Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
267.509 views

Pasca Gempa, 22 Meninggal, Telekomunikasi di Aceh Kondusif


 
Korban gempa Aceh (foto: reuter)
 

Rabu, 03 Juli 2013

Hidayatullah.com--Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S. Dewa Broto, membenarkan komunikasi telekomunikasi di Aceh pasca gempa sempat terganggu.

Namun ia menerangkan gangguan itu tidak sampai terputus total, dan tidak ada kerusakan infrastruktur telekomunikasi yang berarti.

"Adanya gangguan komunikasi semata-mata hanya karena sempat terjadinya kelangkaan suplai catu daya listrik yang berada tidak jauh dari lokasi gempa bumi. Namun dapat di-backup dengan penggunaan genset dan baterai yang tersedia," terang Gatot kepada hidayatullah.com, Rabu (03/07/2013).

Gatot mengatakan Kementerian Kominfo sejak semalam dan hingga kini terus mendorong ORARI dan RAPI di Aceh dan sekitarnya, khususnya untuk mengatasi masalah komunikasi di daerah-daerah terpencil yang belum tersentuh fasilitas telekomunikasi.

"Kementerian Kominfo terus melakukan monitoring dan koordinasi dengan para komunitas telekomunikasi terhadap komunikasi," ujarnya.

Hingga kini Gatot mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi secara cepat dengan para komunitas telekomunikasi.

Berdasarkan laporan terkini yang diterima pihaknya, diketahui pada interval 10 menit setelah terjadinya gempa bumi hingga sekitar 2 jam berikutnya (jam 16.37 WIB) telah terjadi lonjakan trafik telekomunikasi yang cukup tinggi baik yang incoming maupun outgoing.

Hal itu, kata Gatot, sangat dimungkinkan baik karena komunikasi antar keluarga, koordinasi antar instansi, kootrdinasi lintas internal media dan berbagai komunikasi lainnya.

22 Meninggal

Sebagaimana diketahui, pada Selasa (02/07/2013) kemarin terjadi musibah gempa bumi yang berkekuatan 6,2 SR terjadi pada jam 14.37 WIB berpusat di Bener Meriah.

Setelah itu ada gempa susulan berkekuatan 5,5 SR itu berpusat di daerah yang berada sekitar 27 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Bener Meriah, tetangga Aceh Tengah. Pusat gempa berada di kedalaman 10 KM.

Kepala BNPB Syamsul Maarif telah melaporkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai perkembangan dan upaya penanganan gempa berkekuatan 6,2 skala Richter di Aceh.

Data sementara menunjukkan gempa tersebut menyebabkan 22 orang meninggal dunia, 210 orang luka-luka, dan ribuan bangunan dan rumah rusak.

Berdasarkan laporan dari BPBA Aceh Tengah terdapat 10 orang meninggal dan 140 orang luka-luka dan dirawat di RSUD. Bangunan yang meliputi rumah, masjid, meunasah, dan kantor pemerintah mengalami kerusakan.

Diperkirakan 1.500 unit bangunan lainnya mengalami kerusakan. Beberapa ruas jalan longsor. Pengungsian tersebar di 10 titik.*

Rep: Ainuddin Chalik
Red: Cholis Akbar

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X