Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.302 views

Mesir Tangkap Jurnalis Veteran Setelah Secara Terbuka Mengkritik Pemerintah

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Mesir telah menangkap seorang jurnalis veteran yang secara terbuka mengkritik pemerintah setelah ia muncul di jaringan Al Jazeera yang bermarkas di Qatar, kata Komite untuk Perlindungan Jurnalis, Selasa (16/6/2020).

Mohamed Monir, 65, ditangkap oleh petugas polisi berpakaian preman pada Senin pagi, kata kelompok advokasi yang berbasis di New York tersebut.

"Pemerintah Mesir harus segera dan tanpa syarat membebaskan wartawan Mohamed Monir dan membatalkan tuduhan tak berdasar ini," katanya.

"Monir sudah dalam kondisi kesehatan yang buruk, dan untuk menahannya menunggu persidangan selama pandemi sangat kejam."

Monir telah ditahan selama 15 hari atas tuduhan bergabung dengan organisasi teroris, menyebarkan berita palsu dan menyalahgunakan media sosial.

Penangkapannya terjadi ketika Mesir meningkatkan tindakan keras terhadap pers yang telah dilakukan sejak Abdel Fattah al-Sisi menjadi presiden pada 2014, setahun setelah ia memimpin tentara menggulingkan pendahulunya yang berasal dari kelompok Islam, Muhammad Mursi.

Pemerintah menuduh Monir sebagai corong untuk Ikhwanul Muslimin, yang sekarang dimasukkan dalam daftar hitam sebagai organisasi teroris.

Polisi sebelumnya menggerebek apartemen Monir pada hari Sabtu. Dia tidak ada di rumah pada saat itu tetapi dia mendapatkan rekaman serangan dari kamera di gedungnya yang dia bagikan secara online.

Dalam pesan video yang menantang yang dipostingnya di Facebook, Monir bersumpah bahwa upaya pihak berwenang untuk menangkapnya tidak akan menghentikannya berbicara.

Dalam pernyataan keluarga yang diposting di halaman Facebook Monir, putrinya Sara berkata: "Dia hanya menggunakan kebebasan berbicara dan kata-katanya tidak mengandung hasutan terhadap bangsa."

Pada bulan Mei, CPJ mendokumentasikan penangkapan setidaknya empat jurnalis Mesir, termasuk Sameh Haneen, seorang Kristen Koptik yang juga menghadapi tuduhan bergabung dengan organisasi teroris.

Kementerian dalam negeri kemudian menerbitkan rekaman video tentang dugaan pengakuan oleh Haneen, di mana ia mengklaim telah dibayar ribuan dolar karena memproduksi video yang kritis terhadap pemerintah untuk Al Jazeera atas permintaan anggota Ikhwanul Muslimin.

Mesir dan sekutu Teluk - Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab - telah memboikot Qatar sejak Juni 2017, menuduhnya mendukung Islam radikal dan terlalu dekat dengan Iran, tuduhan yang dibantahnya.

Mesir berada di peringkat ketiga sebagai penjara jurnalis terburuk di belakang Cina dan Turki, menurut CPJ. (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X