Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.545 views

Instagram Ubah Algoritma Di Tengah Kritik Pembatasan Konten Palestina

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Layanan jejaring sosial berbagi foto dan video Amerika, Instagram, mengubah cara algoritmenya menyoroti konten pengguna setelah tuduhan meluas bahwa ia sengaja menekan suara-suara Palestina.

Instagram telah dituduh melarang konten pro-Palestina terkait dengan agresi Israel baru-baru ini di Tepi Barat yang diduduki dan serangan militer berdarah di Jalur Gaza yang terkepung.

Dihadapkan dengan kritik yang meningkat, perusahaan milik Facebook itu mengatakan bahwa algoritma baru tidak lagi membedakan antara konten asli dan postingan yang dibagikan ulang yang dipilih pengguna untuk fitur "cerita".

Seorang juru bicara Instagram mengatakan kepada BBC bahwa algoritme pendukung konten aslinya memiliki "dampak lebih besar dari yang diharapkan" pada beberapa jenis postingan, tetapi mengklaim bahwa hasilnya adalah efek samping yang tidak diinginkan dari kebijakannya daripada upaya untuk menyensor aktivis.

“Orang-orang... percaya kami menyembunyikan cerita tentang topik atau sudut pandang tertentu. Kami ingin memperjelas - bukan ini masalahnya,” kata sang juru bicara.

"Ini berlaku untuk setiap postingan yang [telah] dibagikan ulang dalam cerita, tidak peduli tentang apa itu," tambahnya, menuduh bahwa perbaikan tersebut tidak semata-mata merupakan reaksi terhadap kontroversi baru-baru ini karena perusahaan telah menangani masalah tersebut untuk beberapa orang. waktu.

Sejak dimulainya gerakan protes baru-baru ini terhadap rencana pengambilalihan oleh Israel atas lusinan rumah Palestina di lingkungan al-Quds Yerusalem Timur yang diduduki Sheikh Jarrah, aktivis dan juru kampanye pro-Palestina telah mengeluh bahwa Instagram dan platform media sosial lainnya menyensor konten yang dimaksudkan untuk menyebarkan kesadaran untuk masalah tersebut.

Awal bulan ini, ratusan orang membagikan tangkapan layar dari akun mereka yang ditangguhkan dan layar kosong setelah mereka membagikan postingan terkait dengan pemindahan paksa segera keluarga Palestina yang tinggal di daerah tersebut.

Beberapa aktivis media sosial saat itu mengatakan bahwa Instagram dan platform lain, seperti Facebook dan TikTok, mendorong upaya sistematis untuk mengejar dan menghapus konten Palestina, dengan tujuan membungkam suara Palestina.

Mereka menekankan bahwa masalah sensor menjadi lebih buruk ketika ketegangan di Yerusalem Timur al-Quds memuncak, dan diikuti oleh putaran pertempuran antara militer Israel dan faksi-faksi perlawanan Palestina yang berbasis di Gaza.

Pekan lalu, Perwakilan AS Rashida Tlaib, wanita Amerika Palestina pertama yang pernah terpilih menjadi anggota Kongres, menulis surat ke platform media sosial meminta mereka “untuk menghentikan penyensoran dan memastikan suara Palestina didengar.”

Anggota kongres itu menunjuk pada sebuah laporan yang dirilis sebelumnya oleh 7amleh - Pusat Arab untuk Kemajuan Media Sosial, yang memantau dan mendokumentasikan pidato rasis dan diskriminatif secara online, dan lebih dari 500 insiden di mana pidato politik Palestina telah disensor selama peningkatan ketegangan baru-baru ini. di wilayah Palestina yang diduduki.

Facebook, Twitter, TikTok dan Instagram telah menghadapi tekanan yang meningkat dalam beberapa pekan terakhir atas pengawasan konten pro-Palestina mereka setelah serangan Israel di Jalur Gaza.

Setidaknya 253 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, tewas dalam pemboman Israel di Jalur Gaza dalam 11 hari konflik yang dimulai pada 10 Mei. Serangan udara Israel juga membawa kehancuran yang meluas ke wilayah yang sudah miskin itu.

Gerakan perlawanan Palestina yang berbasis di Gaza menanggapi dengan meluncurkan lebih dari 4.000 roket ke wilayah pendudukan, beberapa mencapai sejauh Tel Aviv dan bahkan Haifa dan Nazareth di utara.

Rezim Israel akhirnya terpaksa mengumumkan gencatan senjata, yang ditengahi oleh Mesir, yang mulai berlaku pada dini hari tanggal 21 Mei.

Jejaring sosial juga telah dituduh membatasi postingan yang menyertakan kata atau tagar "Palestina", "perlawanan", "Israel", "Hamas", dan "al-Aqsa."

Aktivis pro-Palestina dan pengguna media sosial telah memilih, sebagai gantinya, untuk tidak menulis kata-kata “Israel” atau “Palestina”, atau menggunakan font Arab alternatif dalam upaya untuk menghindari algoritme dan untuk menghindari agar postingan mereka tidak ditekan. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam