Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.140 views

AS Perintahkan Staf Kedutaan Tidak Penting Untuk Tinggalkan Kabul Karena Adanya Ancaman

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Amerika Serikat telah memerintahkan staf yang tidak penting di kedutaan besarnya di ibu kota Afghanistan, Kabul, untuk pergi karena dugaan ancaman, ketika Pentagon bersiap untuk memulai penarikan pasukan lengkap dari Afghanistan.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam sebuah nasihat perjalanan pada hari Selasa (27/4/2021) bahwa mereka telah "memerintahkan keberangkatan pegawai pemerintah AS dari Kedutaan Besar AS Kabul yang fungsinya dapat dilakukan di tempat lain."

AS dijadwalkan untuk memulai penarikan penuh sekitar 2.500 tentara darat dari Afghanistan pada awal Mei.

Penjabat duta besar AS di Kabul, Ross Wilson, mengatakan bahwa Washington mengeluarkan nasihat itu "sehubungan dengan meningkatnya kekerasan dan laporan ancaman di Kabul."

Perintah itu, katanya, memengaruhi "jumlah yang relatif kecil" karyawan dan kedutaan akan tetap beroperasi.

"Personel yang sangat dibutuhkan untuk menangani masalah terkait penarikan pasukan AS dan pekerjaan penting yang kami lakukan untuk mendukung rakyat Afghanistan akan dapat tetap di tempat," tulis Wilson di Twitter.

Nasihat perjalanan itu juga memperbarui peringatan bagi orang Amerika untuk tidak mengunjungi Kabul.

Dikatakan bahwa "kelompok jihadis dan pemberontak terus merencanakan dan melaksanakan serangan di Afghanistan."

Awal bulan ini, Presiden AS Joe Biden mengumumkan akan menarik semua pasukan dari Afghanistan pada 11 September.

AS menyerang Afghanistan pada 2001, mengklaim bahwa Taliban menyembunyikan Al-Qaidah. Invasi itu menggulingkan pemerintahan sah Taliban dari kekuasaan tetapi memicu militansi dan ketidakamanan yang meluas di seluruh negara Asia.

Perang telah merenggut nyawa yang tak terhitung jumlahnya, termasuk warga sipil Afghanistan.

Taliban telah mengancam akan melanjutkan serangan terhadap pasukan asing di Afghanistan jika Washington gagal memenuhi tenggat waktu 1 Mei yang disepakati antara jihadis dan bekas pemerintahan AS.

AS khawatir tentang pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban

Sementara itu, Zalmay Khalilzad, utusan khusus AS untuk Afghanistan, memperingatkan Taliban agar tidak mencoba merebut kekuasaan secara militer dari pemerintah Afghanistan.

"Ada konsensus yang luar biasa di kawasan dan komunitas internasional yang menentang pengambilalihan militer oleh Taliban," kata Khalilzad pada sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga memperingatkan bahwa penarikan AS dari Afghanistan dapat menciptakan kekosongan yang akan menyebabkan perang saudara atau pengambilalihan Taliban lainnya.

Blinken mengatakan kepada CNN bahwa, "Tidak ada yang tertarik pada perang saudara baru di Afghanistan, tentu saja orang Afghanistan tidak."

Blinken menekankan bahwa meskipun AS menarik pasukannya dari negara Asia, itu "tidak melepaskan diri dari Afghanistan."

"Kami tetap terlibat secara mendalam dalam diplomasi, dalam mendukung pemerintah Afghanistan dan rakyatnya, pembangunan, bantuan ekonomi, bantuan kemanusiaan, dukungan untuk pasukan keamanan," katanya.

Sementara itu, militer AS telah mengerahkan setidaknya empat pembom B-52 ke Qatar untuk bersiap menghadapi potensi operasi di Afghanistan, di mana AS khawatir Taliban dapat melancarkan serangan. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X