Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.335 views

Pemuda Persis Hidupkan kembali Tradisi Intelektual

BANDUNG (voa-islam.com) - Pimpinan Cabang Pemuda Persis Soreang bekerjasama dengan Lembaga Kajian Turats dan Pemikiran Islam Pimpinan Pusat Pemuda Persatuan Islam menggelar diskusi panel bertemakan “Derajat Hadits Buka Shaum” dengan fokus materi memahami dan menguji konsep maqbul versi Ibn Hajar dalam kitabnya Taqrib al-Tahdzibdi Gedung SDIT Cipetir, Jl. Raya Soreang KM. 1, Soreang, Kabupaten Bandung, Jum’at pekan lalu.

Diskusi yang menghadirkan panelis Pembina Pesantren Ibnu Hajar, Ustaz Amin Muchtar tersebut merupakan upaya menghidupkan kembali tradisi intelektual para ulama di kalangan Pemuda Persis.

“Yang paling terpenting adalah menumbuhkan tradisi intelektual di Pemuda Persis. Karena kami sangat khawatir di Persis ini ada kekurangan atau kelangkaan tradisi para ulama,” ujar Ginanjar, koordinator lembaga kajian turats dan pemikiran Islam PP Pemuda Persis.

Menurutnya, tradisi intelektual tersebut merupakan ragam di antara pola pengkaderan yang mana tidak bisa mengandalkan by nature (alamiah) tanpa arahan, tapi harus by design (didesain/direncanakan) sehingga benar-benar siap dan matang menerima estafeta perjuangan para ulama.

Mengenai pemilihan judul diskusi, yakni “Derajat Hadits Buka Shaum”, Ginanjar melanjutkan, tidak ada alasan khusus. Judul yang mengangkat studi ilmu hadis tersebut hanya sebuah kasus saja. Adapun pembahasan yang hendak didalami pada diskusi tersebut ialah metodologi yang dipakai oleh para ulama, seperti halnya dalam diskusi tersebut membahas tentang ungkapan maqbul bagi para perawi menurut Ibn Hajar.

Dengan berlangsungnya diskusi yang dihadiri kaum muda dari berbagai daerah tersebut, Ginanjar juga berharap, tradisi intelektual, yakni tradisi diskusi, tradisi menggali lebih dalam, dan tradisi bongkar-bongkar menjadi tradisi di Pemuda Persis yang tentu saja sebagai ragam dari pengkaderan.

“Tradisi ini juga sebagai regenerasi kader-kader ulama. Nanti akan kelihatan biasanya dengan hadir dengan seperti ini dengan metode seperti ini,” tambahnya seperti dikutip dari laman Persis.or.id.

Secara umum Persis bisa lebih berkontribusi terhadap umat. Jangan sampai statis disebabkan orang tua para ulama) wafat; tanpa melakukan tindakan apapun.

Sedangkan tindakan menjawab tersebut bagi para pemuda adalah dengan menghidupkan tradisi intelektual, yaitu adanya dialektika dan unsur kritis yang tentu saja menjadi ciri khas Persis.

“Tidak membingungkan umat, tapi justru dapat membimbing umat sehingga betul-betul nantinya bisa beribadah sesuai dengan argumen-argumen yang memang dapat dipertanggungjawabkan dan kuat menurut manhaj yang dijadikan oleh pemuda persis,” ungkap Ginanjar.

Dia juga menambahkan, diskusi tersebut juga merupakan proses yang ditempuh untuk pembentukan manhaj. Diskusi seperti itu diharapkan bisa mencari dan memilih kaidah mana yang paling kuat yang kemudian dijadikan sebagai manhaj Pemuda Persis.

“Bahkan, mungkin bisa diusulkan kepada Dewan Hisbah menjadi sebuah metodologi yang ditetapkan untuk memperkuat Dewan Hisbah sebagai manhaj persis,” pungkasnya. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X