Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
31.734 views

Hak Jawab & Klarifikasi dari Habib Rizieq Shibab

JAKARTA (voa-islam.com) Sebelumnya voa-islam.com sempat memberitakan perihal 'pesan singkat' M. Ubay Salman yang beredar di whatsapp dan masuk ke dalam group 'Sahabat Voa Islam'.

Tim Redaksi Voa-islam perlu meluruskan mengenai hal ini, pesan singkat ini bukan atas nama Jurnalis Islam Bersatu (JITU) melainkan pesan singkat atas nama pribadi M. Ubay Salman yang kebetulan menjadi Ketua Majelis Syura JITU. Demikian pembicaraan M. Ubay Salman melalui telepon kepada perwakilan voa-islam.com

Semoga berbagai pihak yang sempat disebutkan sebelumnya bahwa pesan singkat dari JITU tidak tepat, masih dalam ranah pribadi.

Segenap Redaksi VOA ISLAM yang bertugas mengucapkan permohonan maaf yang mendalam, apabila berita berjudul "Beredar Pesan Berantai Terkait Syi'ah kepada Habib Rizieq Shihab" telah menimbulkan kesalahpahaman antara JITU dan FPI, dalam hal ini Habib Rizieq Shihab. Klarifikasi ini semoga tidak lagi dimaknai sebagai bentuk provokasi.

Sebagai informasi, mengapa ada HAK JAWAB MEDIA SIBER dari Habib Rizieq Shihab kepada voa-islam.com. Hak Jawab Media Siber, menurut Dewan Pers untuk mengedukasi masyarakat terhadap hak jawab yang tercantum dalam Undang-Undang Pers. 

"Kami ingin mengembangkan lagi ikon aduan supaya orang-orang lebih ramah terhadap pengajuan hak jawab dan Undang-Undang pers," kata Ketua Hubungan Antarlembaga Dewan Pers Bekti Nugroho (7/3)

Tujuan pengembangan ikon hak jawab media siber tersebut untuk mengedukasi masyarakat, pengguna media online, pembaca, pemirsa, serta pendengar untuk lebih ramah terhadap kebebasan berekspresi tanpa melanggar hak yuridisnya. Wakil Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers itu mengakui jika menuntut adalah hak konstitusional masing-masing warga negara, karena bagaimanapun negara yang berdemokrasi itu pun belum tentu kebebasan persnya terjamin. 

"Agar masyarakat terlindungi dari kepentingan-kepentingan yang sedikit-sedikit mengadukan ke ranah hukum, yakni ke kepolisian. Harusnya kebebasan pers itu tidak dilarikan ke ranah konstitusi dan rezim pers itu kan rezim etis, yakni berkaitan dengan kesadaran jadi tidak ada sanksi hukum dan kami juga tidak bisa memaksa" katanya. 

Dia menyebutkan ranah pers tersebut berbeda dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang mempunyai sanksi hukum dan bisa mencabut izin siar bagi yang melanggarnya. 

Berikut Hak Jawab & Klarifikasi Dari Habib Rizieq Shibab

Berikut kami lampirkan SMS dari Habib Rizieq Shihab. Kami edit sedikit pada kata-kata yang disingkat namun dengan tidak mengubah makna.

=========================

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terima Kasih masukannya. Jazaakallaahu Khoiron. Saya kenal Ust.Muzakkir sudah lama, setahu saya beliau BUKAN SYIAH. Beliau tidak mengkafirkan Syiah memang ya, itu beliau akui secaraa terbuka dengan alasannya, tapi beliau Syiah itu apa buktinya ?!

Justru, selama saya dekat dengan Beliau, saya melihat rujukan dan pemikiran beliau, koleksi kitabnya, tata cara ibadahnya, dsb, beliau lebih tepat dikatakan WAHABI ketimbang SYIAH.

Jgn terlalu mudah menuduh seseorang TANPA BUKTI. Fitnah itu sangat berbahaya, saya saja yang ANTI SYIAH dituduh Syiah juga, knp ?!

