Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.668 views

6 Tentara Mali Tewas 18 Terluka Dalam Dua Serangan Dekat Perbatasan Dengan Burkina Faso

BAMAKO, MALI (voa-islam.com) - Setidaknya enam tentara Mali telah tewas dalam dua serangan "kompleks dan simultan" di pusat konflik Mali, menurut militer.

Serangan terkoordinasi tersebut terjadi sekitar pukul 3 pagi pada hari Ahad (24/1/2021) di desa Boulkessi dan Mondoro di wilayah Mopti, dekat perbatasan negara dengan Burkina Faso.

"Korban sementara adalah enam tewas dan 18 luka-luka" di antara tentara, kata militer dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa serangan itu memicu tanggapan militer yang menyebabkan "sekitar 30 orang tewas di pihak penyerang".

Sekitar 40 sepeda motor dan sejumlah besar perlengkapan militer disita dari para penyerang, tambahnya.

Belum jelas siapa yang berada di balik serangan itu.

Krisis Mali dipicu pada 2012 ketika separatis etnis Taureg, yang bersekutu dengan para pejuang dari cabang Al-Qaidah, melancarkan pemberontakan yang menguasai utara Mali. Tetapi para pejuang kelompok bersenjata dengan cepat mendorong pemberontak Tuareg dan merebut kota-kota utama di utara sampai mereka diusir pada awal 2013 oleh pasukan Prancis, bersama dengan pasukan Mali dan tentara dari negara-negara Afrika lainnya.

Namun, kelompok jihadis yang terkait dengan Islamic State (IS) dan Al-Qaidah telah bermunculan di wilayah tengah dan utara Mali, secara teratur melakukan serangan terhadap tentara.

Pada September 2019, posisi tentara yang sama yang diserang pada hari Ahad menjadi sasaran dalam salah satu serangan paling mematikan yang menghantam Mali sejak 2012, dengan sekitar 50 tentara tewas.

Serangan ganda itu kemudian diklaim oleh Kelompok JINM, aliansi utama di wilayah Sahel yang berafiliasi dengan Al-Qaidah.

Pada hari Kamis, tiga tentara Mali lainnya tewas dalam ledakan bom di daerah Mondoro.
Mopti, Mali - peta

Mali telah menerima dukungan dalam perangnya melawan kelompok bersenjata dari pasukan Barkhane Prancis, yang berjumlah 5.100 tentara tersebar di wilayah Sahel yang gersang.

Selain Mali, pasukan Prancis telah memerangi kelompok bersenjata bersama tentara dari Mauritania, Chad, Burkina Faso dan Niger.

Perserikatan Bangsa-Bangsa juga telah mengerahkan pasukan penjaga perdamaian MINUSMA berkekuatan 13.000 orang ke Mali, yang sering dijuluki sebagai misi "paling berbahaya" badan dunia, setelah menderita 146 kematian sejak didirikan pada 2013. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa