Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.801 views

Ditanya Soal Kekafiran Bashar Assad, Ustadz Mudzakkir: Saya Tak Kenal

SOLO (voa-islam.com) – Saat menyampaikan kajian “KEUNGGULAN SUNNI TERHADAP SYI’AH” di masjid Istiqlal Sumber Solo Jawa Tengah, pada Jum’at (12/7/2013) malam, ustadz Mudzakkir hanya menjelaskan perbedaan antara ahlu sunnah dan Syi’ah dalam hal fiqh belaka.

Pimpinan Ponpes Al Islam Gumuk Solo ini memaparkan, kaum muslimin di seluruh dunia terbagi dalam berbagai madzab fiqih dan aqidah. Sebagaian besar madzhab fiqh di seluruh dunia, kata ustadz Mudzakkir adalah ahlu sunnah, meski ada sebagian kecil madzab yang lainnya.

Madzab fiqih menurut ahlus sunnah terbagai menjadi empat, yakni Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hambali. Dari empat madzab fiqih ini ada 3 yang ahli hadits yaitu Maliki, Syafi’i dan Hambali. Mayoritas aqidah ahlus sunnah adalah Asy’ariyah, sedangkan Syi’ah berpaham Mu’tazilah.

Tak puas dengan pernyampaiannya selama 50 menit itu, para jama’ah yang hadir kemudian “menghujani” ustadz Mudzakkir saat sesi tanya jawab dengan sejumlah pertanyaan yang lebih mengarah, terkait berbagai issue yang selama ini berkembang di dunia nyata maupun dunia maya.

...Kemudian tentang Bashar Assad, kalau saya lebih suka menjawab secara sederhana saja. Kalau saya belum pernah ketemu Bashar Assad, repot ngomong, ngomong elek gunane opo (bicara jelek gunanya apa -red), ngomong baik dasarnya apa...

Giyanto, yang berkesempatan menjadi penanya pertama meminta penjelasan ustadz Mudzakkir soal perbedaan aqidah yang paling mendasar antara ahlu sunnah dengan Syiah. Sebab, saat penyampaian materi, ustadz Mudzakkir tidak membahas hal itu.

“Tentang aqidah Syi’ah, yang jelas itu ya yang agak jauh, kalau tidak hampir-hampir berlawanan dengan kita. Karena kalau sudah tadi dikatakan, kalau kita menganggap bahwa yang ma’sum itu adalah hanya Rasulullah sholallahu ‘alaihi wasallam,” katanya.

“Tetapi kalau mereka, kalangan Syi’ah, saudara-saudara kita dari kalangan Syi’ah itu berkata bahwa imam-imam mereka itu ma’sum, tidak salah (menurut Syi’ah -red). Karena itulah apa yang dikatakan oleh imam-imam mereka, menurut mereka kedudukannya seperti kita menghadapi hadits kita,” imbuhnya.

“Kan kita tidak, perkataan-perkataan yang dikeluarkan oleh imam Ja’far Shodiq misalnya, sebagus apapun juga, bukan apa-apa dibandingkan dengan sabda Rasulullah sholallahu ‘alaihi wasallam, menurut kita begitu, karena itu bukan hadits, termasuk maktub, walaupun dia gurunya imam Abu Hanifah dan imam Malik” tegasnya.

...Jadi saya kira tidak ada perlunya, yang kepengen kenal silahkan kenalan sendiri saja. Buat saya, nothing, Bashar Assad itu, yaa...

Pria asal Semanggi Pasar Kliwon Solo ini juga bertanya bagaimana padangan ustadz Mudzakkir terhadap kekejaman rezim Syi’ah Bashar Assad dalam menindas dan membantai umat Islam di Suriah. Menurut mayoritas ulama dunia yang kemarin berkumpul di Mesir, kata Giyanto, Bashar sudah Kafir.

“Kalau dalam pandangan ustadz Mudzakkir sendiri, apakah Bashar Assad Kafir?,” tanya Giyanto. Tapi, bukannya dijawab dengan tegas apakah Bashar Assad Kafir atau tidak, jawaban ustadz Mudzakkir justru saya tidak kenal dan tidak pernah bertemu.

“Kemudian tentang Bashar Assad, kalau saya lebih suka menjawab secara sederhana saja. Kalau saya belum pernah ketemu Bashar Assad, repot ngomong, ngomong elek gunane opo (bicara jelek gunanya apa -red), ngomong baik dasarnya apa,” ujarnya.

“Jadi saya kira tidak ada perlunya, yang kepengen kenal silahkan kenalan sendiri saja. Buat saya, nothing, Bashar Assad itu, yaa,” cueknya.

