah dan Asia Tengah (yang semuanya merupakan mayoritas Muslim)," tambahnya.

Dia mengatakan dokumen bahasa Jerman yang sangat baik mengindikasikan bahwa tersangka pernah belajar di universitas.

"Polanya jelas, dan sama sekali tidak baru," tambahnya.

Sementara itu media termasuk penyiar publik ARD melaporkan bahwa mayat kedua yang ditemukan di properti itu adalah milik ibu pria itu.

Selusin tembakan

Serangan itu terjadi di dua bar di Hanau, sekitar 20 kilometer dari Frankfurt, di mana polisi bersenjata dengan cepat menyebar dan helikopter polisi berkeliaran di langit untuk mencari mereka yang bertanggung jawab atas penembakan berdarah tersebut.

Serangan pertama terjadi di sebuah bar di distrik Heumarkt di pusat Hanau sekitar pukul 22:00 waktu setempat, kata laporan.

Seorang pria bersenjata dilaporkan membunyikan bel pintu dan menembaki orang-orang di bagian merokok, menewaskan lima termasuk seorang wanita, Bild melaporkan.

"Para korban adalah orang-orang yang telah kita kenal selama bertahun-tahun," kata putra manajer bar itu kepada kantor berita Jerman DPA. Dua karyawan termasuk di antara korban, menurut pria itu, yang tidak berada di bar selama penembakan. "Ini mengejutkan bagi semua orang."

Polisi mengatakan salah satu dari mereka yang terluka dalam serangan itu juga tewas.

Penyerang, atau para penyerang, melarikan diri dari tempat kejadian dengan mobil, menurut polisi. Kemudian ada penembakan kedua di Arena Bar.

Tiga orang tewas di luar gedung, kata media setempat, dengan saksi mata melaporkan mendengar selusin tembakan.

Sebuah Mercedes-Benz perak ditutupi seperti selimut yang bisa dilihat di belakang barisan polisi dan dikelilingi oleh petugas di luar Arena Bar, dengan pecahan kaca di tanah.

'Skenario horor'

Jerman telah menjadi sasaran dalam beberapa tahun terakhir oleh beberapa serangan ekstremis, salah satunya menewaskan 12 orang di jantung Berlin pada Desember 2016.

Serangan sayap kanan telah menjadi perhatian khusus bagi otoritas Jerman.

Pada bulan Oktober, serangan senjata anti-semit yang mematikan di kota Halle di timur pada hari suci Yom Kippur menggarisbawahi meningkatnya ancaman kekerasan neo-Nazi. Amukan, di mana dua orang ditembak mati, disiarkan langsung.

Juni lalu, politisi konservatif Walter Luebcke, seorang penganjur kebijakan pengungsi liberal, ditembak di rumahnya.

Pada hari Jumat polisi menangkap 12 anggota kelompok ekstrem kanan Jerman yang diyakini merencanakan serangan besar-besaran "mengejutkan" terhadap masjid-masjid yang serupa dengan yang dilakukan di Selandia Baru tahun lalu.

Organisasi Islam Jerman-Turki Ditib, yang mendanai sekitar 900 masjid di Jerman, menyerukan perlindungan yang lebih besar bagi umat Islam di negara itu, dengan mengatakan mereka "tidak lagi merasa aman" di Jerman. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X