Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.043 views

Israel Klaim Hamas Gunakan Gedung AP Yang Mereka Hancurkan Sebagai Tempat Pengacak Irone Dome

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Israel mengklaim pada hari Selasa (8/6/2021) bahwa gedung media Gaza yang mereka bom digunakan oleh Hamas untuk menghambat pertahanan udara tetapi Associated Press, yang kantornya dihancurkan dalam serangan itu, meminta bukti.

Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat, Gilad Erdan, memberikan penjelasan paling rinci tentang keputusan untuk menyerang menara saat ia bertemu dengan kepala kantor berita, Gary Pruitt, di kantor pusatnya di New York.

"Unit itu mengembangkan sistem jamming elektronik untuk digunakan melawan sistem pertahanan Iron Dome," kata Erdan, mengacu pada perisai anti-rudal yang mencegat roket Hamas.

Dia menawarkan bantuan Israel dalam membangun kembali biro Associated Press, salah satu kantor berita utama dunia bersama dengan Agence France-Presse dan Reuters, dan mengatakan dia tidak membayangkan karyawan AP mengetahui dugaan penggunaan gedung oleh Hamas.

Serangan udara itu juga menghancurkan kantor Al Jazeera dan Al Araby TV, stasiun TV berbahasa Arab dari The New Arab.

Pemilik Menara Jala tidak berhasil memohon 10 menit tambahan untuk membiarkan Al Jazeera mengambil peralatannya tetapi seorang perwira Israel menolak permintaan itu dan melanjutkan serangan.

"Israel melakukan segala yang bisa dilakukan untuk memastikan tidak ada karyawan atau warga sipil yang terluka selama operasi penting ini," katanya dalam sebuah pernyataan yang dirilis sehari setelah pertemuannya dengan para eksekutif AP.

"Sebaliknya, Hamas adalah organisasi teroris genosida yang tidak menghargai pers. Ia sengaja menempatkan mesin terornya di wilayah sipil, termasuk di kantor-kantor yang digunakan oleh media internasional," katanya.

Memperluas pernyataan duta besar, Pasukan Pertahanan Israel mengatakan bahwa Hamas menyimpan peralatan khusus di gedung Menara Jala yang bertujuan untuk mengganggu Irone Dome.

"Serangan itu dirancang untuk meruntuhkan gedung untuk memastikan penghancuran sarana khusus," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Target itu bernilai militer tinggi bagi Hamas dan diperiksa sesuai dengan prosedur ketat di dalam IDF, dan sesuai dengan hukum internasional."

Associated Press menyebut percakapan itu "positif dan konstruktif" dan mengatakan Erdan menjelaskan mengapa Israel melihat "ancaman mendesak" dari gedung itu.

"Kami belum menerima bukti untuk mendukung klaim ini," kata organisasi berita itu dalam sebuah pernyataan.

"AP terus menyerukan perilisan penuh dari setiap bukti yang dimiliki Israel sehingga faktanya terbuka untuk umum."

AP dan kelompok hak media internasional sebelumnya menyerukan penyelidikan independen atas tuduhan bahwa Menara Jala digunakan oleh Hamas.

Bulan lalu, pemilik gedung Gaza yang menampung media internasional yang hancur dalam serangan udara Israel mengajukan pengaduan ke Pengadilan Kriminal Internasional.

Komite Perlindungan Wartawan mengatakan Israel sengaja berusaha membungkam wartawan yang meliput kekejaman di daerah kantong yang terkepung itu.

"Serangan terbaru terhadap sebuah bangunan yang telah lama dikenal oleh Israel untuk menampung media internasional menimbulkan momok bahwa Pasukan Pertahanan Israel sengaja menargetkan fasilitas media untuk mengganggu liputan penderitaan manusia di Gaza," kata Joel Simon, direktur eksekutif CPJ. .

Serangan Israel di Gaza terjadi antara 10-21 Mei setelah Hamas meluncurkan roket ke Israel sebagai tanggapan atas serangan pasukan keamanan Israel terhadap jamaah Palestina di Masjid Al-Aqsa, yang melukai ratusan orang.

Serangan Israel menewaskan 260 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak dan beberapa pejuang, dan melukai lebih dari 1.900 orang, kata kementerian kesehatan Gaza.

Roket dan tembakan lainnya dari Gaza menewaskan 13 orang di Israel. Sekitar 357 orang di Israel terluka.

Jalur Gaza telah berada di bawah pengepungan yang melumpuhkan oleh Israel selama 15 tahun terakhir. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X