Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.358 views

Menangkis Buku Hujatan Syaikh Idahram terhadap Salafi Wahabi

Jakarta (voa-islam) – Belakangan beredar tiga buku kontroversial yang diterbitkan oleh Pustaka Pesantren berjudul Sejarah Berdarah Sekte Salafai Wahabi, Mereka Memalsukan Kitab-kitab Karya Ulama Klasik, Ulama Sejagad Menggugat Salafi Wahabi. Ketiga buku tersebut dikarang oleh seorang yang mengaku bernama Syaikh Idahram. Isinya penuh dengan caci maki dan gugatan terhadap apa yang disebut dengan Gerakan Salafi Wahabi.

Akibat beredarnya buku Syaikh Idahram itu, sebuah kegiatan pengajian ditutup, karena dituduh Wahabi. Padahal, apa yang disebut dengan Wahabi itu tidak jelas definisinya. Sangat dirasakan, masyarakat awam diadu domba oleh buku fitnah semacam itu.

Di masjid-masjid warga NU juga sering ditemukan spanduk-spanduk yang isinya bertuliskan “Melawan Salafi Wahabi”. Di Jawa Timur, beberapa ormas Islam seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), sudah mengalami tekanan dan resistensi dari oknum-oknum PWNU Jatim.

Inilah akibat fitnah yang ditebarkan, ketika definisi Salafi Wahabi masih terlalu abstrak alias tidak jelas. Dengan kata lain, kriteria-kriteria perihal Salafi Wahabi dilakukan secara sepihak, siapa sesungguhnya yang dimaksud dalam kategori Salafi Wahabi. Bagi masyarakat awam, tentu tak bisa membedakan mana Salafi Wahabi dan mana yang bukan. Alhasil, terjadilah anarkis dan salah alamat dalam memetakan masalah. Fatal.

Adalah Abu Muhammad (AM) Waskito – yang bukan dari kalangan Wahabi – merasa terpanggil untuk menulis buku bantahan kritis dan Fundamental terhadap buku propaganda karya Syaikh Idahram yang berjudul Bersikap Adil kepada Wahabi (penerbit Pustakan Al-Kautsar.

Menurut AM Waskito, kalau sekadar kritik yang obyektif tentu tak masalah. Karena setiap orang dan kelompok bisa saja mempunyai kecenderungan keliru, berlebihan, mau benar sendiri dan menyalahkan orang lain. Namun jika kritik dan celaan tersebut berlebihan dan berbohong, bahkan mengandung manipulasi fakta, tentu saja hal ini menimbulkan masalah serius dan fitnah.

“Sebagai manusia, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab tentu tak lepas dari dosa dan khilaf. Sebagai gerakan dakwah, Wahabi bukanlah tempat berkumpulnya para malaikat yangterjaga dari dosa.

AM Waskito menciup aroma buku-buku yang ditulis Syaikh Idahram disusupi “penumpang gelap” dibalik kampanye anti Wahabi. Mereka taklain adalah kelompok Syiah dan kelompok yang menjajakan paham Sepilis (Sekualrisme, Pluralisme dan Liberalisme). Akibatnya, kritik terhadap Wahabi tak lagi jernih, tapi sudah keruh oleh berbagai macam kepentingan.

Siapa Salafi Siapa Wahabi?

Sebelum membedah buku Bersikap Adil Kepada Wahabi, terlebih dulu mengetahui sosok AM Waskito, sang penulisnya. Abu Muhammad Waskito adalah penulis dan pengamat yang cukup produktif dalam melahirkan buku-buku bertema otokritik terhadap gerakan dakwah. Bukunya yang berjudul Dakwah Salafiyah Dakwah Bijak yang diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar mendapat sambutan positif dari para pembaca, khususnya para pegiat dakwah.  Buku tersebut adalah kritiknya terhadap fenomena sekelompok orang yang mengaku mengusung dakwah salafiyah, namun jauh dari sifat-sifat salafus shaleh yang mengedepankan akhlakul karimah dalam berdakwah.

