Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.883 views

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

NAGORNO-KARABAKH (voa-islam.com) - Nagorno-Karabakh berada di jantung konflik puluhan tahun antara Azerbaijan dan Armenia, keduanya bekas republik Soviet.

Ini diakui secara internasional sebagai wilayah Azerbaijan, tetapi dijalankan oleh etnis Armenia yang ingin memisahkan diri atau bergabung dengan Armenia.

Menurut Azerbaijan, etnis Armenia menduduki tanah mereka.

Ketegangan meningkat pada 1980-an. Nasionalisme etnis tidak disukai di masa Soviet, jadi ketika Uni Soviet bubar, etnis Armenia melihat peluang untuk mengajukan petisi untuk bergabung dengan Armenia.

Hasilnya adalah perang berdarah di tahun 1990-an yang menewaskan 30.000 orang dan membuat jutaan orang kehilangan tempat tinggal. Kedua belah pihak dituduh menyerang warga sipil, tetapi Azerbaijan menanggung kerugian yang lebih besar dengan lebih banyak kematian dan pengungsi. Pada saat perang berakhir, Armenia telah merebut Nagorno-Karabakh dan beberapa daerah sekitarnya.

Dikenal sebagai Artsakh bagi orang Armenia, sekitar 150.000 orang tinggal di daerah kantong pegunungan, dengan sepertiga penduduknya berada di kota utama Stepanakert.

Luasnya sekitar 4.400 kilometer persegi dan terletak dekat dengan jaringan pipa minyak dan gas di sebelah barat.

Pada 27 September, kedua belah pihak bentrok lagi, memulai pertempuran terburuk yang melanda wilayah tersebut sejak 1990-an. Analis telah memperingatkan bahwa kali ini, konflik berbeda terutama karena senjata baru sedang digunakan. Ada juga kekhawatiran akan munculnya perang habis-habisan, yang terjadi di Rusia dan Turki.

Bagaimana konflik dimulai kembali?

Seperti yang sering terjadi ketika rival bertarung, masing-masing pihak saling menyalahkan.

Industri pertahanan Azerbaijan mengatakan telah melancarkan "serangan balasan untuk menekan aktivitas pertempuran Armenia dan memastikan keselamatan penduduk", sementara Armenia menuduh Azerbaijan menyerang pemukiman sipil di Nagorno-Karabakh.

Sangat sulit untuk memverifikasi klaim ini dan dalam beberapa minggu terakhir, masing-masing negara secara teratur menyangkal pernyataan satu sama lain tentang serangan dan penderitaan, terutama ketika menyangkut mengenai wilayah sipil.

Mengapa ini dimulai?

Konflik selalu mendidih. Meskipun ada gencatan senjata tahun 1994, bentrokan terus terjadi sejak saat itu. Pada 2016, ratusan orang tewas dalam empat hari pertempuran. Pada Juli tahun ini, lusinan dari kedua belah pihak tewas, kebanyakan tentara.

Beberapa analis mengatakan bahwa pandemi virus Corona membuat diplomasi antar-jemput lebih sulit pada bulan-bulan sebelum bentrokan dimulai. Sementara itu, pandemi dan isu lainnya seperti protes di Belarus telah menjadi perhatian mediator internasional.

Dalam kolom baru-baru ini untuk Al Jazeera, Robert M Cutler, seorang rekan di Institut Urusan Global Kanada, berpendapat bahwa Nikol Pashinyan, perdana menteri Armenia, semakin nasionalis dan mengatakan dia tidak mengakui penyelesaian perdamaian yang diusulkan yang dikenal sebagai Prinsip Madrid , membuat marah Azerbaijan.

“Prinsip Madrid telah meramalkan dan menyetujui bahwa Yerevan menyerahkan daerah pendudukan di sekitar Nagorno-Karabakh kepada Azerbaijan. Jelas bahwa jika Yerevan berhasil melaksanakan tugas ini, maka nyawa banyak orang Armenia dan Azerbaijan akan terselamatkan,”tulis Cutler.

