Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.626 views

Charlie Hebdo Kembali Memicu Kemarahan Setelah Terbitkan Kartun Mengejek Gempa Turki

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Majalah Prancis, Charlie Hebdo, telah memicu kemarahan dengan kartun baru yang mengejek Turki setelah negara itu dilanda dua gempa mematikan pada Senin, lapor Kantor Berita Anadolu.

Kartun itu, diposting di Twitter dengan judul "kartun hari ini", menunjukkan bangunan yang hampir runtuh dan tergeletak di puing-puing, mobil terbalik, dan tumpukan puing setelah gempa.

"Gempa bumi di Turki," tertulis di atas kartun itu, dan tulisan "Bahkan tidak perlu mengirim tank" di bagian bawah.

Pengguna internet menyuarakan frustrasi dan kemarahan atas Charlie Hebdo, yang disebut sebagai mingguan satir, menerbitkan kartun tersebut bahkan ketika upaya pencarian dan penyelamatan yang panik terus dilakukan untuk menyelamatkan korban yang selamat dari bencana mematikan tersebut.

Mengacu pada serangan 2015 terhadap Charlie Hebdo, yang menewaskan 12 orang, Alexandre Boisson, mantan anggota layanan pengawal SDLP untuk dua presiden Prancis dari 2002 hingga 2011, mengatakan di Twitter: "Rekan saya, Franck Brinsoloro (RIP) meninggal untuk melindungi Anda. Jika pena Anda menjadi pembunuh dan mengarah pada pengorbanan rekan-rekan lain dari SDLP, Anda harus hadir di pengadilan karena menghasut kebencian."

Yigit Ongen, seorang pengguna Twitter Prancis-Turki, mengatakan dia berada di Paris ketika Charlie Hebdo diserang pada tahun 2015 dan ikut serta dalam pawai untuk mendukung mereka.

“Namun, saya sedih melihat Anda tidak memiliki spiritualitas. Ribuan orang hidup dan (terjebak) di bawah puing-puing,” tambahnya.

The Bosphorus Institute, sebuah wadah pemikir independen yang berbasis di Paris yang bekerja untuk memperkuat persahabatan antara Prancis dan Turki, mengecam kartun itu sebagai "memalukan, menyedihkan, dan memilukan".

"Kartun ini sangat memalukan," kata Francois Burgat, seorang ilmuwan politik di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis, kepada Anadolu.

Charlie Hebdo juga terkenal karena kartunnya yang sering menghina Islam dan Nabi Muhammad.

Lebih dari 3.500 orang tewas dan 22.000 lainnya terluka di 10 provinsi Turki setelah dua gempa kuat mengguncang Turkiye selatan, menurut angka terbaru, dirilis saat upaya pencarian dan penyelamatan berlanjut. Sekitar 8.000 orang sejauh ini telah diselamatkan.

Senin pagi, gempa berkekuatan 7,7 melanda provinsi Kahramanmaras, kemudian sekitar sembilan jam kemudian, gempa berkekuatan 7,6 juga berpusat di Kahramanmaras mengguncang wilayah tersebut, mempengaruhi beberapa provinsi lainnya.

Gempa juga dirasakan di beberapa negara tetangga di kawasan itu, termasuk Libanon dan Suriah. (MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Ahad, 14/07/2024 15:06

Salimah Gelar Temu Mitra di Taiwan