Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.354 views

Keluarga: Andri Korban Salah Tangkap Densus, Pulihkan Nama Baiknya!

BEKASI (voa-islam.com) - Andri Wahono (21) yang ditangkap Densus 88 di percetakan 'Andescre' di RT 06/RW 08 No. 12 Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat pada  Selasa (20/8/2013), akhirnya dibebaskan.

Seperti dugaan keluarga sebelumnya, pemuda asal Dusun Gandu, Desa Gamping, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek bukanlah terduga teroris, namun hanya menjadi korban salah tangkap Densus 88.

Bersama dua orang terduga lain (teroris) asal Tegal dan Madiun, Andri tidak terbukti  terlibat jaringan terorisme yang berencana  meledakkan kantor kedutaan Myanmar di Indonesia.

Sehari setelah penangkapan Selasa petang 20 Agustus 2013, Andri diperbolehkan pulang ke rumah kosnya di Bekasi.

"Adik saya telah dibebaskan. Katanya dilepas bersama dua orang lain asal Tegal dan Madiun. Karena memang tidak terbukti terlibat. Dan sejak awal keluarga juga tidak percaya," ujar Prawito (32) kakak kandung Andri, seperti dikutip Sindo, Kamis (22/8/2013).

Prawito mendapat kabar itu dari Andri sendiri sesaat setelah dibebaskan Rabu 21 Agustus malam.

Diceritakan Andri bahwa keadaanya sehat dan baik-baik. Dalam pembicaraan via ponsel sekitar setengah jam itu, ia juga mengaku tidak mengalami pemeriksaan yang tidak mengenakkan.

"Namun kendati demikian, dia (Andri) mengaku merasa malu dengan orang yang dikenalnya, karena terlanjur dicap sebagai teroris," terang Prawito.

Jadi Korban Salah Tangkap, Keluarga Andri Tuntut Dipulihkan Nama Baiknya

Meski pihak kepolisian menyebut masih terduga, keluarga menyimpulkan Andri sebagai korban salah tangkap. Sebab proses penangkapan oleh Densus 88, seolah-olah Andri sudah seorang teroris.

Andri ditangkap saat menunggu hasil foto copy tugas kerjaanya di show room mobil di Bekasi. Informasi itu disampaikan Andik, teman satu kampung yang juga rekan satu kerjaan dan kosan yang sempat diajak (foto copy), namun menolak karena kecapekan.

"Singkatnya, adik saya ini korban salah tangkap. Meski tidak terbukti, namanya tetap akan diingat sebagai orang yang pernah ditangkap dalam kasus terorisme, "keluhnya.

Mewakili keluarga, Prawito menuntut Densus 88, khususnya  institusi kepolisian untuk membersihkan nama Andri Wahono.

Sebab, pemuda lulusan Diploma satu Desain Grafis El Rahma Kota Kediri itu  tidak ingin masa depan hidupnya terkoyak karena cap sebagai teroris.

"Kami ingin namanya dibersihkan. Tapi karena kami orang desa,  tidak tahu bagaimana caranya. Rencananya, kami berharap bisa ke Jakarta secepatnya," papar Prawito.

Sementara, meski sudah dibebaskan, Mabes Polri meminta Andri untuk tidak keluar dulu dari Bekasi. Sebab pihak kepolisian sewaktu-waktu masih memerlukan keteranganya.

"Kalau Andri sendiri pinginya bisa pulang dulu ke Trenggalek," pungkas Prawito.

Sekedar mengingatkan, belum lama ini densus 88 juga pernah mengalami salah tangkap saat penggerebekan teroris di Kabupaten Tulungagung.

Selain menembak mati dua orang di Tulungagung, dua orang pengurus Muhammadiyah asal Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung juga ikut ditangkap. Bahkan keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Setelah menjalani pemeriksaan panjang, keduanya akhirnya dilepaskan karena memang tidak terbukti terlibat. [Widad/snd]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X