Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.205 views

Tata Cara Haji Sesuai Sunah (4)

* Kemudian jamaah haji menuju ke Shafa, disunahkan apabila telah mendekat membaca firman Allah Ta’alaa :

8
 { إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوْ اعْتَمَرَ فَلا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْراً فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ  } 20.

Lalu mengucapkan : ( نبدأ بما بدأ الله به )( Nabda’u bimaa badaallahu bihi)

Artinya : (( Kami mulai dengan apa yang Allah mulai ))

Kemudian disunahkan untuk mendaki bukit Shafa lalu menghadap Kiblat dan mengangkat kedua tangannya [seperti gambar 5], dan mengucapkan dengan suara jahar :


 ( الله أكبر الله أكبر الله أكبر ، لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير ، لا إله إلا الله وحده ، أنجز وعده ، ونصر عبده ، وهزم الأحزاب وحده )

( Allahu akbar Allahu Akbar Allahu Akbar, Laa ilaaha illa Llah wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qadiir, laa ilaaha illa LLah wahdahu, anjaza wa’dahu, wa nashoro ‘abdahu, wa hazamal ahzaaba wahdahu )

Kemudian berdoa dengan suara pelan dengan doa yang diinginkan, kemudian mengulangi dzikir yang sebelumnya, kemudian berdoa untuk kedua kalinya kemudian mengulangi dzikir yang sebelumnya untuk ketiga kalinya dan tidak berdoa lagi sesudahnya (HR Imam Muslim).

*Kemudian turun dan berjalan ke bukit Marwah, disunahkan untuk berjalan cepat diantara dua bendera hijau yang ada ditempat sya’ie, apabila telah sampai Marwah disunahkan untuk mendakinya dan melakukan seperti yang dilakukan  di Shafa yaitu menghadap Kiblat, mengangkat kedua tangan, berdzikir, dan berdoa seperti sebelumnya, demikianlah dilakukan pada setiap kali putaran.

Adapun pada akhir putaran ketujuh dari ibadah Sya’ie tidak dilakukan seperti sebelumnya.

*Tidak ada dzikir khusus ketika Sya’ie, akan tetapi hendaklah setiap jamaah haji berdzikir kepada Allah dan berdoa seperti yang dikehendaki, jika dia membaca Al Quran tidak mengapa.

*Disunahkan dalam keadaan suci ketika melakukan Sya’ie.

*Apabila telah didirikan sholat sedang dia dalam keadaan bersya’ie maka didahulukan sholat berjamaah kemudian baru melanjutkan Sya’ie.

*Kemudian apabila telah selesai melakukan Sya’ie maka jamaah haji mencukur rambut atau memendekkannya, disini memendekkan lebih afdhol dari mencukur, supaya bisa mencukur rambutnya ketika berhaji.

*Hendaklah ketika memendekkan mencakup seluruh bagian kepala, tidak cukup memendekkan rambutnya dari satu sisi saja.

*Wanita tidak wajib mencukur, cukup baginya memendekkan rambut sekedar jari tangan dari setiap kepang atau dari setiap sisi, berdasarkan sabda Rasulullah shallawahu ‘alaihi wasallam :( wanita tidak wajib mencukur, melainkan hanya memendekkan)(Shahih Sunan Abu Dawud no: 1748)

*Kemudian setelah mencukur atau memendekkan rambut selesailah amalan-amalan Umrah, maka jamaah haji bertahallul dari Ihramnya sampai berihram untuk haji pada hari ke 8 Dzul Hijjah).

Apabila telah sampai hari ( ke 8 Dzul Hijjah ) yaitu yang dinamakan Hari At-Tarwiyah maka jamaah haji berIhram untuk haji dari tempatnya dan melakukan dalam Ihramnya untuk haji seperti yang dilakukan ketika berihram untuk Umrah seperti mandi, memakai minyak wangi dan seterusnya, kemudian berangkat ke Mina untuk tinggal disana dan melaksanakan sholat Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan Subuh, setiap sholat pada waktunya namun dengan mengqoshor sholat empat raka’at ( yakni sholat Dhuhur, Ashar, dan Isya’ dua-dua raka’at) 

* Apabila telah terbit matahari keesokan harinya ( tanggal 9 Dzul HIjjah yaitu hari Arafah ) jamaah haji menuju Arafah, disunahkan untuk singgah di Namiroh ( yaitu tempat yang menempel dengan Arafah )[ seperti dalam gambar 6]diam disana sampai tergelincirnya matahari kemudian Imam atau wakilnya berkhutbah  satu kali sesuai dengan keadaan mereka, menjelaskan kepada mereka amalan apa yang disyariatkan kepada para jamaah haji pada hari ini dan sesudahnya, kemudian jamaah haji melaksanakan sholat Dhuhur dan Ashar dengan jama’ dan qoshor diwaktu Dhuhur, kemudian mereka wukuf di Arafah, semua tempat boleh di jadikan tempat wukuf kecuali Bathnu ‘Uronah, berdasarkan sabda Rasulullah shallawahu ‘alaihi wasallam : ( Arafah semuanya tempat wukuf tinggalkanlah oleh kalian Bathnu ‘Uronah )( HR Al Hakim dan dishahihkan oleh Al Arnauth), akan tetapi disunahkan bagi jamaah haji untuk wukuf dibelakang Jabal Arafah dengan menghadap Kiblat [ seperti gambar 7], karena itulah tempat wukuf Nabi shallawahu ‘alaihi wasallam (HR Imam Muslim) , itu jika memungkinkannya.

Dan bersungguh-sungguh dalam dzikir dan doa yang sesuai, diantaranya yang diriwayatkan dalam doanya Nabi shallawahu ‘alaihi wasallam :( ( sebaik-baik doa doa dihari Arafah, dan yang paling afdhol yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah : Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wa yumiit wahuwa ‘alaa kulli syain qadiir ) (HR Imam Turmudzi dan dihasankan Syaikh Albani).

 
At Tarwiyah : disebut demikian karena manusia dahulu  minum sampai kenyang ditempat itu, karena diwaktu itu di Mina tidak ada air .

Bathnu ‘Uronah : yaitu lembah diantara Arafah dan Muzdalifah [seperti dalam gambar 6].

Jabal Arafah : keliru disebut ( Jabal Rahmah) dan tidak memiliki keistimewaan apapun dibanding tempat lain di Arafah, maka tidak patut bermaksud mendakinya atau mencari keberkahan dengan batu-batunya seperti yang dilakukan orang-orang jahil.     

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X