Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.768 views

Pertama Kali Dalam Sejarah, Pembukaan Piala Dunia 2022 Diawali Dengan Pembacaan Al-Qur'an

AL-KHOR, QATAR (voa-islam.com) - Piala Dunia pertama yang diadakan di Timur Tengah telah dimulai dengan upacara pembukaan yang spektakuler di dalam Stadion Al Bayt, sebuah fasilitas yang dirancang menyerupai tenda tradisional Badui.

Pertunjukan berdurasi 30 menit ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an lalu penampilan dari aktor, penyanyi dan penari internasional dan lokal, termasuk bintang Hollywood Morgan Freeman, bintang K-pop Jungkook dari superband Korea Selatan BTS dan penyanyi Qatar Fahad Al Kubaisi.

Selain tuan rumah Piala Dunia dipegang oleh negara Islam, pembacaan ayat suci Al-Qur’an pada pembukaan Fifa World Cup juga menjadi sejarah baru. Hal ini sebagaimana dilaporkan oleh surat kabar Qatar, Al Raya pada Ahad (20/11/2022).

Pada pembukaan Piala Dunia 2022, seorang pemuda penyandang disabilitas bernama Ghanim Al-Muftah membacakan surah Al-Hujurat ayat 13. Duta Piala Dunia Qatar ini melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan merdu.

Sebelum membaca ayat suci Al-Qur’an, Ghanim lebih dulu berbincang dengan aktor senior ternama Morgan Freeman. Sesaat setelah surah Al-Hujurat ayat 13 dibacakan, pengusaha termuda di Qatar itu kembali berbincang dengan Morgan.

Sosok Ghanim seketika menjadi inspirasi bagi masyarakat dunia. Meski lahir dengan kondisi langka yang dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome (CDS), ia bisa tumbuh besar menjadi sosok yang luar biasa. Kondisi yang dialaminya tidak menghambat hidupnya.

Puncak pertunjukan diwarnai dengan kembang api yang mempesona yang menerangi langit di atas stadion, 44km utara ibukota Qatar, Doha.

Upacara itu dipusatkan di sekitar tema persatuan dan inklusivitas.

“Dari Qatar, dari dunia Arab, saya menyambut semua orang di Piala Dunia 2022,” kata Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

“Betapa indahnya orang dapat mengesampingkan apa yang memisahkan mereka untuk merayakan keragaman mereka dan apa yang menyatukan mereka,” katanya dalam bahasa Arab.

“Biarlah turnamen ini penuh dengan hari-hari kebaikan dan harapan yang menginspirasi dan sambut semua orang di dunia di Doha.”

Dia kemudian berkata: "Saya menyambut Anda dan semoga sukses untuk semua," dalam satu-satunya kata yang diucapkan dalam bahasa Inggris.

Isu Suap

Penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia sudah dilakukan sejak 2010. Saat itu, Qatar mendapat suara terbanyak dalam pemungutan suara dari 22 anggota eksekutif FIFA. Qatar mengalahkan empat negara pesaingnya, yakni Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

Salah satu alasan terbesar Qatar sebagai tuan rumah karena negara tersebut dianggap telah memenuhi kriteria FIFA untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Namun, dalam perkembangannya Qatar sempat diisukan telah menyuap petinggi FIFA yang nilainya diperkirakan sebesar Rp54,2 miliar untuk untuk mengamankan posisi tuan rumah.

Setelah dua tahun dilakukan penyidikan, Qatar bebas dari tudingan penyuapan tersebut. Negara Teluk itu tetap menjadi tuan rumah World Cup 2022.

Sejarah baru

Piala Dunia adalah ajang kompetisi sepak bola internasional yang diselenggarakan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) setiap empat tahun sekali. Perhelatan akbar ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1930 di Uruguay.

Sebelum memasuki Piala Dunia, negara-negara anggota FIFA lebih dahulu mengikuti tahap kualifikasi. Kualifikasi Piala Dunia diadakan di enam zona kontinental FIFA yakni Afrika, Asia, Amerika Utara dan Tengah dan Caribbean, Amerika Selatan, Oceania, serta Eropa. Hasil dari tahap kualifikasi ini keluar sebanyak 32 tim yang akan berlaga di Piala Dunia, babak ini sering disebut dengan putaran final Piala Dunia.

Tahun 2022 merupakan putaran final Piala Dunia ke-22. Qatar menjadi negara tuan rumah perhelatan Piala Dunia 2022. Ini menjadi sejarah baru dalam Piala Dunia, baru kali ini negara yang mayoritas penduduknya muslim menjadi tuan rumah. (Aje/Lptn6)
 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X