Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.288 views

Iran Kirim 150 Perwira Garda Revolusi untuk Bantu Rezim Bashar Al-Assad

IRAN (voa-islam.com) - Republik Syi'ah Iran tengah mengintensifkan dukungannya terhadap rezim Bashar al-Assad, yang memiliki ideologi yang sama dan merupakan sekutu dekat Iran, dengan mengirimkan 150 komandan senior Garda Revolusi ke Suriah untuk membantu memukul mundur upaya oposisi untuk menggulingkan pemerintah Suriah.

Para pejabat intelijen Barat mengatakan bahwa Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, secara pribadi telah menyetujui pengiriman para perwira berpengalaman untuk memastikan bahwa rezim Assad, sekutu regional Iran yang paling penting, bertahan dari ancaman terhadap kelangsungan hidupnya.

Selain itu, Iran juga telah dikirimkan ratusan ton peralatan militer, termasuk senjata, roket, dan mortir, ke Suriah melalui koridor udara biasa yang telah ditetapkan antara Damaskus dan Teheran.

Para pejabat intelijen percaya bahwa dukungan Iran yang meningkat telah bertanggung jawab untuk efektivitas taktik yang tumbuh dari rezim Assad dalam memaksa kelompok pemberontak anti-pemerintah untuk defensif.

Dalam beberapa pekan terakhir, pasukan pro-Assad telah merebut kendali serangan dengan meluncurkan serangkaian serangan yang terkoordinasi dengan baik terhadap kubu pertahanan pemberontak di Damaskus dan Aleppo.

Operasi Iran untuk mendukung Presiden Assad didalangi oleh Qassem Suleimani, kepala pasukan Pengawal Quds 'yang bertanggung jawab untuk mengawasi operasi di luar negeri Iran. Keputusan untuk meningkatkan dukungan Iran untuk Suriah diambil setelah menteri pertahanan Suriah dan kakak ipar Assad tewas dalam serangan bom jibaku di markas keamanan nasional Suriah pada bulan Juli, bersama-sama dengan sejumlah pejabat senior pertahanan.

Para perwira Pengawal Revolusi diterbangkan ke Damaskus dalam pesawat Iran carteran yang diberi izin untuk terbang melalui wilayah udara Irak. Peralatan militer Iran dikatakan telah dikirim ke Suriah dengan rute yang sama.

Kelompok oposisi Iran juga mengklaim bahwa beberapa dari 48 warga Iran yang disandera oleh pemberontak Suriah bulan lalu adalah bagian dari detasemen Garda Revolusi berkekuatan 150 perwira yang dikirim untuk mendukung rezim Assad.

Seorang juru bicara untuk Dewan Nasional Perlawanan di Iran (NCRI) mengklaim bahwa para warga Iran yang sedang ditahan oleh kelompok-kelompok oposisi Suriah itu termasuk beberapa brigadir jenderal-dan sejumlah kolonel yang memiliki pengalaman bertahun-tahun bertugas di Garda Revolusi.

"Iran telah mengambil keputusan strategis untuk memperdalam keterlibatannya dalam krisis Suriah," kata seorang pejabat keamanan senior Barat. "Iran sangat membutuhkan sekutu regional paling penting mereka untuk bertahan dari krisis saat ini."

Pada hari Kamis, pemboman tentara Suriah dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 20 orang di daerah selatan Damaskus yang menampung komunitas besar warga Palestina. Loyalis Assad telah menuduh pengungsi Palestina yang tinggal di ibukota berpihak pada pemberontak, dan telah membalas dengan melancarkan serangan berulang-ulang terhadap kamp pengungsi Yarmouk.

Dukungan Iran untuk pasukan pro-rezim di Suriah, terutama pasokan senjata dan amunisi, membuat kontribusi penting untuk perlawanan balik rezim terhadap pasukan pemberontak, yang hanya beberapa pekan lalu mengancam akan menyerbu ibukota Suriah. Posisi Teheran saat ini telah didorong oleh kekhawatiran akan berkurangnya cengkaraman Syi'ah di negara Timur Tengah tersebut dimana saat ini merupakan penguasa pemerintahan Suriah, juga kekhawatiran bahwa perubahan pemerintahan di Damaskus bisa membahayakan dukungan Iran untuk Hizbullah, milisi Syiah militan yang didukung negara itu di Lebanon.

Di bawah rezim Assad Damaskus telah memungkinkan Iran untuk mengirimkan pasokan senjata dan peralatan secara reguler ke Lebanon selatan untuk memungkinkan Hizbullah untuk mempertahankan sikap agresif terhadap Israel. Para pemimpin Iran takut bahwa setiap perubahan rezim di Suriah mungkin akan memotong jalur suplai. Para pejabat intelijen percaya bahwa banyak dari komandan Iran yang dikirim ke Suriah memiliki pengalaman sebelumnya bekerja di Lebanon dengan kelompok militan Syi'ah Hizbullah. (by/tlgrp)

Foto: AFP

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 20/05/2024 04:46

Kelaparan Melanda, Kapitalisme Biangnya