Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.328 views

Toleransi Salah Kaprah

Oleh: M Rizal Fadillah

Setara Institute yang didirikan tokoh "kiri" Hendardi seperti biasa merilis 94 kota paling toleran dan paling intoleran. Tahun 2017 DKI ditempatkan paling intoleran disusul Banda Aceh.

Pada tahun ini Sabang disusul Medan. Lalu yang kota paling toleran 2017 Manado lalu Pematang Siantar. Tahun 2018 yang paling toleran Singkawang disusul Salatiga. Salah satu indikator penilaian soal kebebasan beragama dan keyakinan.

Sangat jelas misi dibalik penelitian. Lihat hasil kota paling intoleran dulu DKI Jalarta sekarang Sabang. Basis muslim. Sedang paling toleran dulu Manado sekarang Singkawang. Basis non muslim. Kita tak perlu percaya pada hasil penelitian ini, tapi rilis telah membangun pencitraan bahkan bisa penyesatan. Domain keagamaan menjadi dasar toleransi.

Kementrian Hukum dan Ham Jawa Barat dalam rangka memperingati hari HAM menyelenggarakan di SMA/SMK/Aliyah "Apel Pagi Serentak" dengan tema "Jawa Barat Tolak Intoleransi".

Pejabat Kemenhukham menjadi Pembina Upacara dan Nara Sumber. Di samping hal ini merupakan intervensi ke lembaga sekolah di bawah Kemendikbud, juga tema yang diangkat asumtif dan tendensius. Selalu sikap intoleran dikaitkan dengan masalah keagamaan yang dihubungkan dengan HAM. Kelompok muslim sering jadi tertuduh.

Salah kaprah dalam masalah toleransi keagamaan dan keyakinan ini, antara lain.

Pertama, memaknai HAM dengan kebebasan sebebas bebasnya, setara dengan setara setaranya. Harusnya ada proporsi yang ditimbang atau ada 'kewajiban' yang melekat, termasuk penghargaan pada mayoritas.

Kedua, membuat parameter salah HAM dengan perspektif barat yang "bebas nilai", seharusnya HAM dalam parameter ideologi Pancasila yang "sarat nilai". Dengan parameter ideologi maka kapitalisme, sex bebas, gay dan lesbian, bukan obyek perlindungan HAM.

Ketiga, toleransi harus dimaknai saling memahami prinsip keyakinan masing masing, bukan memaksakan "saling memasuki". Muslim yang mengucapkan selamat Natal pada umat lain atau sebaliknya, bukan wujud dari toleransi.

Keempat, menghambat pendirian rumah ibadah di lingkungan mayoritas penganut agama lain, sesuai aturan yang ada, bukan sikap intoleran. Tapi membangun kerukunan yang hakiki.

Kelima, atas dasar HAM semua faham boleh berkembang. Keimanan dan kestabilan negara dapat terancam bila demikian. Karenanya melarang dan mencegah faham komunisme dan kesesatan dalam beragama seperti "The Children of God", Ahmadiyah dan Syi'ah bukanlah sikap intoleran. Justru menegakkan HAM.

Keenam kenaifan luar biasa jika menyamakan prinsip da'wah yaitu amar ma'ruf nahi munkar dengan sikap intoleran. Tidak mungkin ada toleransi pada kemaksiatan, kedurhakaan, penistaan agama, ataupun menyebarkan faham sesat. Da'wah itu tidak lain untuk membangun kekuatan masyarakat dan negara. Segala yang merusak tatanan harus dicegah. Tak boleh dan tak bisa berlindung di HAM apalagi ditoleransi.

Memang saat ini masif sekali upaya merusak makna toleransi. Bisa tendensius seperti penelitian Setara Institute atau program Kemenhuk&ham. Tapi begitulah jika basis moral berbangsa dan bernegara sudah goyah dan tergerus. Pemimpin yang hanya memikirkan jabatan. Pancasila hanya slogan. Makna dan pengamalan yang jauh menyimpang.

Intoleran, radikal, anti kebhinekaan menjadi tudingan dan stigma. Umat Islam selalu jadi sasaran. Toleransi salah kaprah. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X