“Istilah-istilah ini telah dibahas selama lebih dari satu dekade, dan itu bukan hanya milik Azerbaijan. Mereka didukung oleh komunitas internasional dan karenanya tidak mungkin berubah. Azerbaijan sekarang berada di atas angin dan potensi militer untuk merebut kembali semua wilayah pendudukan. "

Berapa korban manusia?

Dalam waktu kurang dari sebulan, setidaknya 63 warga sipil Azerbaijan dan 36 etnis Armenia tewas.

Pejabat yang didukung Armenia di Nagorno-Karabakh mengatakan 772 tentara tewas, sementara Azerbaijan belum mengungkapkan jumlah kematian militernya. Presiden Ilham Aliyev mengatakan dia akan mengumumkan rinciannya ketika bentrokan mereda.

Banyak yang percaya jumlah korban sebenarnya jauh lebih tinggi daripada yang telah dilaporkan sejauh ini.

Ribuan orang dilaporkan melarikan diri dari Stepanakert ke Armenia terdekat dan beberapa dari mereka yang tetap tinggal di bawah tanah di tempat perlindungan bom.

Orang-orang di kota Azeri yang terkena dampak, seperti Tartar, telah melarikan diri ke daerah yang relatif lebih aman.

Ada kekhawatiran besar atas sejauh mana pertumpahan darah di putaran bentrokan ini, dengan persenjataan baru yang canggih digunakan. Baca lebih lanjut tentang senjata baru itu di sini.

Apa yang dilakukan komunitas internasional tentang itu?

Sejauh ini, ada dua upaya gencatan senjata kemanusiaan yang memungkinkan para tahanan dan korban perang untuk ditukar. Ditengahi oleh mediator internasional, keduanya gagal.

Yang pertama pada 10 Oktober ditengahi di Rusia setelah pembicaraan maraton antara kedua belah pihak dan yang kedua datang seminggu kemudian, setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov berbicara dengan mitranya dari Armenia dan Azeri melalui telepon.

Dalam kedua kasus tersebut, pihak yang bertikai saling menuduh melanggar gencatan senjata beberapa jam setelah tenggat waktu yang disepakati.

Dalam arti yang lebih luas, pembicaraan telah berlangsung sejak 1992 di bawah OSCE Minsk Group, yang dipimpin oleh tiga ketua pendampingnya - Rusia, Prancis dan Amerika Serikat.

Meskipun Rusia memiliki hubungan baik dengan Azerbaijan, Moskow dipandang mendukung Armenia, meskipun orang-orang Armenia khawatir bahwa langkah kecil Pashinyan ke arah Barat mungkin telah mengecewakan Kremlin.

Sementara itu, Turki adalah pendukung Azerbaijan yang paling kuat dan vokal dan Baku menginginkan Ankara di meja perundingan. Sementara itu, Turki telah mengkritik upaya kelompok Minsk.

Apa yang mungkin terjadi selanjutnya?

Meskipun ada dua upaya untuk melakukan gencatan senjata, tidak ada yang mengalah dalam pertempuran tersebut. Pemain internasional memperbarui seruan mereka untuk perdamaian setiap hari.

Tampaknya hanya ada sedikit harapan untuk perdamaian.

Dalam pidatonya yang terakhir kepada bangsa, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev berkata: "Kami akan terus mengusir penjajah dari tanah kami."

Dalam tweet baru-baru ini, Pashinyan mengatakan: “#Artsakh tidak pernah menjadi bagian dari #Azerbajian yang merdeka dan klaim teritorial Azerbaijan tidak memiliki dasar di bawah hukum internasional. Cegah Genosida. Akui#Artsakh. ”

Tetapi pada saat yang sama, baik pemimpin maupun pejabat tinggi dari kedua belah pihak terus berbicara dengan pemain internasional - menteri luar negeri kedua negara akan menuju ke AS minggu ini - dan dalam wawancara media, Aliyev dan Pashinyan menyarankan kesediaan untuk mengupayakan gencatan senjata. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa