Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.872 views

Tolak Klaim Macron, Ulama Aljazair Sebut Prancis Justru Bawa Tragedi Dan Kesengsaraan Bagi Rakyat

ALGIER, ALJAZAIR (voa-islam.com) - Asosiasi Ulama Muslim Aljazair pada hari Senin (11/10/2021) menolak klaim Presiden Prancis Emmanuel Macron baru-baru ini bahwa kehadiran Daulah Utsmaniyah, atau dikenal Barat sebagai Ottoman, di Aljazair sama dengan penjajahan.

"Utsmaniyah yang datang ke Aljazair tidak datang sebagai penjajah kolonial, melainkan (mereka datang) atas undangan Aljazair ... untuk membantu mereka mengalahkan agresi Tentara Salib Spanyol," Abdul-Razzaq Qassoum, ketua asosiasi, mengatakan dalam sebuah kolom oleh surat kabar Al Basair. Surat kabar itu berafiliasi dengan asosiasi.

Ketegangan meningkat antara Prancis dan Aljazair atas pernyataan Macron tentang masa lalu kolonial negara Afrika Utara itu.

Dalam upaya untuk meredakan masa lalu kolonialnya yang mengerikan, Macron mengklaim bahwa “ada kolonisasi sebelum pemerintahan kolonial Prancis” di Aljazair, mengacu pada kehadiran Ottoman di negara itu antara tahun 1514 hingga 1830.

Menurut Qassoum, Ottoman, tidak seperti Prancis, tidak membunuh orang Aljazair, menghancurkan tanah mereka atau menjarah kekayaan mereka.

Orang Aljazair “memiliki banyak kekayaan (di bawah Ottoman),” kata ulama Aljazair itu.

Dia juga mencatat bahwa Ottoman tidak memaksakan bahasa mereka pada orang Aljazair atau melawan keyakinan mereka.

“Mereka (Utsmaniyah) tidak melawan keyakinan kami, bahkan Madzhab kami pun tidak.”

Sebaliknya, Qassoum mengatakan pasukan kolonial Prancis membawa "tragedi" ke Aljazair dan "kesengsaraan" bagi rakyatnya.

Pernyataan Macron pada akhir September bahwa negara Aljazair tidak ada sebelum pemerintahan kolonial Prancis dan bahwa kolonisasi lain mendahului negaranya memicu badai kecaman di Aljazair.

Presiden Aljazair Abdelmedjid Tebboune mengutuk pernyataan Macron sebagai “penghinaan yang tidak dapat diterima” kepada para syuhada, memanggil Duta Besar negaranya untuk Prancis Antar Daoud untuk konsultasi, dan menutup wilayah udara untuk pesawat militer Prancis yang digunakan oleh yang terakhir dalam operasi anti-terornya di Sahel.

Dalam wawancara yang disiarkan televisi pada hari Ahad, Tebboune meriwayatkan laporan resmi tentang pembantaian Prancis terhadap hampir 4.000 jamaah selama era kolonial 1830-1962.

Para jamaah terbunuh ketika mereka melakukan aksi duduk di dalam Masjid Utsmaniyah yang disebut Ketchaoua dalam upaya untuk menghentikannya agar tidak diubah menjadi gereja.

Aljazair merupakan contoh terbaru dan paling berdarah dari sejarah kolonial Prancis di benua Afrika.

Sekitar 1,5 juta orang Aljazair terbunuh dan jutaan lainnya mengungsi dalam perjuangan delapan tahun untuk kemerdekaan yang dimulai pada tahun 1954.

Prancis juga telah melakukan genosida budaya terhadap Aljazair sejak tahun 1830, menghancurkan sejarah Ottoman Aljazair yang berusia 300 tahun dan identitas lokalnya sendiri, dan juga mengubah banyak monumen budaya dan agama di negara tersebut.

Paris tidak pernah secara resmi meminta maaf kepada Aljazair sebagai negara bagian atas kebijakan penjajahannya. (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X

Jum'at, 13/05/2022 12:26

Panggung untuk Kaum Pelangi, Hempaskan!