Soal pernyataan Ust.Abu Bakar Ba'asyir tentang Kesyiahan Ust.Muzakkir, saya tidak percaya jika tdk mendengar langsung dari beliau.

Setahu saya, Ust.ABB adl guru yg paling hati2 dan selalu TABAYYUN sebelum berfatwa. Hati-hati, ada OPERASI INTELIJEN yg memecah belah kita dengan melempar issue agar kita saling curiga dan saling menyesatkan, sehingga saling hantam.

Terus terang saya curiga bahwa yang menghembuskan issue saya dan Ust.Muzakkir serta beberapa kawan Aswaja lainnya sebagai Syiah adalah AGEN PEMECAH BELAH UMAT yang dibayar mahal.

Wah, gawat sekali, kita melawan Syiah belum maksimal, kok kita sesama Aswaja sudah saling mengkafirkan. Justru kedatangan saya ke Solo, untuk mengurai benang kusut tersebut. 'Afwan wa Syukron.

----------

Lanjutan SMS Habib Rizieq Shihab:

Habib Rizieq Dituduh Syiah karena pernah tinggal di Iran. Ane pernah tinggal di Arab kenapa tidak dituduh Wahabi. FPI dituduh Syiah karena tidak ikut membasmi Syiah di Indonesia .

Terus Ente kemane pas FPI membasmi Ahmadiyah ? Berarti ente Ahmadiyah karena ga ikut FPI ngebasmi Ahmadiyah .

Orang-orang ini pada g*bl*k mikirnya . Kalau nuduh ust Mudzakir (gumuk)Syiah. Datang dong ke beliau baik-baik.

Bilang antum syiah ustadz ? Jgn main belakang dong.

Kalau mau nuduh pesantren Al luwung (Gus Anto) sesat, datang dong, nanya . Antum Sesat ?

Jangan ngomong dibelakang, belum nanya langsung ancur-ancurin pesantren.

Kalau mau nuduh MTA (Ust Sukino) dateng Dong nanya .  . Antum sesat ? Jangan main belakang. Ane yakin orang-orang yang main dibelakang, di internet ini adalah INTEL. Yang memang bertugas memecah belah umat di Solo, karena di Solo banyak laskar-laskar MILITAN yg siap MATI di jalan ALLAH.

=========================

Demikian Hak Jawab dari Habib Rizieq Shihab, semoga menjadi cahaya penerang atas timbulnya ribuan pertanyaan pembaca setiap voa-islam.com

Pemaparan ini semoga telah mencakup cover both sides, dan pada dasarnya komunikasi antara JITU dan FPI sangat baik dan saling percaya.

Tak kurang, Ustadz Abdul Qadir Aka dari FPI Bekasi pun memberikan masukan terkait masalah kesalahpahaman pesan singkat tersebut, semoga dengan ditampilkannya HAK JAWAB HABIB RIZIEQ SHIHAB dapat kembali memperkuat ukhuwah antara umat Islam.

"Sebetulnya antara JITU dan FPI tidak ada masalah bahkan kami akan melakukan silaturahim kepada Habib Rizieq Shihab" demikian ungkap Ubay Salman melalui telepon kepada voa-islam.com.

Kami menghimbau agar semua elemen umat Islam untuk terus meningkatkan ukhuwah, saling tabayyun dan semoga Allah jadikan umat Islam semakin kuat ikatan ukhuwahnya. Aamien... (rojul/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Mari berlomba-lomba dalam kebaikan dan wakaf. Semoga menjadi pahala yang berlipat-lipat dan terus mengalir tak terbatas umur, seiring banyaknya warga yang memanfaatkan wakaf tersebut untuk kemaslahatan...

Latest News
Ahmad Massoud Dan Amrullah Saleh Sudah Kabur Dari Afghanistan Setelah Pengambilalihan Taliban

Ahmad Massoud Dan Amrullah Saleh Sudah Kabur Dari Afghanistan Setelah Pengambilalihan Taliban

Rabu, 22 Sep 2021 18:15

Jangan Bernyanyi Di Panggung Yang Salah

Jangan Bernyanyi Di Panggung Yang Salah

Rabu, 22 Sep 2021 17:56

Studi: Makan Berlebih Bukan Penyebab Utama Obesitas Tapi...