Buku lainnya yang ditulis AM Waskito – yang membuat kalangan salafi gempar – adalah yang berjudul Wajah Salafi Ekstrem di Dunia Internet: Propaganda Menyebarkan Fitnah dan Permusuhan (Penerbit Ad-Difa Press, 2009). Perlu diketahui, AM Waskito tak pernah menyebut dirinya Wahabi atau bagian dari kelompok Wahabi. Sehingga apa yang ditulis dalam buku bantahan terhadap karya Syaikh Idahram, terjaga netralitasnya dan bukanlah pembelaan yang membabi-buta terhadap Wahabi.

“Buku bantahan ini bukan karena ingin membela Wahabi, tetapi membela prinsip-prinsip Islam yang sering dilanggar oleh kaum anti Wahabi,” kata Waskito dalam pengantarnya.

Perbincangan soal sepak terjang kelompok yang dituduh sebagai Wahabi belakangan ini menjadi buah bibir di masyarakat, khususnya umat Islam. Meski kelompok yang dituduhkan tidak pernah mengklaim bahwa gerakan dakwah mereka bernama Wahabi. Namun, kelompok yang anti Wahabi menggunakan istilah Wahabi untuk memudahkan stigmatisasi kepada mereka yang terpengaruh oleh dakwah yang dibawa oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab tersebut.

Jika sebelumnya populer dengan sebutan Wahabi, kini ada tambahan kata menjadi Salafi Wahabi. Beredarnya buku Trilogi Menggugat Salafi Wahabi karya Syaikh Idahram, kian memperkokoh stigmatisasi tersebut dengan apa yang disebut Salafi Wahabi.

Sangat disesalkan, Ketiga buku Syaikh Idahram yang bermuatan provokasi, fitnah dan adu domba ini, malah mendapat dukungan penuh dari Ketua Umum Pengurusa Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) KH. Said Agil Siraj, dan mendapat endorsement (persetujuan) dari tokoh-tokoh Islam seperti Ustadz Muhammad Arifin Ilham (pimpinan Majelis Zikir Az-Zikra) dan KH. Ma’ruf Amin (Ketua MUI Pusat). Boleh jadi karena ketidak-telitian kedua pihak, yang tak punya waktu untuk membedah dan mendiskusikannya.

Stigmatisasi Wahabi

Jika menengok ke belakang, organisasi massa Islam seperti Al-Irsyad Al-Islamiyah, Persatuan Islam (Persis), dan Muhammadiyah juga sering dituding dan disebut-sebut sebagai bagian kelompok Wahabi. Begitu juga dengan ulama-ulama terdahulu di negeri ini, seperti KH. Ahmad Dahlan, Syaikh Ahmad Soorkati, A. Hassan, Buya Hamka, Mohammad Natsir dan lain-lain juga tak luput dari stigma Wahabi.

Jauh sebelum itu, Tuanku Imam Bonjol dan Pengeran Diponogoro juga disebut-sebut terpengaruh ajaran Wahabi. Namun, perlu ditegaskan, bahwa organisasi-organisasi islam tersebut, berikut para ulamanya, tak pernah mendeklarasikan diri mereka sebagai Wahabi.

Menurut AM Waskito, apa yang ditulis Syaikh Idahram tak ubahnya seperti strategi devide et impera (politik pecah belah) yang dulu kerap dipraktikkan colonial Belanda dan direkomendasikan oleh Snouck Hurgronje demi melemahkan kekuatan umat.

Buku bantahan yang ditulis Waskito, setidaknya mengingatkan kaum Muslimin di Nusantara, agar berhati-hati dengan beredarnya buku-buku propaganda. Munculnya buku-buku Syaikh Idahram memiliki kepentingan-kepentingan politik jangka pendek. Misalnya saja, ada sebagian orang Indonesia menjadi agen-agen kepentingan asing (bisa Amerika, Iran dll). Lalu mereka menyebarkan paham permusuhan terhadap dakwah Islam menuruti kemauan negara-negara asing tersebut.  (Desastian)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Legislator Mengharapkan Pemerintah RI Terjunkan Pasukan Perdamaian di Palestina

Legislator Mengharapkan Pemerintah RI Terjunkan Pasukan Perdamaian di Palestina

Ahad, 16 May 2021 06:55

Sampah Hari Pertama Lebaran di Jakarta Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Sampah Hari Pertama Lebaran di Jakarta Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Ahad, 16 May 2021 06:28

