Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.620 views

Ketua Komisi Dakwah MUI Sebut Acara Karma Tidak Mendidik dan Tahayul

JAKARTA (voa-islam.com) - Program acara berjudul "Karma" di salah satu stasiun televisi swasta yang sejak awal ditayangkan, diklaim sudah mampu mencuri perhatian pemirsa. Bahkan, acara yang tayang sejak 24 Desember 2017 itu konon berhasil meraih rating yang tinggi sampai saat ini.

Meskipun Karma diklaim meraih rating yang tinggi, namun tidak sedikit masyarakat mengkritik acara yang dipandu oleh Robby Purba dan Roy Kiyoshi tersebut. Pasalnya acara itu dianggap tidak mendidik dan penuh khurafat serta tahayul.

Sedangkan ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Cholil Nafis, Ph.D menyebut acara Karma selain tidak mendidik, penuh tahayul dan juga tidak membangun optimisme.

"Saya menonton sebentar acara Karma dan secara pribadi saya menilai acara itu kurang mendidik umat karena mengorek masa lalu yang kadang terlalu vulgar. Apalagi dilanjutkan dengan ramalan-ramalan yang justru kadang tidak membangun optimisme," ungkap pria yang gelar Ph.D nya didapat dari University of Malaya, Malaysia tersebut.

Namun diakui olehnya, MUI sendiri belum mengkaji program acara Karma dari sisi hukum agama. Tapi beliau menegaskan bahwa praktek perdukunan dan peramalan sudah difatwakan Haram oleh MUI.

"Kita (MUI) belum mengkajinya. Tapi perdukunan dan ramalan itu sudah difatwakan oleh MUI dilarang oleh Islam," tegas beliau ketika diminta tanggapannya soal acara Karma oleh voa-islam.com beberapa waktu yang lalu.

Tidak hanya itu, dalam kicauannya di Twitter, beliau juga meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat selaku 'watchdog' tayangan yang tampil di televisi, melakukan koreksi terhadap acara Karma.

"Perlu juga KPI Pusat melakukan koreksi terhadap acara itu," tandasnya.

Acara Karma
Karma adalah acara televisi realitas yang ditangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta sejak akhir Desember 2017 lalu. Acara ini ditayangkan berdasarkan acara televisi Thailand berjudul Secret of Numbers. Karma sendiri dipandu oleh Robby Purba sebagai pembawa acara dan Roy Kiyoshi sebagai penerawang.

Dalam setiap episode Karma, terdapat 31 orang dengan latar belakang berbeda duduk sesuai tanggal lahir mereka mulai dari angka 1 hingga 31. Robby dan Roy kemudian memilih satu orang yang dianggap perlu untuk diutarakan permasalahannya sesuai tanggal lahir orang tersebut. Roy yang merupakan seorang indigo diklaim memiliki kemampuan "membaca" kehidupan masa lalu seseorang melalui data tanggal lahir, gambar, tulisan, dan pengakuan dari orang tersebut. Nantinya, mereka akan mengungkap kisah dari orang yang memiliki permasalahan tersebut serta memberi sejumlah saran untuk kehidupan yang lebih baik.

Mengenal sosok Roy Kiyoshi, sosok "dukun' di acara Karma
Roy menurut beberapa referensi merupakan seorang konsultan spritual yang terlahir sebagai anak Indigo yang diklaim bisa membaca masa lalu dan masa depan. Di acara Karma, dengan kemampuan ala dukunnya itu, dia dianggap bisa mengulik lebih dalam lagi masa-masa kelam yang partisipan Karma alami selama hidupnya.

Roy Kiyoshi juga telah memiliki reputasi sebagai spritualis dengan (kebetulan) berhasil meramalkan semisal, akan meletusnya beberapa gunung di Indonesia, atau akan ada ormas yang nantinya akan dibubarkan. Meskipun juga terkadang ada beberapa penglihatan Roy yang kurang tepat.

Roy Kioshi dulunya mahasiswa study bahasa Cina di negeri tirai bambu. Ketika Roy berkuliah di Cina karena jauh dengan kedua orang tua dan tidak ada yang mengawasi perilaku remajanya, Roy terjerumus pada pergaulan yang salah.

Tapi setelah kembali ke Indonesia, Roy memutuskan untuk bertaubat kepada ajaran Buddha untuk sering berbuat kebaikan kepada seluruh mahluk hidup yang ada dimuka bumi.[fq]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X