Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
24.364 views

Ucapan Terakhir Laa Ilaaha Ilaaha Illallah Pasti Masuk Surga

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Beruntunglah orang yang mengenal Allah bahwa Dia tuhan yang berhak diibadahi kecuali hanya Dia semata. Inilah nikmat teragung yang Allah anugerahkan kepada hamba-Nya.

Sufyan bin Uyainah rahimahullah berkata,

ما أنعم الله على عبد من العباد نعمة أعظم من أن عرَّفهم "لا إله إلا الله

Tidaklah Allah memberikan nikmat kepada seorang hamba dari para hamba-Nya yang lebih agung daripada Dia kenalkan kepadanya Laa Ilaaha Illallaah (Tiada tuhan selain Allah).” (Kalimat Ikhlash, Ibnu Rajab: 52)

Adapun seseorang yang meninggal dunia dalam kondisi mengenal tauhid maka ia akan masuk surga.

Dari Utsman Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersadba,

مَنْ مَاتَ وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Siapa meninggal dunia sementara dia mengetahu bahwa tiada tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah pasti masuk surga.” (HR. Muslim)

Dalam haidts lain,

مَا مِنْ عَبْدٍ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ثُم مَاتَ عَلَى ذَلِكَ إِلَّا دَخَلَ الْجَنة

Tidaklah seorang hamba mengucapkan Laa Illa Illallah kemudian ia meninggal dunia di atas ucapan itu kecuali pasti masuk surga.” (HR. Al-Bukhari dari Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhu)

Dari Mu’ad bin Jabal Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Barangsiapa yang ucapan terakhirnya Laa Ilaaha Illallaah pasti masuk surga.” (HR. Abu Dawud, dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Miyhkah al-Mashabiih: 1/509)

Dalam hadits ini, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menerangkan keutamaan kalimat tauhid “لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ”. Bahwa siapa yang akhir ucapannya di dunia ini adalah لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُmaka ia akan masuk surga.

Dianjurkanbagi seseorang untuk menjadikan kalimat ini sebagai ucapan terakhirnya saat mengalami kondisi genting yang ‘berujung’ kematian -semisal para penumpang Lion Air JT 610 saat detik-detik jatuhnya pesawat-. Juga pada tempat-tempat yang dikhawatirkan dirinya akan meninggal seperti saat akan tidur.

Jangan dipahami bahwa kalimat ini pasti menetralkan seluruh kedzalimannya; baik kepada dirinya (maksiat-maksiatnya) atau kepada orang lain. Bahwa orang meninggal dengan membawa kalimat ini pasti akan masuk surga setelah diputuskan urusan di antara hamba dan setelah dibayarkan hak-hak orang yang didzalimi.

Karenanya seorang muslim dianjurkan untuk menjaga ucapan lisannya dari ucapan batil. Lisannya dibiasakan mengucapkan kalimat yang baik. Demikian pula perbuatannya; berusaha melakukan perbuatan baik dan menjauhi perbuatan buruk.  Di antaranya senantiasa berdzikir dengan kalimat ini sehingga Allah memberi taufiq kepadanya untuk mengucapkan kalimat ini saat wafatnya.

Al-‘Allamah al-Shan’ani rahimahullah berkata,

ولا يوفق لقولها إلا من كانت أعماله صالحة من قبل ذلك

Tidak akan mendapat taufiq untuk mengucapkannya (Laa Ilaaha Illallaah) kecuali orang yang perbuatannya adalah amal-amal shalih sebelum itu.” (Syarh al-Jaami’ al-Shaghiir: 10/367)

[Baca: Kalimat Dzikir Paling Utama ''Laa Ilaaha Illallaah'']

Anjuran Mentalqin dengan لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ

Dianjurkan mentalqin orang yang akan meninggal dengan ucapan لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ agar kalimat ini menjadi kalimat terakhir yang diucapkannya. Dengan sebab ini ia akan mendapatkan keberuntungan besar dan kabar gembira yang agung ini.

