Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.341 views

Pemerintah Otonomi Muslim Filipina Akan Bangun Pusat Deradikalisasi Untuk Mantan Anggota Abu Sayyaf

MANILA, FILIPINA (voa-islam.com) - Sebuah pusat deradikalisasi yang bertujuan membantu mantan gerilyawan berintegrasi kembali ke masyarakat sedang dibangun di Filipina selatan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mempertahankan perdamaian di salah satu wilayah yang paling dilanda konflik di Asia Tenggara, kata para pejabat, Senin (13/6/2022).

Bangsamoro, sebuah wilayah yang mencakup wilayah mayoritas Muslim di Mindanao, telah mengalami proses perdamaian selama hampir satu dekade sejak pemerintah mencapai kesepakatan gencatan senjata permanen dengan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) setelah hampir empat dekade konflik.

Sebagai bagian dari proses perdamaian, penduduk di kawasan itu memilih otonomi yang lebih besar dalam referendum yang diadakan pada 2019. Ini mengikuti pertempuran selama berbulan-bulan di Kota Marawi di Mindanao pada 2017 antara tentara Filipina dan militan pro-Islamic State (IS), termasuk anggota Kelompok Abu Sayyaf (ASG).

Ancaman dari ASG telah menurun sejak saat itu; militer Filipina mengklaim pada bulan April bahwa operasinya telah mengurangi risiko dari militan yang berafiliasi dengan Islamic State (IS). Karena semakin banyak anggota ASG yang menyerah kepada militer, pemerintah di Bangsamoro bertujuan untuk membantu mereka bergabung kembali dengan masyarakat.

“Fasilitas ini merupakan bagian dari komitmen yang kami buat kepada Komando Mindanao Barat dan pemerintah setempat. . . saat kami bergabung dengan mereka dalam membangun kembali kehidupan (mantan) anggota ASG,” Naguib Sinarimbo, yang mengepalai departemen yang bertanggung jawab atas pemerintahan lokal di Bangsamoro, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Fasilitas senilai $469.000 itu akan berlokasi di Barangay Langhub di barat daya provinsi Sulu, yang merupakan basis ASG.

Setelah didirikan, pusat tersebut akan melakukan program untuk memastikan bahwa mantan militan “akan menjadi warga negara yang produktif saat mereka kembali ke masyarakat.”

Juru bicara militer regional, Kolonel Alaric Delos Santos, menekankan pentingnya pusat “untuk deradikalisasi mantan anggota ASG.”

“Kita semua tahu bahwa di dalam ASG, apa yang diajarkan adalah pandangan ekstrimis tentang Islam. Maka kali ini, mereka akan melalui proses dan mendapatkan kajian dan pemahaman Islam yang benar. Kami juga akan dapat melihat potensi mereka untuk menentukan jenis mata pencaharian yang harus diberikan kepada mereka masing-masing,” kata Delos Santos kepada Arab News.

Sejak 2017, lebih dari 860 anggota ASG telah menyerah kepada militer di Sulu, menurut data resmi. Lebih dari setengahnya akan bergabung dengan program gelombang pertama yang dijalankan di pusat tersebut, kata Delos Santos.

Pusat tersebut, menurut pakar keamanan Rikard Jalkebro, sangat penting untuk mempertahankan perdamaian di Sulu.

“Ini adalah sesuatu yang harus dilakukan jika tidak, Anda tidak dapat benar-benar memiliki perdamaian abadi atau situasi perdamaian berkelanjutan apa pun di Sulu,” kata Jalkebro kepada Arab News.

Untuk membangun kepercayaan antara mantan pejuang dan masyarakat setempat, Jalkebro mengatakan bahwa penting “untuk mengintegrasikan orang-orang ini ke dalam masyarakat” dengan mengajari mereka keterampilan dan memberikan pelatihan kejuruan, menambahkan bahwa proses ini membutuhkan waktu.

“Ini sangat sulit, dan sangat mudah bagi mereka untuk kembali ke cara lama.” (AN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Rumah Keluarga Yatim Ludes Terbakar Saat Ditinggal Sholat Tarawih

Rumah Keluarga Yatim Ludes Terbakar Saat Ditinggal Sholat Tarawih

Rumah yang ditinggali keluarga yatim Ibu Turyati (34) ludes terbakar saat ditinggal berbuka puasa bersama dan sholat Tarawih. Kebakaran pada Kamis malam (23/3/2023) itu tak menyisakan barang...

Berbagi Keberkahan, Bantuan Modal Usaha Untuk Muallaf

Berbagi Keberkahan, Bantuan Modal Usaha Untuk Muallaf

Tak punya kedua orang tuanya sejak 2017, Monica Kenyo Wulan Hapsari (27) hidup sendiri di kos berukuran sempit 2 x 3 meter. Sempat kelaparan dan hanya mampu jual sepatu dan tas ke rosok untuk...

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 31/05/2023 18:20

Kasus Bullying Kian Genting