Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.564 views

Syirik Dosa Terbesar; Inilah 7 Alasannya!

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Al-Syirku (اَلشِّرْكُ) secara bahasa bermakna menjadikan sekutu. Maksudnya menjadikan seseorang sekutu bagi selainnya.

Adapun definisi syar’i adalah menjadikan sekutu dan tandingan bersama Allah ‘Azza wa Jalla dalam rububiyah, ibadah, atau penetapan nama dan sifat.

Adapula yang mendefinisikan: menyamakan selain Allah dengan Allah dalam perkara yang menjadi kekhususan bagi Allah. Maksudnya dalam rububiyah, uluhiyah, atau asma’ wa shifat.

Menurut Syaikh Shalih al-Fauzan, syirik banyak terjadi dalam uluhiyah (ubudiyah). Bentuknya, seseorang berdoa kepada Allah dan juga kepada selain-Nya, atau seseorang memberikan satu macam ibadah kepada Allah juga selain-Nya: seperti menyembelih, nadzar, rasa takut, berharap, dan mencintai.

Syirik menjadi dosa paling besar terhadap Allah Subahanahu wa Ta'ala karena beberapa sebab berikut ini:

Pertama, syirik menyerupakan makhluk dengan khalik (pencipta) dalam kekhususan uluhiyah. Siapa menyekutukan Allah dengan seseorang sungguh ia telah menyerupakan orang itu dengan Allah. Inilah kedzaliman yang paling besar.

Allah Subahanahu wa Ta'ala berfirman,

إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar.” (QS. Luqman: 13)

Dzalim adalah meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya. Siapa beribadah kepada selain Allah berarti ia telah meletakkan ibadah bukan pada tempatnya dan memberikannya kepada orang yang tak berhak menerimanya. Itulah bentuk kedzaliman yang paling besar.  

Berbuat syirik berarti berbuat kurang ajar terhadap Allah 'Azza wa Jalla. Bagaimana tidak, makhluk yang lemah, senantiasa butuh kepada rizki Allah, tidak kuasa atas hidup dan matinya sendiri disamakan dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala sang pencipta semua makhluk, pemberi rizki, menghidupkan dan mematikan mereka, dan Maha kuasa atas segala sesuatu.

Seorang musyrik menyamakan sesuatu yang tidak memiliki kekuasaan atas apapun jua dengan Dzat yang semua urusan berada ditangan-Nya. Menyamakan orang fakir dari segala sisi dengan Dzat yang Mahakaya dari berbagai sisi. Menyamakan yang tidak memberikan rizki sedikitpun dengan Dzat yang telah menciptakan apa yang menjadi rizki bagi manusia dan menganugerahkan semua itu kepadanya. Maka adakah kezaliman yang lebih dahsyat dari ini?

Kedua, Allah telah mengabarkan bahwa Dia tidak akan mengampuni dosa-dosa pelaku kesyirikan (musyrik) kecuali ia bertaubat darinya.

Allah Subahanahu wa Ta'ala berfirman,

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (QS. Al-Nisa': 48)

[Baca: Inilah Maksud Dosa Syirik yang Tak Terampuni]

Ketiga, Allah mengabarkan bahwa Dia telah haramkan surga bagi seorang musyrik sehingga ia akan kekal di neraka jahanam selama-lamanya.

إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

"Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun." (QS. Al-Maidah: 72)

Keempat, perbuatan syirik menghapuskan seluruh amal shalih yang telah dikerjakan pelakunya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

"Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi." (QS. Al-Zumar: 65)

وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Dan kalau mereka berbuat syirik pasti terhapus apa saja yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am: 88)

Kelima, seorang musyrik telah halal darah dan hartanya. Maksudnya, karena sebab kesyirikan tersebut maka darahnya halal ditumpahkan dan hartanya disita.

فَاقْتُلُوا الْمُشْرِكِينَ حَيْثُ وَجَدْتُمُوهُمْ وَخُذُوهُمْ وَاحْصُرُوهُمْ وَاقْعُدُوا لَهُمْ كُلَّ مَرْصَدٍ

Maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka.Kepunglah mereka dan intailah di tempat pengintaian.” (QS. Al-Taubah: 5)

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, ”Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka mengucapkan Laa Ilaaha Illallaah, apabila mereka mengucapkannya terlindungi olehku darah dan harta mereka kecuali dengan haknya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Keenam, Syirik adalah dosa besar yang paling besar. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam,

ألا أنبئكم بأكبر الكبائر ؟

Maukah aku beri tahu kalian tentang dosa besar paling besar?

Kami menjawab: mau wahai Rasulullah.  Beliau bersabda,

الإشراك بالله، وعقوق الوالدين

Menyekutukan Allah dan durhaka ke kedua orang tua.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Ketujuh, syirik adalah bentuk mengurangi dan menganggap cacat pada kesucian Allah. Secara tidak langsung ini adalah bentuk penentangan terhadap Allah, di mana Allah telah tetapkan kesucian dan ksempurnaan atas dirinya.

[Baca: Doa Berlindung dari Kesyirikan]

Penutup

Syaikh al-Sa’di menjelaskan hakikat syirik, perbuatan syirik berarti menyembah makhluk sebagaimana menyembah Allah, mengagungkan makhluk sebagaimana mengagungkan Allah, dan memberika bagian ibadah yang menjadi kekhususan rububiyah dan uluhiyah Allah kepada makhluk tadi. (Taisir al-Kariim al-Rahmaan: 2/499) Sehingga pantaslah syirik menempati dosa besar yang paling besar.

Semoga Allah melindungi kita dari kesyirikan yang kita sadari dan mengampuni kita dari dosa syirik yang tidak kita ketahui. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 10/07/2024 06:15

Serba-Serbi Ipar adalah Maut