...Namanya sich mujahidin, ya baik mujahidin. Cuma, apa yang terjadi disana? Beberapa waktu yang lalu, harinya hari Rabu yaa, ada dibuka diskusi di Jakarta, kebetulan saya hadir sebagai hadirin, tidak sebagai pembicara, disana yang berbicara diantaranya dr. Joserizal (Mer-C -red)...

Dalam pertanyaan selanjutnya, Giyanto meminta pandangannya terhadap konflik yang terjadi di Suriah dan posisi para lawan-lawan Bashar Assad baik dari kalangan mujahidin lokal maupun internasional.

“Kemudian dengan mujahidin, namanya sich mujahidin, ya baik mujahidin. Cuma, apa yang terjadi disana? Beberapa waktu yang lalu, harinya hari Rabu yaa, ada dibuka diskusi di Jakarta, kebetulan saya hadir sebagai hadirin, tidak sebagai pembicara, disana yang berbicara diantaranya dr. Joserizal (Mer-C -red) dan yang lainnya,” ucapnya.

“Itu disana dibeberkan, ternyata di Suriah itu banyak faksi, yang berhadapan dengan pihak Bashar Assad ini. Yaa, faksi ini ya ada yang baik dan ada yang tidak baik. Diakui juga diantaranya juga mendapatkan bantuan dari Amerika, dan juga bisa kita baca di koran dan lain sebagainya,” jelasnya.

“Jadi, saya kira kalau saya sendiri berpendapat, sesuatu yang tidak jelas kepada kita, lebih baik kita tidak membikin  sesuatu keputusan,” tambahnya.

...Itu disana dibeberkan, ternyata di Suriah itu banyak faksi, yang berhadapan dengan pihak Bashar Assad ini. Yaa, faksi ini ya ada yang baik dan ada yang tidak baik. Diakui juga diantaranya juga mendapatkan bantuan dari Amerika...

“Maka pada waktu ada demo di sini (di Solo -red), demo Suriah saya mengusulkan, saya mau (ikut dan gabung -red) tapi saya kira menolong korban saja, kita jangan ikut menyerang sana menyerang sana. Kalau ada yang menyerang sana menyerang sana, karena saya keterbatasan informasi, saya ya tidak berani ikut,” ungkapnya.

“Tapi kalau untuk membantu korban-korban peperangan, dari pihak manapun juga kita sepakat. Kami juga mengirimkan beberapa bantuan lewat Mer-C pada waktu itu, gitu yaa, mudah-mudahan jawaban ini cukup melegakan,” tandasnya.

Akan tetapi, mayoritas jama’ah yang hadir merasa heran dengan apa yang disampaikan oleh ustadz Mudzakkir. Pasalnya, hingga saat ini Mer-C maupun dr. Joserizal belum pernah mengirim bantuan kemanusiaan dan terjun langsung ke Suriah untuk membantu rakyat dan kaum muslimin.

...Maka pada waktu ada demo di sini (di Solo -red), demo Suriah saya mengusulkan, saya mau (ikut dan gabung -red) tapi saya kira menolong korban saja, kita jangan ikut menyerang sana menyerang sana...

...Kalau ada yang menyerang sana menyerang sana, karena saya keterbatasan informasi, saya ya tidak berani ikut. Tapi kalau untuk membantu korban-korban peperangan, dari pihak manapun juga kita sepakat. Kami juga mengirimkan beberapa bantuan lewat Mer-C pada waktu itu...

Hal ini seperti dikatakan Deny, salah satu jama’ah kepada voa-islam.com seusai kajian berlangsung. Deny juga merasa kecewa terkait jawaban ustadz Mudzakkir yang terkesan muter-muter dan “mbulet”. Sebab, ustadz Mudzakkir jelas mengatakan siapapun Kafir bila meyakini bahwa Al Qur'an ada perubahan.

Ustadz Mudzakkir juga menegaskan siapapun Kafir bila meyakini ada yang ma'sum selain Nabi Saw. Sedangkan, Bashar Assad yang sudah sangat jelas menyatakan dirinya sebagai Tuhan dan bahkan, Al Qur'an surah Al Ikhlas juga dirubah menjadi surah "Al Assad".

