Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.126 views

Batalkan Dekrit Pemerintah 1934, Turki Buka Jalan untuk Jadikan Hagia Shopia Sebagai Masjid

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Pengadilan administrasi utama Turki pada hari Jum'at (10/7/2020) membatalkan dekrit pemerintah tahun 1934 yang menjadikan Hagia Sophia menjadi museum. Keputusan yang sudah lama ditunggu itu membuka jalan bagi ikon Istanbul Hagia Sophia untuk digunakan sebagai masjid.

Hagia Sophia, salah satu situs bersejarah dan warisan budaya paling penting di dunia, dibangun pada abad keenam pada masa pemerintahan Kekaisaran Bizantium dan berfungsi sebagai kedudukan Gereja Ortodoks Yunani. Itu diubah menjadi masjid kekaisaran menyusul penaklukan Istanbul oleh Daulah Utsmaniyah atau dikenal juga sebagai Ottoman pada tahun 1453. Bangunan ini diubah menjadi museum selama pemerintahan partai tunggal sekuler pada tahun 1935, tetapi ada diskusi tentang mengubahnya kembali ke masjid, dengan permintaan publik untuk mengembalikannya sebagai tempat ibadah mendapatkan traksi di media sosial.

"Masalah undang-undang Hagia Sophia adalah urusan internal Turki dan hak kedaulatannya," Cengiz Tomar, rektor Universitas Ahmet Yesevi mengatakan kepada Daily Sabah. “Itu berubah menjadi museum melalui keputusan kabinet dan sekali lagi dapat berubah menjadi masjid dengan keputusan. Namun, karena akan ada reaksi internal dan eksternal, sebagai tanggapan pemerintah akan ingin mendukung legalitas keputusan dengan pendapat hukum pengadilan tinggi."

Sementara beberapa kelompok telah lama mendesak agar struktur itu, yang mereka anggap sebagai warisan Muslim Ottoman, untuk diubah kembali menjadi masjid, yang lain percaya situs Warisan Dunia UNESCO itu harus tetap menjadi museum, sebagai simbol solidaritas Kristen dan Muslim.

Di tengah reaksi internasional atas status Hagia Sophia, Ankara mengatakan bahwa masalah ini adalah urusan dalam negeri Turki.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pekan lalu bahwa tuduhan terhadap Turki mengenai Hagia Sophia secara langsung menargetkan kedaulatan negara.

“Baik positif atau negatif, keputusan ini adalah hak pemerintah dan mendapat dukungan signifikan dari rakyat. Masalah Hagia Sophia telah meninggalkan jejak yang dalam di benak orang-orang Turki seperti eksekusi (mantan Perdana Menteri Adnan) Menderes dan trauma ini harus diselesaikan,” tambah Tomar.

Ada kritik atas langkah itu dari segelintir kalangan, dengan Sekretaris Negara Amerika Serikat. Mike Pompeo mengeluarkan pernyataan pekan lalu mendesak pemerintah Turki untuk mempertahankan statusnya sebagai museum.

Presiden Turki itu mencatat bahwa ada 435 gereja dan sinagog di Turki tempat orang Kristen dan Yahudi dapat berdoa.

Pembukaan kembali Hagia Sophia Istanbul untuk shalat tidak akan menghilangkan identitasnya, karena akan selalu menjadi milik warisan sejarah dunia, Ibrahim Kalın, juru bicara kepresidenan Turki, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) pada hari Kamis.

Membuka Hagia Sophia untuk shalat, karena para pemimpin Turki telah menyatakan keinginan untuk melakukannya, tidak akan menghalangi orang yang mengunjunginya, katanya, menambahkan bahwa "Turki masih akan melestarikan ikon Kristen di sana, sama seperti nenek moyang kita menjaga semua nilai-nilai Kristen."

"Semua masjid utama kami seperti Masjid Biru, Masjid Fatih dan Suleymaniye, mereka terbuka untuk pengunjung dan penyembah," kata Kalın, lebih lanjut mengutip contoh-contoh Katedral Notre Dame dan Basilika Sacre-Coeur Prancis yang ikonis, gereja-gereja terkenal di dunia yang terbuka untuk turis dan jamaah.

"Membuka Hagia Sophia untuk beribadah tidak membuat wisatawan lokal atau asing tertahan mengunjungi situs itu," Kalin menekankan, "Jadi, kerugian dari warisan dunia tidak perlu dipertanyakan."

Pada 2015, seorang ulama membacakan Al-Quran di dalam gedung tersebut untuk pertama kalinya dalam 85 tahun. Tahun berikutnya, otoritas agama Turki mulai menjadi tuan rumah dan menyiarkan bacaan agama selama bulan suci Ramadhan dan panggilan adzan dikumandangkan di dalam pada hari peringatan turunnya wahyu Al-Qur'an pertama kepada Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam.

Sumber kritik lain adalah Yunani, di mana Turki menyatakan bahwa Athena, satu-satunya negara Eropa yang tersisa tanpa masjid di ibukotanya, terganggu oleh pembacaan Al-Quran di Hagia Sophia adalah contoh yang menggambarkan psikologi intoleran dari negara itu. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X