Innalillahi, Ketua Umum MUI Sulsel Berpulang

Innalillahi, Ketua Umum MUI Sulsel Berpulang

Ahad, 16 May 2021 06:18

Studi Buktikan Vegetarian Punya Biomarker Lebih Sehat

Studi Buktikan Vegetarian Punya Biomarker Lebih Sehat

Sabtu, 15 May 2021 23:33

WhatsApp Mulai Pakai Kebijakan Privasi Baru Mulai 15 Mei

WhatsApp Mulai Pakai Kebijakan Privasi Baru Mulai 15 Mei

Sabtu, 15 May 2021 23:22

HNW Desak Kemendikbud Segera Koreksi Seluruh Aturan yang Ditolak MA tentang SKB Seragam

HNW Desak Kemendikbud Segera Koreksi Seluruh Aturan yang Ditolak MA tentang SKB Seragam

Sabtu, 15 May 2021 23:20

Venezuela Minta Komunitas Internasional Hentikan Serangan Israel Di Jalut Gaza

Venezuela Minta Komunitas Internasional Hentikan Serangan Israel Di Jalut Gaza

Sabtu, 15 May 2021 22:06

Roket Hamas hantam Pangkalan Udara Hatzerim Israel

Roket Hamas hantam Pangkalan Udara Hatzerim Israel

Sabtu, 15 May 2021 21:05

Serangan Udara Israel Di Kamp Pengungsi Gaza Tewaskan 8 Anak dan 2 Wanita Dari Keluarga Yang Sama

Serangan Udara Israel Di Kamp Pengungsi Gaza Tewaskan 8 Anak dan 2 Wanita Dari Keluarga Yang Sama

Sabtu, 15 May 2021 20:48

Fraksi PKS: Dunia Harus Segera Menghentikan Kebiadaban Israel!

Fraksi PKS: Dunia Harus Segera Menghentikan Kebiadaban Israel!

Sabtu, 15 May 2021 15:55

Buya Anwar Abbas Serukan Boikot Produk Berafiliasi Israel

Buya Anwar Abbas Serukan Boikot Produk Berafiliasi Israel

Sabtu, 15 May 2021 08:54

Istiqamah Setelah Ramadhan

Istiqamah Setelah Ramadhan

Sabtu, 15 May 2021 08:46

Warga Bekasi Sumbangkan Donasi untuk Rakyat Palestina

Warga Bekasi Sumbangkan Donasi untuk Rakyat Palestina

Sabtu, 15 May 2021 08:27

Band Rock Amerika Rage Against The Machine Kutuk Kekerasan Israel Di Yerusalem Dan Gaza

Band Rock Amerika Rage Against The Machine Kutuk Kekerasan Israel Di Yerusalem Dan Gaza

Jum'at, 14 May 2021 20:35

Cina Tahan 1000 Lebih Imam Dan Pemimpin Agama Islam Di Xinjiang Sejak Penumpasan 2014

Cina Tahan 1000 Lebih Imam Dan Pemimpin Agama Islam Di Xinjiang Sejak Penumpasan 2014

Jum'at, 14 May 2021 19:05

AS Tarik Personil Militer Dan Sipil Dari Israel Karena Meningkatnya Ketegangan Di Wilayah Pendudukan

AS Tarik Personil Militer Dan Sipil Dari Israel Karena Meningkatnya Ketegangan Di Wilayah Pendudukan

Jum'at, 14 May 2021 18:35

Zionis Israel Lanjutkan Kampanye Kematian Dan Penghancuran Di Gaza

Zionis Israel Lanjutkan Kampanye Kematian Dan Penghancuran Di Gaza

Jum'at, 14 May 2021 17:55

Hamas Sebut Targetkan Stasiun Irone Dome Dan Pangkalan Udara Israel Dengan Peluru Kendali

Hamas Sebut Targetkan Stasiun Irone Dome Dan Pangkalan Udara Israel Dengan Peluru Kendali

Jum'at, 14 May 2021 17:25

PAN Minta KPK Pertahankan Novel Baswedan Cs

PAN Minta KPK Pertahankan Novel Baswedan Cs

Jum'at, 14 May 2021 10:19

AHY Kecam Tindakan Anarkis Pasukan Bersenjata Israel di Masjid Al-Aqsa

AHY Kecam Tindakan Anarkis Pasukan Bersenjata Israel di Masjid Al-Aqsa

Jum'at, 14 May 2021 10:07


MUI

Must Read!
X