Kalangan Syi’ah sekarang ini juga menyatakan bahwa Al Qur’an tidak asli lagi. Namun ustadz Mudzakkir mengatakan dirinya tidak bisa mengkafirkan Syi'ah termasuk Bashar Assad dengan berbagai alasan. [Khalid Khalifah]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Tragedi Besar Akibat Suporter Tak Siap Kalah dan Polisi Represif

Tragedi Besar Akibat Suporter Tak Siap Kalah dan Polisi Represif

Selasa, 04 Oct 2022 10:51

Anies Baswedan Resmi Jadi Bakal Capres, Fahira Idris: Kawal dari Upaya Dugaan Penjegalan

Anies Baswedan Resmi Jadi Bakal Capres, Fahira Idris: Kawal dari Upaya Dugaan Penjegalan

Selasa, 04 Oct 2022 09:12

Ribuan Warga Rusia Yang Dimobilisasi Untuk Perang Di Ukraina Dipulangkan Karena Tidak Layak Bertugas

Ribuan Warga Rusia Yang Dimobilisasi Untuk Perang Di Ukraina Dipulangkan Karena Tidak Layak Bertugas

Senin, 03 Oct 2022 23:15

BPOM: Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Sudah Tersertifikasi Halal

BPOM: Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Sudah Tersertifikasi Halal

Senin, 03 Oct 2022 23:06

MUI Jatim Beri Dukungan Spiritual untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

MUI Jatim Beri Dukungan Spiritual untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Senin, 03 Oct 2022 21:14

Indonesia Masuk 100 Negara Paling Miskin di Dunia, Ini Tanggapan Legislator PKS

Indonesia Masuk 100 Negara Paling Miskin di Dunia, Ini Tanggapan Legislator PKS

Senin, 03 Oct 2022 20:49

Kelompok Hak Asasi: Israel Tahan Hampir 800 Warga Palestina Tanpa Pengadilan

Kelompok Hak Asasi: Israel Tahan Hampir 800 Warga Palestina Tanpa Pengadilan

Senin, 03 Oct 2022 19:15

Hasbulla 'Mini Khabib' Magomedov Tandatangani Kesepakatan 5 Tahun Dengan UFC

Hasbulla 'Mini Khabib' Magomedov Tandatangani Kesepakatan 5 Tahun Dengan UFC

Senin, 03 Oct 2022 18:35

Partai Gelora Dorong Pihak yang Bertanggungjawab atas Tragedi Kanjuruhan Diproses Hukum

Partai Gelora Dorong Pihak yang Bertanggungjawab atas Tragedi Kanjuruhan Diproses Hukum

Senin, 03 Oct 2022 17:11

The Worldview of Islam: Kacamata Jernih Muslim Memandang Dunia

The Worldview of Islam: Kacamata Jernih Muslim Memandang Dunia

Senin, 03 Oct 2022 13:30

Dokter Paru: Rokok Elektrik Bukan Rokok yang Sehat

Dokter Paru: Rokok Elektrik Bukan Rokok yang Sehat

Senin, 03 Oct 2022 12:44

NasDem Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres

NasDem Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres

Senin, 03 Oct 2022 11:17

Tragedi Kanjuruhan, Haedar Nashir: Satu Jiwa Saja Sangat Berharga yang Harus Dijaga

Tragedi Kanjuruhan, Haedar Nashir: Satu Jiwa Saja Sangat Berharga yang Harus Dijaga

Senin, 03 Oct 2022 09:31

Tenaga Ahli DPR RI Ajak Melek Menulis Berita

Tenaga Ahli DPR RI Ajak Melek Menulis Berita

Senin, 03 Oct 2022 07:38

Mari Bantu Operasional Dakwah Media Voa Islam

Mari Bantu Operasional Dakwah Media Voa Islam

Senin, 03 Oct 2022 07:13

Dokter Ungkap Syarat untuk Turunkan Kasus Kanker di Indonesia

Dokter Ungkap Syarat untuk Turunkan Kasus Kanker di Indonesia

Senin, 03 Oct 2022 06:41

JAS: Sepak Bola Harus Menjadi Hiburan Bukan Tragedi yang Memilukan

JAS: Sepak Bola Harus Menjadi Hiburan Bukan Tragedi yang Memilukan

Ahad, 02 Oct 2022 21:55

Saudi Bebaskan Peziarah Iran Yang Ditangkap Saat Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 Lalu

Saudi Bebaskan Peziarah Iran Yang Ditangkap Saat Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 Lalu

Ahad, 02 Oct 2022 21:45

Gugatan PT 20% Ditolak MK, Sekjen PKS: Kami Hormati, Meskipun Sangat Kecewa

Gugatan PT 20% Ditolak MK, Sekjen PKS: Kami Hormati, Meskipun Sangat Kecewa

Ahad, 02 Oct 2022 21:44

PKS Terbuka Menerima Nasihat Dari Tokoh dan Ormas Islam

PKS Terbuka Menerima Nasihat Dari Tokoh dan Ormas Islam

Ahad, 02 Oct 2022 21:32


MUI

Must Read!
X