Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.530 views

Afiliasi Al-Qaidah Berusaha Kepung Ibukota Mali Bamako

BAMAKO, MALI (voa-islam.com) - Selama beberapa pekan terakhir, Kelompok Pendukung Islam dan Muslim (JNIM), cabang Al-Qaidah untuk Sahel dan sebagian besar Afrika Barat, telah melakukan serangkaian serangan yang semakin mendekat ke ibu kota Mali, Bamako. Serangan tersebut telah menyebabkan sedikitnya 27 orang tewas dan banyak lainnya terluka.

Mulai awal bulan ini, serangan JNIM telah terjadi di wilayah Mopti dan Segou Mali tengah, sementara itu juga menargetkan personel dan instalasi militer di wilayah selatan Kayes dan Koulikoro. Namun, di tengah serangan ini, terdapat Bamako.

Serangan itu dimaksudkan untuk membantu memutus Bamako dari daerah lain di Mali sebagai bagian dari strategi JNIM untuk mengepung ibu kota.

Pada 2 Januari, kelompok jihad itu menyerang dua kali, menargetkan pos pertahanan di wilayah selatan Marka-coungo dan stasiun tol lokal di kota Kassela. Serangan itu menewaskan sedikitnya 7 orang. Kedua kota tersebut terletak di wilayah Koulikoro selatan Mali, tepat di luar Bamako. JNIM kemudian memuji serangan kembar tersebut, tetapi tidak merilis bukti foto apa pun.

Beberapa hari kemudian pada 8 Januari, JNIM kembali menyerang dua kali pada hari yang sama, mengenai pos gendarmerie di kota Sebekoro di wilayah Kayes Mali dan pos pabean di Didieni, tepat di sebelah utara Bamako di wilayah Koulikoro. Hanya satu polisi yang tewas dalam penyerangan Sebekoro. Dalam komunike selanjutnya yang mengklaim serangan tersebut, JNIM juga memberikan foto yang menunjukkan senjata, kendaraan, dan amunisi yang ditangkap dari penggerebekan tersebut.

Dua hari kemudian pada 10 Januari, cabang Al-Qaidah itu kembali melakukan serangan ganda. Kali ini, dua kali menargetkan pasukan Mali antara Dia dan Diafarabe di wilayah Mopti tengah Mali, sebelum kembali menargetkan pasukan Mali antara Macina dan Kumara di wilayah tetangga Segou. Sedikitnya 14 tentara Mali tewas dalam penyergapan kembar itu.

Foto-foto yang dirilis oleh JNIM dari serangan itu merinci sejumlah besar senjata dan amunisi, serta dua kendaraan militer Mali, yang ditangkap selama penyergapan kembar.

Selama empat hari berikutnya, JNIM menargetkan markas gendarmerie Mali di Segou dan Koulikoro, meskipun tidak ada polisi yang terbunuh. Namun, setidaknya tiga stasiun gendarmerie berada di dekat Bamako. Hanya satu dari penggerebekan ini, serangan yang disebutkan sebelumnya di sebuah stasiun di Segou, secara resmi diklaim oleh JNIM. Selain itu, kelompok jihad juga membunuh seorang petugas polisi di kota Nara, Mali selatan selama ini.

Dan pada 15 Januari, setidaknya empat tentara Mali tewas dalam penyergapan antara Gomitra dan Kwala di utara Bamako di wilayah Kayes. Dalam klaim penyergapannya, JNIM kembali menunjukkan bahwa anak buahnya merebut  sejumlah besar senjata dan peralatan, selain dua kendaraan militer Mali.

JNIM, serta kelompok pendahulunya, pernah menyerang di atau dekat Bamako di masa lalu. Pada bulan November, jihadis menculik seorang pendeta Jerman dari ibu kota, menandai pertama kalinya Al-Qaidah berhasil melakukan operasi penculikan di Bamako. Juli lalu, mereka juga melakukan serangan dengan dua bom mobil bunuh diri di pangkalan militer utama Mali di Kati, hanya 15 km di luar Bamako. Dan pada bulan yang sama, enam orang tewas dalam serangan sekitar 80 km dari Bamako. Dan lebih historis lagi, serangan jihadis di dalam atau sangat dekat dengan Bamako dilaporkan terjadi pada tahun 2015, 2016, dan 2017.

Namun, entitas jihad telah melakukan upaya yang lebih terpadu untuk mendorong lebih jauh ke selatan di Mali menuju Bamako dalam beberapa pekan terakhir. Pengepungan Bamako dengan kekerasan ini, di mata JNIM, memberikan tekanan tambahan pada junta yang berkuasa untuk menyerah pada tuntutan kelompok tersebut untuk mengatur negara Mali dengan hukum Syariah atau runtuh seluruhnya.

Padahal kekerasan ini tidak hanya terkandung di selatan. JNIM juga telah memerangi saingannya di Islamic State Provinsi Sahel (lebih dikenal sebagai Islamic State Sahara Besar) di wilayah Gao dan Menaka utara, menyebabkan ribuan orang mengungsi menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dan semakin banyak milisi nasionalis di utara juga baru-baru ini menarik diri dari perjanjian tahun 2015 dengan pemerintah di Bamako, menyebabkan peningkatan kecemasan keamanan di wilayah tersebut.

Junta militer Mali, yang dipimpin oleh Kolonel Assimi Goita, telah berkuasa sejak Mei 2021 setelah menggulingkan pemerintahan transisi yang diberlakukan setelah kudeta awal negara itu pada Agustus 2020. -waktu kehadiran militer Prancis di Mali berakhir pada awal 2022.

Operasi militer Prancis di Mali secara resmi berakhir pada Agustus 2022, dengan banyak mitra Eropa lainnya juga meninggalkan Mali mengikuti jejak Prancis. Namun, yang menggantikan mereka adalah Grup Wagner Rusia yang jahat. Sejak bergabung dalam pertempuran di Mali tahun lalu, kekerasan jihadis terus meroket sementara kekerasan terhadap warga sipil yang dilakukan oleh negara dan orang-orang Wagner juga terus meningkat.

Melihat celah, orang-orang al Qaeda di Afrika Barat memanfaatkan th

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X