Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
18.072 views

Arisan Seks Pelajar di Sumbar : MUI Serukan Umat Bertaubat

Limapuluh Kota (voa-islam.com) — Munculnya kabar arisan seks yang dilakukan sejumlah pelajar di Kabupaten Limapuluh Kota, membuat geger Sumatera Barat.

Semua pihak diminta tidak perlu saling menyalahkan. Namun, harus bersama-sama menjaga anak-anak agar kasus serupa tak terulang lagi.

Astaghfirullah al-adzim, saya benar-benar kaget mendengar kabar ini. Generasi muda kita tampaknya mulai kehilangan nilai-nilai keteladanan dan panutan. Ke depan, menjadi tugas kita bersama mencari solusi atas persoalan ini,” kata Haji Desra, intelektual muda Luak Limopuluah, Jumat (2/5) siang.

Komentar serupa disampaikan Ferizal Ridwan, Ketua PKB Limapuluh Kota. Menurutnya, kabar seks bebas di kalangan pelajar, semestinya dijadikan bahan refleksi bagi semua pihak.

Terkait pentingnya pengawasan terhadap anak-anak usia sekolah. “Jangan sampai, ada pula yang menyudutkan pengurus MUI, ormas Islam, LKAAM yang sudah menyampaikan informasi ini sebagai bahan evaluasi bagi kita bersama, agar kasus serupa tidak terulang di masa mendatang,” kata Ferizal Ridwan, kemarin siang.

Sementara itu, tokoh muda Luak Limopuluah lainnya, Teddy Rahmat, mengaku tidak terlalu kaget dengan kabar arisan seks di kalangan pelajar. “Setahu saya, kabar tersebut sudah berhembus sejak Januari silam. Sekarang, tugas kita bersama, untuk mencarikan solusi terbaik,” ujarnya.

Terpisah, tokoh muda Sumbar yang juga Sekretaris Gonjong Limo Padang, Nurkhalis, mengaku prihatin dengan kasus ini. “Saya sudah kroscek juga ke Pak Jayusman. Beliau membenarkan jika ada kasus arisan seks. Sangat menyedihkan,” katanya kepada wartawan.

Walau demikian, Nurkhalis tidak mau menyalahkan pelajar semata. “Jangan hanya pelajar yang disalahkan,” sambung dia. Sebaliknya, semua pihak juga harus memikirkan, apa penyebab maraknya kasus kejahatan terhadap anak dan perempuan serta maraknya seks bebas akhir-akhir ini.

“Belajar dari kasus pemerkosaan terhadap siswi MTS Kubang “NPD” dan kasus arisan seks ini, sudah saatnya semua pihak duduk bersama. Duduk semeja. Kita ajak seluruh pelajar bicara kasus ini, sehingga mereka merasa dilibatkan,” ulas Nurkhalis yang baru-baru ini menjadi caleg DPRD Sumbar dari Gerindra.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Limapuluh Kota Desri yang dihubungi anggota Balai Wartawan Luak Limopuluah, mengaku kaget atas informasi pergaulan bebas di kalangan pelajar. Untuk memastikan kebenaran informasi ini, Desri akan mengumpulkan seluruh kepala SMP dan SMA.

Di tempat terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Limapuluh Kota Buya Haji Safrijon Azwar, menyerukan kepada umat Islam di Luak Limopuluah untuk segera bertaubat.

”Ibarat pepatah, jika buruk rupa, kaca jangan dibelah. Sebaliknya, mari kita belajar dengan kasus itu. Instropeksi diri. Bertaubatlah,” ujarnya.

Buya Safrizon Azwar juga meminta semua pihak merespons persoalan arisan seks di kalangan pelajar yang terungkap berkat penelitian Dinas Kesehatan Limapuluh Kota ini, dengan bijaksana. “Kita jadikan sebagai bahan evaluasi bersama, untuk mengambil langkah terbaik,” ujarnya.

Buya Safrizon memastikan, dugaan kasus arisan seks ini benar-benar terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota. “Di mana lokasi persisnya, tidak elok kami sampaikan. Karena ini akan melukai perasaan keluarga korban maupun peserta arisan itu sendiri,” tuturnya. Hal yang sama dikatakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Jayusman.

Safrijon memastikan, atas maraknya kasus seks bebas akhir-akhir ini di Limapuluh Kota. Ditambah lagi dengan kasus dugaan pemerkosaan di Kubang, Kecamatan Guguak yang dialami siswi MTS berinisial “NPD”, maka pihaknya dalam waktu dekat akan menemui bupati dan wakil bupati Limapuluh Kota.

Setelah itu, akan digelar pula audiensi dengan DPRD Limapuluh Kota, Kajari Payakumbuh Hasbih, Kapolres Payakumbuh AKBP Rubintoro Suhada, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Cucuk Trihono, Dandim 0306 50 Kota Letkol Inf Trisno Widodo, serta unsur Muspida lainnya di wilayah administrasi dan wilayah hukum Kabupaten Limapuluh Kota.

Seperti diberitakan sebelumnya, awalnya informasi arisan seks diperoleh Padang Ekspres dari aktivis Serikat Petani Indonesia (SPI) Eka Kurniawan Sago Indra, semasa ia berkampanye sebagai caleg Partai NasDem untuk DPRD Sumbar, beberapa waktu lalu. Kabar itu kini semakin menyebar luas, setelah pengurus MUI, ormas Islam, dan LKAAM Limapuluh Kota, menggelar pertemuan di kawasan Medan Nan Bapaneh, Tarantang, Harau, Kamis (1/5).

Dalam pertemuan yang dihadiri Ketua MUI Buya Safrizon Azwar, Ketua BAZDA Haji Jayusman, Wakil Ketua NU Sudirman Sair, Sekretaris IKADI Hendra Bakti, pengurus Muhammadiyah Hamdi Samah, Ketua PERTI Zulkifli Dt Rajo Mangkuto, pengurus LDS Nurakmal, dan 7 pengurus LKAAM dipimpin Abdul Aziz Dt Gindo Malano itu terungkap, ada 3 pelajar yang baru-baru ini tidak ikut ujian nasional (UN), karena hamil di luar nikah. Setelah ditelusuri, ketiga pelajar di wilayah selatan Kabupaten Limapuluh Kota itu ternyata hamil di luar nikah akibat ikut arisan seks.

Selain kasus arisan seks, MUI Limapuluh Kota juga mendapat informasi sahih dari Dinas Kesehatan, terkait adanya 200 perempuan yang hamil di luar nikah,dalam beberapa waktu terakhir. (padangekspres/jamal/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X