Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.986 views

Miras Holywings di Negeri Muslim Mayoritas

 

Oleh: Tita Rahayu Sulaeman

Umat Islam tengah dibuat geram oleh penjual miras. Holywings, sebuah bar di wilayah jakarta yang menjual miras membuat promo memberikan gratis satu botol minuman beralkohol bagi pemilik nama Muhammad dan Maria. Buntut kejadian ini, outlet Holywings di beberapa kota didatangi sejumlah masa untuk melayangkan protes. Sementara di sosial media, tagar #TutupHolywings mencuat. Umat Islam menuntut Holywings tutup permanen.

Polisi telah menetapkan enam orang tersangka terkait promosi Holywings. Enam orang ini merupakan pihak-pihak yang bertanggung jawab atas promosi menggratiskan minuman beralkohol pada pemilik nama Muhammad dan Maria (republika.co.id 27/06/2022).

Perusahaan Holywings Indonesia meminta maaf atas kejadian ini. Hotman Paris Hutapea sebagai investor mengatakan ini sebuah kekhilafan oknum perorangan. Ia mengingatkan bahwa ada 3000 orang lainnya yang bekerja di Holywings Indonesia. Mereka akan terdampak jika Holywings ditutup. Sebanyak 2850 orang karyawannya beragama Islam. Ia mempertegas bahwa konten promosi adalah sebuah kekhilafan (republika.co.id 28/06/2022).

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang mulia bagi umat Islam. Maka wajar umat Islam merasa marah ketika nama nabi Muhammad SAW disandingkan dengan minuman beralkohol. Jika ini adalah sebuah Teknik marketing maka sungguh Teknik marketing yang amat hina. Mereka berharap mendatangkan uang dengan melakukan penistaan. Keberadaan tempat-tempat yang menjual minuman beralkohol bagi umat Islam sudah sangat mengganggu. Ditambah lagi dengan tindakan penistaan. Maka tak heran bila sampai ada tuntutan untuk ditutup permanen.

Akibat Sekulerisme, Demokrasi dan Kapitalisme

Sebelum kasus penistaan yang dilakukan perusahaan penjual miras ini mencuat, sebetulnya masyarakat sudah cukup khawatir dengan peredaran Miras. Kedai minuman, kafe maupun toko-toko tertentu diperbolehkan menjual barang haram tersebut dengan dalih telah berizin. Penggerebekan dilakukan oleh aparat hukum hanya dilakukan pada miras level oplosan. Sementara gedung yang memproduksi maupun menjual miras tetap berdiri kokoh. 

Inilah yang terjadi ketika syariat Islam disingkirkan dari kehidupan dan bernegara. Manusia merasa memiliki kebebasan membuat aturannya sendiri. Padahal aturan-aturan dibuat hanya untuk kepentingan golongan tertentu yang membawa pada kerusakan umat manusia. Keserakahan manusia juga telah membutakannya dari batasan halal-haram yang telah Allah SWT tetapkan. Selama mendatangkan materi, tak masalah bila tidak sesuai aturan agama.  

Sistem Demokrasi sejatinya tak pernah berpihak pada penegakan syariat. Terutama bagi aturan-aturan Islam yang bersinggungan dengan para pemilik modal. Sistem pemerintahan Demokrasi telah meletakan kedaulatan pada manusia. Maka ayat-ayat suci bukanlah standar bagi penguasa untuk menentukan kebijakannya. 

Selain Aturan Islam, Hanya Membawa Pada Kerusakan

Allah telah menetapkan bahwa khamr atau minuman keras adalah haram. Di dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah telah Allah sampaikan. 

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkurban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu dengan khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).” [Al-Maa-idah : 90-91]

Rasulullah SAW juga melaknat sepuluh orang yang terlibat dalam khamr. Dari Anas bin Malik, dia berkata;

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat sepuluh golongan dengan sebab khamr: orang yang memerasnya, orang yang minta diperaskan, orang yang meminumnya, orang yang membawanya, orang yang minta di antarkan, orang yang menuangkannya, orang yang menjualnya, orang yang makan hasil penjualannya, orang yang membelinya, dan orang yang minta dibelikan. [HR. Tirmidzi, no. 1295; Syaikh al-Albani menilai hadits ini Hasan Shahîh”]. 

Manusia yang memiliki akal, pasti mampu menilai bahwa minuman keras adalah sesuatu yang buruk, merusak kesehatan juga akal peminumnya. Belum lagi kriminalitas yang ditimbulkannya. Maka aturan Islam hadir untuk menunjukkan keharamannya. Bila pun ada budaya meminum minuman keras, maka sudah sepatutnyalah budaya yang tunduk pada syariat. Itulah yang terjadi di masa Rasulullah dahulu. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X