Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.872 views

Suara Mualaf Kaltim : Muslimin Intu Lingau yang terlupakan

KUTAI BARAT (voa-islam.com) - Subhanallah, begitu cintanya pada Islam, seorang mualaf di Kalimantan Timur sangat peduli akan Muslimin di daerahnya yang terlupakan. Simak penuturan Mualaf di Intu Linggau.

Jauh di pedalaman Kalimantan Timur, Kabupaten Kutai Barat, masyarakat kampung Intu Lingau yang berada dekat dengan perbatasan Kalimantan Tengah - Kalimantan Timur seperti hidup di Papua.

Akses jalan 20km yang rusak tanpa pengerasan ditambah ketiadaan perhatian pemerintah terhadap muslimin setempat semakin menambah sunyinya rasa ukhuwah dan syiar keislaman.

Kampung Intu Lingau yang berada di Kecamatan Nyuatan dengan jumlah lebih 500 KK didominasi penduduk Kristen dan hanya menyisakan sekitar 100 KK muslimin.

Sekalipun sedikit, muslimin setempat bahu membahu membangun masjid dengan dana patungan bersama dari usaha masing-masing muslimin. Kepala kampung dan Camat yang beragama Kristen kompak tidak memasukkan Masjid Lingau dalam data kecamatan sehingga tidak ada bantuan dari pemerintah setempat yang mayoritas dijabat masyarakat Dayak beragama Kristen.

Terdapat sekolah SD dan SLTP namun tidak ada guru agama Islam. Sehingga murid-murid muslim belajar agama Kristen. Ketika dibuka TPA swadaya dengan biaya hanya Rp5.000,- per anak, mereka pun berhenti belajar di TPA dan beralih belajar ke warga Kristen yang gratis.

Akhirnya pengurus pun menggratiskan demi mengajari anak-anak alQuran sementara tidak ada sumber nafkah dan operasional kegiatan Islam. Sementara dana dari Vatikan Roma begitu kencang menjadikan Kutai Barat sebagai basis masyarakat Kristen, pada saat yang sama sangat minim perhatian umat Islam Kutai Barat untuk bahu membahu membangun syiar Islam.

Ketika saya mencoba meminta bantuan ke depag tidak ada respon positif. Ketika saya sampaikan kepada pengurus Masjid Raya Barongtongkok dan Masjid Raya Melak yang menyimpan saldo puluhan juta rupiah, tidak ada semangat untuk membantu bahkan melemparkan usulan ke tempat lain.

Pesantren Hidayatullah, Ikadi, Muhammadiya, NU dan lainnya pun tidak ada lagi program-program pengiriman dai di pedalaman, Sungguh mengenaskan ukhuwah muslimin Kutai Barat.

Dana Bansos APBD yang dipegang ormas-ormas dengan label Islam entah kemana hilangnya uang miliaran rupiah sementara ada masyarakat muslim yang membutuhkan dana kegiatan keIslaman di kabupaten yang mayoritas beragama Kristen.

Masih banyak kampung-kampung lain di pedalaman Kalimantan tanpa perhatian dan sentuhan kepedulian dan dakwah dari masyarakat muslim yang asik hidup di kota-kota besar di pesisir Kalimantan. Semoga terbetik kepedulian umat Islam baik sebagai pribadi maupun lembaga yang memiliki saldo keuangan berlebih untuk membantu operasional dakwah di pedalaman Kalimantan.

Allahu a'lam.

Abu Fatah putra mualaf di Kutai Barat.

Pin BB 25D44063 / 08115014724.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X