Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.934 views

Pasukan Keamanan Iran Bunuh 3 Demonstran Kurdi Yang Memprotes Kematian Mahsa Amini

KURDISTAN, IRAN (voa-islam.com) - Setidaknya tiga demonstran Kurdi dibunuh oleh pasukan keamanan Iran ketika protes menyebar ke kota-kota Kurdi di wilayah Kurdistan Iran terhadap kematian Mahsa Amini, dengan ratusan juga terluka dan ditangkap, kata aktivis hak asasi manusia Kurdi kepada The New Arab.

"Selama protes Senin (19/9/2022), setidaknya tiga pemrotes Kurdi tewas oleh tembakan langsung dari pasukan keamanan Iran, 221 lainnya terluka - termasuk 43 wanita dan 24 remaja - dan 250 aktivis Kurdi diculik," kepala Organisasi Hengaw untuk Hak Asasi Manusia, Arsalan Yarahmedi, kepada The New Arab.

"Muhsin Muhammadi dari Divandare, Raza Lutfi dari Dewlan, dan Faraidun Mahmoudi dari Saqqez telah tewas oleh tembakan dari pasukan keamanan Iran. Tujuh dari yang terluka - termasuk seorang gadis 10 tahun dari Bokan - berada dalam kondisi kritis," Yarahmedi dicatat.

Mahsa (Zhina) Amini, 22, seorang wanita Kurdi dari Saqqez, sedang mengunjungi saudara laki-lakinya ke ibu kota Iran, Teheran, ketika dia ditahan Selasa lalu oleh polisi moral Iran karena diduga tidak mengenakan "jilbab yang layak".

Dia tewas pada hari Jum'at setelah dirawat di rumah sakit karena diduga dipukuli oleh unit polisi yang bertanggung jawab untuk menegakkan aturan berpakaian ketat Iran untuk wanita, yang mencakup kewajiban mengenakan jilbab di depan umum.

Setelah kematiannya, protes melanda Teheran dan sebagian besar kota besar Iran, termasuk kota-kota berpenduduk Kurdi yang dominan di Iran barat yang dikenal sebagai Rojhalat.

Yarahmedi juga mencatat bahwa pemogokan telah diluncurkan di 24 kota Kurdi, dengan toko-toko dan pasar ditutup sebagai protes atas kematian Amini, sementara di 13 kota dan kota Kurdi lainnya di seluruh Iran, demonstrasi dan demonstrasi Kurdistan sedang diselenggarakan.

"Orang-orang di kota Divandereh, Saqqiz, Baneh, Mariwan, Sina, Kamyaran, Dewlan, Tekab, Sardasht, dan Bokan turun ke jalan dengan damai, tetapi protes berubah menjadi kekerasan ketika pasukan Iran menembaki mereka," tambah Yarahmedi.

Pihak berwenang Iran mengatakan mereka meluncurkan penyelidikan atas kematian Amini, tetapi seorang pemeriksa medis mengatakan pada hari Sabtu hasil tes forensik mungkin memakan waktu tiga minggu. Menteri Dalam Negeri Abdolreza Rahmani Fazli mengklaim kepada TV pemerintah bahwa tidak ada laporan yang mengindikasikan dia dipukuli.

"Belum jelas bagaimana dipukul. Wanita yang ada di ambulans mengatakan dipukul di kepala," kata Amjad Amini, ayah Mahsa, kepada Rudaw, Senin.

Human Rights Watch meminta pihak berwenang Iran untuk melakukan "penyelidikan yang transparan, meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab atas kematian Mahsa dan memberikan reparasi kepada keluarganya adalah mutlak diperlukan." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X