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

لَقِّنُوا مَوْتَاكُمْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ

“Talqinlah orang meninggalkan kalian dengan Laa Ilaaha Illallaah.” (HR. Muslim)

Syaikh al-Albani rahimahullah berkata,

والمراد بـ (موتاكم) من حضره الموت، لأنه لا يزال في دار التكليف، ومن الممكن أن يستفيد من تلقينه فيتذكر الشهادة ويقولها، فيكون من أهل الجنة

Maksud (مَوْتَاكُمْ) adalah orang yang akan meninggal dunia, karena ia masih berada dalam masa taklif. Mungkin saja ia mengambil manfaat dari talqinnya itu sehingga ia teringat syahadat dan mengucapkannya sehingga ia manjadi penghuni surga.” (Silsilah al-Ahadits al-Shahihah: 1/838)

Imam al-Anawawi RA, berkata:

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ وَالْأَمْرُ بِهَذَا التَّلْقِينِ أَمْرُ نَدْبٍ وَأَجْمَعَ الْعُلَمَاءُ عَلَى هَذَا التَّلْقِينِ وَكَرِهُوا الْإِكْثَارَ عَلَيْهِ وَالْمُوَالَاةَ لِئَلَّا يَضْجَرَ بِضِيقِ حَالِهِ وَشِدَّةِ كَرْبِهِ فَيَكْرَهُ ذَلِكَ بِقَلْبِهِ وَيَتَكَلَّمُ بِمَا لَا يَلِيقُ قَالُوا وَإِذَا قَالَهُ مَرَّةً لَا يُكَرِّرُ عَلَيْهِ إِلَّا أَنْ يَتَكَلَّمَ بَعْدَهُ بِكَلَامٍ آخَرَ فَيُعَادُ التَّعْرِيضُ بِهِ لِيَكُونَ آخِرَ كَلَامِهِ

“Siapa yang akhir ucapannya Laa Ilaaha Illallaah pasti masuk surga. Perintah talqin ini adalah perintah Sunnah. Para ulama berijma’ atas talqin ini. Mereka tidak menyukai untuk menambah banyak kalimat talqin dan berulang-ulang agar tidak memberatkan dirinya yang dalam kondisi sulit dan rasa sakitnya yang sangat berat sehingga hatinya tidak menyukai talqin itu dan berucap dengan ucapan yang tidak layak. Mereka berkata: apabila ia mengucapkannya sekali maka tidak diulang-ulang padanya kecuali ia berbicara dengan ucapan lain sehingga diulangi talqin sehingga ucapan itu menjadi akhir ucapannya.” (Syarh Nawawi ‘Ala Muslim: 6/219)

JIka ia seorang muslim maka cukup ditalqin dengan ucapan Laa Ilaaha Illallaah tanpa menambahkan syahadat Muhammad Rasulullaah. Berbeda jika ia orang kafir, maka harus dengan ucapan syahadat yang sempurna.

Bagi yang masuk Islam dengan mengucapkan syahadat tauhid lalu meninggal dunia saat itu juga, padahal belum beramal shalih sedikitpun selain syahadat tadi, maka ia berhak masuk surga.

[Baca: Benci Kalimat Tauhid Batalkan Iman]

Sesungguhnya surga itu disediakan bagi orang-orang yang bertauhid. Siapa yang meninggal tanpa membawa tauhid maka tidak ada tempat baginya di surga, sebanyak apapun amal baiknya. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Bermodal kaki palsu Abu Rahman keliling Kota Solo menjajakan minuman 'es kapal' untuk menafkahi keluarga. Kini ia tak bisa bekerja lagi karena kaki palsunya jebol tak bisa diperbaiki.Ayo Bantu.!!...

