Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
26.674 views

Allah Bersama Hamba yang Selalu Berdzikir

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan 80 an faidah dzikir kepada Allah dalam kitabnya “al-Waabil al-Shayyib”. Di antaranya: dzikrullah bisa mengusir syetan, mendatangkan keridhaan Allah dan rahmat-Nya, menghilangkan kegundahan hati, mengisi hati dengan kegembiraan, kebahagiaan, dan kelapangan. Dzikir akan membuat wajah dan hati bercahaya, menjauhkan hati dari kelalaian, dan akan menghapuskan kesalahan-kesalahan. Faidah dzikrullah paling istimewa –menurut Ibnul Qayyim- bahwa orang-orang yang berdzikir kepada Allah akan disebut namanya oleh Allah di kalangan makhluk-makhluk mulia (Malaikat).

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS. Al-Baqarah: 152)

Ibnul Qayyim menyatakan bahwa seandainya keutamaan dzikir hanya ada dalam ayat ini saja maka itu sudah cukup untuk menunjukkan keutamaan dan kemuliaannya.

Selain menyebut nama hamba-hamba yang berdzikir, Allah juga menjanjikan ma'iyah (kebersamaan)-Nya bersama mereka.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: Allah berfirman dalam hadits Qudsi,

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي، وَأَنَا مَعهُ إِذَا ذَكَرَني فَإن ذَكرَني في نَفْسهِ، ذَكَرْتُهُ في نَفسي، وإنْ ذَكَرَني في ملإٍ، ذكَرتُهُ في ملإٍ خَيْرٍ منْهُمْ

Aku sesuai prasangkan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku benar-benar bersamanya apabila ia berdzikir kepada-Ku. Jika dia menyebut namaku dalam dirinya, Aku sebut namanya dalam diriKu. Dan jika sebut namaKu (berdzikir kepada-Ku) dalam satu perkumpulan, Aku sebut namanya dalam perkumpulan makhlluk yang lebih baik dari mereka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam redaksi lain,

أنا مع عبدي ما ذكرني وتحركت بي شفتاه

Aku bersama hamba-Ku selama ia berdzikir kepada-Ku dan kedua bibirnya bergerak menyebut nama-Ku.

Kebersamaan Allah kepada para dzakirin mencakup kebersamaan umum dan khusus. Allah melihat perbuatan hamba, mendengar perkataannya, mengetahui hal ihwalnya, dan meliput seluruh aktifitasnya.

Sedangkan maksud kebersamaan khusus adalah Allah akan menjaganya, menolongnya, meneguhkannya, menunjukinya, dan memberi taufiq kepadanya.

Jika hamba itu memohon ampunan kepada Allah, maka Allah mengampuninya. Jika ia memohon perlindungan maka Allah akan melindunginya. Jika ia meminta sesuatu maka Allah akan memberinya. Jika ia berdoa maka Allah akan kabulkan doanya.

Banyak Berdzikir

Melihat besarnya faidah dzikrullah maka seorang mukmin hendaknya melaziminya. Ia selalu berdzikir dan bersungguh-sungguh merutinkannya. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam senantiasa berdzikir kepada Allah setiap saat.

A’isyah berkata,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُ اللهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ

Adalah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam selalu berdzikir (mengingat Allah) dalam setiap keadaannya.” (HR. Muslim)

Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan untuk banyak berdzikir kepada-Nya dan memuji para pelakunya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًاوَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allâh, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 41-42)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu bertemu pasukan (musuh), maka berteguh hatilah dan sebutlah (nama) Allâh banyak-banyak (berzikir dan berdo’a) agar kamu beruntung.” (QS. Al-Anfal: 45)

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS. Al-Jum'ah: 10)

Allah menjanjikan untuk orang-orang yang banyak berdzikir kepada Allah akan mendapatkan ampunan dan pahala yang besar.

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ -إلى أن قال سبحانه- وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, -sampai ke firman Allah - laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 35)

[Baca: Terkubur 8 Hari di Penambangan, Pak Mursalin Selamat Karena Banyak Dzikir]

Seseorang tidak terkategori sebagai orang-orang yang banyak berdzikir kepada Allah kecuali ia senantiasa mengingat Allah dalam hatinya, lisannya, dan anggota tubuhnya.

Pertama, dzikir hati itu dengan mengagungkan Allah dan takut kepada-Nya, berbaik sangka kepada Allah dan berharap semua kebaikan kepada-Nya, dan mengikhlaskan amal hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala semata.

Jika hati sudah demikian maka lisan akan senantiasa membaca tasbih (subhanallah), tahmid (Al-Hamdulillah), tahlil (Laa Ilaaha Illallaah), takbir (Allahu Akbar), Hauqolah (Laa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaah).

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, “kalimat yang  paling disuka Allah ada 4: Subhanallah, Al-Hamdulillah, La Ilaaha Illallaah, Allahu Akbar.

[Baca: Keutamaan Zikir Tasbih dan Tahmid]

Ketiga, berdzikir dengan anggota badan, yaitu dengan melaksanakan amal-amal fardhu dan meninggalkan keharaman, mengerjakan yang sunnah dan meninggalkan yang makrudh, berdakwah, amar ma’ruf nahi munkar, berjihad di jalan Allah, bersedekah, membantu orang, dan amal-amal sholeh lainnya.

Siapa yang banyak berdzikir kepada Allah maka dzikir itu akan menggerakkan hatinya kepada ketaatan dan meninggalkan maksiat. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memberi taufik kepada kita untuk senantiasa berdzikir kepada-Nya. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Daily Doa lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X