Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.649 views

MIUMI: Bangsa yang Kuat Tergantung Kualitas Pemuda

JAKARTA (voa-islam.com), Kuat tegaknya sebuah negara tergantung pada kualitas generasi mudanya. Karena itu sebagai pilar utama penyangga bangsa ini, generasi muda diharapkan mempunyai keberanian melakukan terobosan yang mampu menumbuhkembangkan identitas Indonesia sebagai negara yang kuat.

Demikian diungkapkan Ketua Majelis Riset dan Pengembangan Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI), Dr. Henri Shalahuddin, MIRKH dalam keterangannya beberapa waktu lalu, seusai Tabligh Akbar di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta (27/10/2017).

Lanjut Henri, Syaikh Mushthafa al-Ghalayaini dalam kitab 'Izhatun Nasyi'in mengatakan: "inna fi yadi al-syubban amral ummah, wa fi iqdamihim hayataha" atau“Sesungguhnya di tangan generasi muda-lah, nasib bangsa ini bergantung; dan melalui keberanian mereka-lah keberlangsungannya terjamin”.

"Sebab hanya pemuda sajalah yang dipenuhi jiwa optimis, percaya diri dan cita-cita. Jika keraguan, ketakutan dan keputusasaan telah mewabah dalam diri seluruh generasi muda, maka Indonesia akan menjadi negara terbesar yang dipenuhi oleh generasi tua,"katanya.

Menurut Henri, bangsa yang berindentitas adalah bangsa yang membina generasi mudanya agar tidak terputus dari silsilah mata rantai nilai dan peradaban yang telah dibangun oleh generasi pendahulu (salafussoleh).

"Generasi muda berkualitas akan terbentuk jika mereka dibekali dengan pemahaman ilmu secara benar dan integral,"ujarnya.

Sebab dengan ini, imbuh Henri, akan tercipta manusia-manusia penggerak perubahan dan pembangun peradaban. Perubahan sosial dan pembangunan peradaban yang bersumber dari ilmu yang integral ibarat gelombang ombak dari dasar laut yang bakal menggerakkan seluruh lautan. Ia bukanlah riak-riak ombak di permukaan laut yang muncul dan hilang karena tiupan angin. "Kesemuanya itu hanya akan terwujud dengan kesadaran dan kerja-kerja kolektif,"cetusnya.

Penjajah Lemahkan Mental Pemuda

Henri berpendapat bahwa dampak terburuk dari sejarah penjajahan Belanda selama 350 tahun adalah tertanamnya sikap minder dan rendahnya semangat bersaing secara sehat. Kepada bangsa Indonesia dimasukkan perasaan bahwa mereka “tidak bisa apa-apa”. Tidak bisa pintar sepintar Belanda. Tidak bisa kaya, sekaya Belanda. Tidak bisa naik pangkat setinggi pangkat Belanda.

"Kepada dunia senantiasa dinyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah “Bangsa yang sesabar-sabarnya di dunia”, sebagaimana dikatakan oleh Buya HAMKA,"ucapnya.

Untuk menanamkan ini semua dilakukan melalui siasat pendidikan. Pendidikan yang dibuat Belanda bertujuan mencetak segolongan bhumi putera agar dapat berpikir cara Belanda. Bahkan cara bermimpi pun, sebisa mungkin agar meniru cara mimpinya orang Belanda. Jika ingin maju, mereka harus melonggarkan ikatan agamanya.

"Hal-hal seperti ini, menurut Buya HAMKA dapat menjadi sebuah kehinaan, karena memilih satu identitas yang seharusnya bukan miliknya, memilih pakaian yang sebenarnya bukan pakaiannya, kemudian melupakan jati dirinya dan mencampakkan pakaiannya sendiri,"jelasnya.

Dengan memantapkan jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berpegang teguh dengan identitas keislamannya, sambung Henri, para pahlawan berhasil mengakhiri penjajahan selama 3,5 abad. Di antara mata rantai keberanian, keteguhan dan kecemerlangan yang bisa kita teladani dari para pahlawan muda dan pendahul adalah Jenderal Soedirman, Bung Tomo dan para ulama muda yang sukses mendirikan lembaga pendidikan untuk membangun bangsa yang beridentitas di usia 25 tahun hingga 16 tahun, seperti para pendiri Pondok Gontor dan pondok-pondok lainnya.

"Dalam usia 20 tahun, Jenderal Soedirman telah menjadi guru dan kemudian menjadi kepala sekolah Muhammadiyah. Di usia 21 tahun, beliau menjadi pemimpin Kelompok Pemuda Muhammadiyah, dan diangkat menjadi panglima besar saat beliau berusia 29 tahun,"ungkap Henri.

Ia menjelaskan bahwa Bung Tomo memimpin pertempuran melawan tentara sekutu dalam usia 25 tahun. Dalam pidatonya yang sangat heroik yang diawali dengan takbir dan ditutup dengan takbir, beliau berkata: "Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. Semboyan kita tetap: merdeka atau mati!

Oleh karena itu, dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda, MIUMI mengajak untuk bersama membekali generasi muda dengan beragam keterampilan dan keilmuan yang dilandasi nilai-nilai keagamaan sehingga mampu melakukan kerja-kerja peradaban dan pemakmuran bumi yang sama-sama dicintai dan menjadi tanah tumpah darah bagi semua.

"Dengan demikian kita sebagai bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh di atas kaki sendiri, dan menjadi tuan di negeri sendiri," katanya.

Inilah di antara salah satu cita-cita salah satu pahlawan nasional, KH. Agus Salim yang dituangkan dalam tulisan beliau di harian “Neratja”, 25 September 1917, yang berjudul: “Dalam negeri kita, janganlah kita yang menumpang”.

"Di tangan pemuda-lah kita menaruh harapan; kepada Ilahi kita panjatkan segala doa dan permohonan. Habis akal baru tawakal, begitu ajaran para pendahulu kita, "pungkasnya. (bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X