Latest News
Bentrokan Meningkat Di Marib Antara Pasukan Pemerintah Yaman Dan Pemberontak Syi'ah Houtsi

Bentrokan Meningkat Di Marib Antara Pasukan Pemerintah Yaman Dan Pemberontak Syi'ah Houtsi

Ahad, 28 Feb 2021 22:36

10 Demonstran Anti-Kudeta Tewas Oleh Tindakan Keras Pasukan Keamanan di Beberapa Kota Myanmar

10 Demonstran Anti-Kudeta Tewas Oleh Tindakan Keras Pasukan Keamanan di Beberapa Kota Myanmar

Ahad, 28 Feb 2021 21:06

PKS Tolak Perpres Terkait Penanaman Modal untuk Industri Minuman Keras

PKS Tolak Perpres Terkait Penanaman Modal untuk Industri Minuman Keras

Ahad, 28 Feb 2021 18:52

Workshop Jurnalistik Wahdah Islamiyah

Workshop Jurnalistik Wahdah Islamiyah

Ahad, 28 Feb 2021 18:20

Waketum Persis: Minuman Keras adalah Induk Segala Kejahatan

Waketum Persis: Minuman Keras adalah Induk Segala Kejahatan

Ahad, 28 Feb 2021 18:18

Kelompok Ham: Inggris Berisiko Ciptakan 'Guantanamo Baru' Di Suriah

Kelompok Ham: Inggris Berisiko Ciptakan 'Guantanamo Baru' Di Suriah

Ahad, 28 Feb 2021 16:45

Mantan Perdana Menteri Maroko Sebut Musim Semi Arab Belum Berakhir

Mantan Perdana Menteri Maroko Sebut Musim Semi Arab Belum Berakhir

Ahad, 28 Feb 2021 15:48

Buzzer Mendengung Membuat Bising Aceh

Buzzer Mendengung Membuat Bising Aceh

Ahad, 28 Feb 2021 10:52

Tatkala Ibadah Umroh Dinistakan

Tatkala Ibadah Umroh Dinistakan

Ahad, 28 Feb 2021 10:48

Tolak Dibukanya Investasi Miras, Almuzzammil Yusuf: Membahayakan Masa Depan Generasi Bangsa!

Tolak Dibukanya Investasi Miras, Almuzzammil Yusuf: Membahayakan Masa Depan Generasi Bangsa!

Ahad, 28 Feb 2021 10:18

Al-Qaidah Tunjuk Mantan Pasukan Khusus Mesir Sebagai Amir Baru Gantikan Syaikh Al-Zawahiri

Al-Qaidah Tunjuk Mantan Pasukan Khusus Mesir Sebagai Amir Baru Gantikan Syaikh Al-Zawahiri

Sabtu, 27 Feb 2021 21:22

Turki Dan AS Berbagi Data Dari Sistem Pertahanan Udara Pantsir Rusia Yang Disita Di Libya

Turki Dan AS Berbagi Data Dari Sistem Pertahanan Udara Pantsir Rusia Yang Disita Di Libya

Sabtu, 27 Feb 2021 21:05

Generasi Milenial Terancam Learning Loss, Adakah Solusi?

Generasi Milenial Terancam Learning Loss, Adakah Solusi?

Sabtu, 27 Feb 2021 20:56

Waspada, Hindarkan Anak dari Paham Sekuler

Waspada, Hindarkan Anak dari Paham Sekuler

Sabtu, 27 Feb 2021 20:47

Menyoal Modifikasi Kurikulum SMK

Menyoal Modifikasi Kurikulum SMK

Sabtu, 27 Feb 2021 20:38

Regenerasi Kepemimpinan, Forum Jurnalis Muslim Akan Gelar Munas II

Regenerasi Kepemimpinan, Forum Jurnalis Muslim Akan Gelar Munas II

Sabtu, 27 Feb 2021 18:53

Israel Larang Muslim Kumandangkan Adzan Di Masjid Ibrahimi Hebron

Israel Larang Muslim Kumandangkan Adzan Di Masjid Ibrahimi Hebron

Sabtu, 27 Feb 2021 15:15

Intelijen AS Sebut Putra Mahkota Saudi MBS Setujui Operasi Pembunuhan Khashoggi

Intelijen AS Sebut Putra Mahkota Saudi MBS Setujui Operasi Pembunuhan Khashoggi

Sabtu, 27 Feb 2021 13:42

Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-350)

Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-350)

Sabtu, 27 Feb 2021 10:30

Quranic Quantum Food: Tips Jadikan masakan sehat & Anti Sihir

Quranic Quantum Food: Tips Jadikan masakan sehat & Anti Sihir

Sabtu, 27 Feb 2021 10:29


MUI

Must Read!
X