Studi: Makan Berlebih Bukan Penyebab Utama Obesitas Tapi...

Rabu, 22 Sep 2021 17:30

Penyanyi Terkenal AS John Legend Kecam Israel Terkait Perlakuan Buruk Terhadap Tahanan Palestina

Penyanyi Terkenal AS John Legend Kecam Israel Terkait Perlakuan Buruk Terhadap Tahanan Palestina

Rabu, 22 Sep 2021 17:30

BPIP Makin Boros: Bubarkan!

BPIP Makin Boros: Bubarkan!

Rabu, 22 Sep 2021 17:23

Jajak Pendapat: 80% Warga Palestina Ingin Presiden Mahmoud Abbas Mengundurkan Diri

Jajak Pendapat: 80% Warga Palestina Ingin Presiden Mahmoud Abbas Mengundurkan Diri

Rabu, 22 Sep 2021 16:21

Sepuluh Tips Agar Anak Terbiasa Hidup Bersih

Sepuluh Tips Agar Anak Terbiasa Hidup Bersih

Rabu, 22 Sep 2021 13:21

Pejabat Makin Makmur, Rakyat Gigit Jari

Pejabat Makin Makmur, Rakyat Gigit Jari

Rabu, 22 Sep 2021 12:48

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud,  Harus Tepat Sasaran

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud, Harus Tepat Sasaran

Rabu, 22 Sep 2021 10:36

Kekerasan kepada Dai Kembali Terulang, Dewan Da'wah: Seperti Ada Pola Sistemik

Kekerasan kepada Dai Kembali Terulang, Dewan Da'wah: Seperti Ada Pola Sistemik

Rabu, 22 Sep 2021 02:39

Luhut Kembali Didapuk Tugas Baru, Bukhori: Presiden Kurang Percaya dengan Menteri dari Parpol

Luhut Kembali Didapuk Tugas Baru, Bukhori: Presiden Kurang Percaya dengan Menteri dari Parpol

Selasa, 21 Sep 2021 23:51

Kapolri Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center Persis

Kapolri Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center Persis

Selasa, 21 Sep 2021 23:28

Stop Wasting Time, Berantas Separatisme Sekarang Juga!

Stop Wasting Time, Berantas Separatisme Sekarang Juga!

Selasa, 21 Sep 2021 23:17

Hampir 200 Organisasi HAM Desak Perlindungan Untuk 6 Pejuang Palestina Yang Ditangkap Kembali Israe

Hampir 200 Organisasi HAM Desak Perlindungan Untuk 6 Pejuang Palestina Yang Ditangkap Kembali Israe

Selasa, 21 Sep 2021 22:29

Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte

Selasa, 21 Sep 2021 22:18

PON XX Dihelat di Papua, Legislator Minta Pemerintah Jamin Keamanan

PON XX Dihelat di Papua, Legislator Minta Pemerintah Jamin Keamanan

Selasa, 21 Sep 2021 22:08

Persis Minta Polisi Ungkap Tuntas Tewasnya Ustaz Usai Ditembak di Tangerang

Persis Minta Polisi Ungkap Tuntas Tewasnya Ustaz Usai Ditembak di Tangerang

Senin, 20 Sep 2021 22:20

Anis Byarwati: Utang Pemerintah Akan Menjadi Beban Berat di Masa Mendatang

Anis Byarwati: Utang Pemerintah Akan Menjadi Beban Berat di Masa Mendatang

Senin, 20 Sep 2021 22:12

Israel Pukuli Dan Siksa 2 Pelarian Palestina Terakhir Selama Penangkapan

Israel Pukuli Dan Siksa 2 Pelarian Palestina Terakhir Selama Penangkapan

Senin, 20 Sep 2021 20:30

PBB Kecam Keras Pemberontak Syi'ah Houtsi Karena Eksekusi 9 Warga Sipil

PBB Kecam Keras Pemberontak Syi'ah Houtsi Karena Eksekusi 9 Warga Sipil

Senin, 20 Sep 2021 17:45


MUI

Must Read!
X