Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.684 views

Prancis Pulangkan 15 Wanita Dan 32 Anak-anak Dari Kamp Tahanan Jihadis Di Suriah

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Prancis pada Selasa (24/1/2023) memulangkan 15 wanita dan 32 anak-anak yang ditahan di kamp-kamp penjara jihadis di Suriah, kata kementerian luar negeri, dalam kepulangan besar ketiga warga negara Prancis dari negara Timur Tengah itu.

Kelompok hak asasi telah mendesak Prancis selama bertahun-tahun untuk mengambil kembali istri dan anak-anak para jihadis yang ditahan di kamp-kamp sejak kelompok Islamic State (IS) digulingkan dari "kekhalifahan" yang dideklarasikannya sendiri pada tahun 2019.

Tetapi pemerintah menolak repatriasi menyeluruh, mengatakan kembalinya anggota keluarga IS yang berpotensi teradikalisasi akan menimbulkan risiko keamanan di Prancis, yang telah mengalami gelombang serangan jihadis sejak 2015.

Sebaliknya dikatakan kasus individu akan diperiksa, yang melihat repatriasi kelompok pertama dari 16 ibu dan 35 anak dari Suriah pada Juli 2022, dan selanjutnya 55 Oktober lalu.

Anak-anak yang kembali ke Prancis pada Selasa berada di kamp Roj di timur laut Suriah di bawah administrasi Komunis Kurdi, sekitar 15 kilometer dari perbatasan Irak dan Turki.

Mereka ditempatkan di layanan sosial dan para ibu akan dibawa ke hadapan otoritas kehakiman, kata kementerian luar negeri, berterima kasih kepada "pemerintah daerah di timur laut Suriah atas kerja samanya, yang memungkinkan operasi ini".

Operasi itu dilakukan setelah Komite PBB Menentang Penyiksaan mengatakan pada hari Kamis bahwa dengan menolak memulangkan perempuan dan anak di bawah umur di Suriah, Prancis melanggar Konvensi PBB melawan penyiksaan dan perlakuan kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat.

Dalam versi putusan tertanggal 16 November 2022 yang dirilis oleh pengacara kerabat tahanan di kamp Al-Hol yang dikelola Komunis Kurdi di Suriah, komite mengatakan bahwa "tidak mengambil semua tindakan yang wajar dalam kekuasaannya untuk memulangkan kerabat penggugat akan merupakan pelanggaran oleh negara anggota pasal dua dan 16 konvensi".

Kelompok HAM mengecam kondisi sanitasi yang mengerikan, malnutrisi, dan kepadatan di kamp Al-Hol khususnya.

Pengacara yang menerbitkan keputusan komite penyiksaan PBB, Marie Dose, mengatakan 150 wanita dan anak-anak Prancis ditahan di kamp-kamp Suriah sebelum pemulangan hari Selasa.

Dihubungi oleh AFP, kementerian luar negeri Prancis menolak mengatakan berapa banyak lagi perempuan atau anak-anak yang mungkin dipulangkan.

kewaspadaan resmi

Selama dekade terakhir, ribuan orang di Eropa melakukan perjalanan ke Suriah untuk menjadi pejuang Islamic State seringkali membawa keluarga mereka untuk tinggal di "kekhalifahan" yang didirikan kelompok tersebut di wilayah yang direbut di Irak dan Suriah.

Sejak IS dikalahkan oleh pasukan lokal Kurdi-Irak-Suriah yang didukung Barat pada 2019, kembalinya anggota keluarga pejuang yang ditangkap atau dibunuh telah menjadi masalah pelik bagi negara-negara Barat.

Beberapa negara Eropa, seperti Belgia, Jerman, dan Belanda, telah memulangkan banyak warganya dari kamp Suriah.

Pada bulan September tahun lalu, kepala Komando Pusat angkatan bersenjata AS mendesak negara-negara untuk memulangkan warga dari Al-Hol, yang menampung sekitar 56.000 orang – kebanyakan wanita dan anak-anak.

Tetapi Prancis jauh lebih pendiam, meskipun ada kecaman dari Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa September lalu atas penolakannya untuk memulangkan dua wanita yang ditahan di Suriah, mengutip ancaman keamanan dan perawatan kesehatan di kamp-kamp yang dikelola Kurdi yang membahayakan nyawa mereka.

Banyak wanita yang kembali ke Prancis telah didakwa melakukan kejahatan terorisme dan dipenjara. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Ahad, 16/06/2024 13:34

UKT dan Liberalisasi Pendidikan